Friday, August 12, 2011

Akhirnya Beban Itu Hilang!

Setelah 5 tahun lebih, akhirnya hari ini hilang sudah suatu beban besar... Yap, boleh dicatat dalam sejarah kehidupan gw, bahwa per hari ini... HUTANG RUMAH telah LUNAS!!

Huuuufffff... rasanya LEGAAAAA banged... masa depan jadi terlihat lebih cemerlang, wakakakakaaa!

Hutang KPR tuw dimulai sejak taon 2006. Ambil 15 taon. Bunganya waktu itu gede banged sampe 14%, sekarang menyesuaikan pasaran jadi turun 11%. Tapi tetep aja gede ya, soale beberapa bank lain menawarkan bunga jauh lebih rendah, yaitu 7.5%. Mungkin karena harga property sekarang lagi gila2an, pasar lagi oke, bank bersaing kasih bunga rendah... dicompare sama jaman gw dulu, jadi murah amat harga rumah gw, hehehehe!

Sebenernya gw pinjem ke bank juga gak gede2 amad... gak kaya temen gw yang sampe milyaran untuk ukuran rumah sepetak doank, wkwkwkwkwk. Tapi teteup aja, punya utang, apalagi sama bank, dengan bunga sekian... ugh rasanyaaaaa... ampuuuun deeeh makan ati :)) Bayangin donk, tiap bulan nyicil utang, tapi pokoknya gak berkurang2. Masa gw uda 5 taon nyicil, pokok cuma berkurang 25 jeti. Sisanya disedot buat bayarin bunga... Weleh-weleeeeh!

Makanya dari awal sebenernya gw n suami uda sepakat klo ada rejeki mo cepet2 lunasin aja. Sebenernya 2 taon lalu uda bulet tekad utk lunasin, eh dananya keburu dipake utk beli asset yang lain. Akhirnya ditunda hingga hari ini, alhamdulillah rejekinya ada... jadilah langsung ditutup ajah.

Ternyata prosedur pelunasan KPR itu simple yak. Cukup lapor mo lunasin ke bank, trus kirim by email surat pernyataan yang berisi keterangan nama debitur, nomor rekening dan alasan pelunasan plus scan fotokopi KTP. Trus nti dapet balasan, ditanya kapan mo lunasin untuk dihitung berapa total dana yang harus disetorkan. Dana tsb terdiri dari sisa outstanding + bunga berjalan + penalty (gw kena 1% dari outstanding). Setelah dana disetor, tinggal tunggu kabar lagi kapan kami bisa datang untuk ambil dokumen sertifikat rumah dsb. Udah deh, beres :)

Jujur, walaupun cukup tersiksa tiap kali dikirimin detail tagihan utang yang gak kurang2, tapi kami bersyukur karena telah membelanjakan uang untuk sesuatu yang bermanfaat. Setidaknya sekarang uda punya rumah sendiri, harganya juga uda naik... Alhamdulillah...

Dengan menghilangnya satu kewajiban, maka kami akan lebih leluasa menggunakan pemasukan untuk kebutuhan lain. Paling utama adalah dana pendidikan Bayu dan Kiera. Selain itu ada rencana mempersiapkan dana pensiun untuk kami berdua klo uda gak produktif kerja lagi. Yah itu semua rencana yang harus disiapkan secara matang... moga2 rejeki tetap selalu mengalir bagi keluarga kami. Amin!

Well, gitu aja... gak bisa ngomong banyak... hari ini lagi sibuk2nya kerja. Dan jadi tambah semangat kerja nih karena akhirnya peluh keringat kami telah berbuah manis hari ini *senang :)

7 comments:

bebek said...

Selamat ya SUs......duhhh kapan utang gw lunas yak?

.:acen147:. said...

Tq, Bek... sabar, lama2 pasti lunas kok :)

Yuliana-Fun said...

selamat yak sus.. gw belon ambil KPR neh.. belon berani..karena masi ada tunggakan cicilan yg laen.. jadi satu2 dulu deh.. :)
lucunya yak kantor ada pinjem berapa M gitu ke bank buat expansi..dah di acc, dana dah cair.. baru nangkring 2minggu di rekening, dibalikin ama bos langsung semua gara2 bos dapet rejeki. kata bos, bisa pusing saya mikirin bulanan kudu bayar sma bunga2nya.. hehe :)

.:acen147:. said...

@fun: tq, fun... moga2 abis ini lu bisa beli rumah ya, klo bisa jgn pake utang ke bank, hihihi... wah, boss lu kena penalty gag tuh?

Yulian said...

Lega deh ya sus, dah lunas.
Kepikiran kalo ada cicilan gitu...pgn buru2 beresin.

Btw, gw suka nama Keira...kesannya cantik, sexy, smart hehehe

.:acen147:. said...

@yulian: iyaaa, gatel yul tiap bulan liat utang gak berkurang secara signifikan T_T...

Jadinya Kiera, yulll bulan Keira... Kiera diambil dari kata Ki Era... artinya sepanjang jaman ;)

Anonymous said...

selamat ya :)