Tuesday, August 16, 2011

Week 27: BBLC 2, anyone?

Beberapa hari yang lalu dapet panggilan dari temen2 BBLC via BBG. Wah, setelah sekian lama vakum, akhirnya kontek2an kembali.

Pada semangat pingin BBLC-an lagi yaaaa?? Hehehehe... Sayangnya klo dalam waktu dekat, ogut belum bisa ikutan neh. Palingan nanti deh 4 bulan abis melahirkan (kira2 bulan Maret 2012) baru mulai program pengembalian bentuk tubuh. Klo sekarang fokusnya menjaga berat badan supaya gak naik banyak tapi berat janin normal.

Update berat terakhir pas diukur Jumat lalu, 60.2kg. Itu pas 26 week atau 6.5 bulan. Klo dikurangin berat awal pas hamil 51.4, berarti gw uda naek 8.8kg... dan klo diliat dari target yang tadinya cuma mo naek 1kg/bulan, alhasil gw uda tekor 2.3kg, wakakakak!

Tapi herannya orang2 pada bilang gw kecil, terutama bagian perut. Gw sampe jadi was2 gitu, jangan2 anak gw juga ikutan ciut. Padahal gw makan normal aja lho, hanya memang pas malem gw emoh makan nasi. Tapi teuteup sayur, lauk, buah gw lahap. Bahkan memasuki trimester ke-3 gw makin rakus makan sayur buah... biasa lah, menghindari problem klasik bumil... sembelit :D

Pas week ke-25 gw cek ke dokter, yang kali ini uda gak pernah tereak lagi liat kenaikan berat pasiennya kekekeke... alhamdulillah... berat janin normal, 750gr. Dan menurut dokter, air ketuban gw banyak, bagus ;)

Heran ya, dengan keadaan perut gw dulu yang buncit abis (temen2 yg pada dateng ke acara mitoni/7 bulanan mungkin inget betapa gw bak gentong berjalan waktu itu), ternyata di week yang sama si Bayu dulu beratnya cuma 680gr sedangkan Kiera uda 750gr (gw compare dari catatan dokter).

Jadi makin meyakinkan diri nih, bahwa badan dan perut ibu besar, makan menggila, tidak menjamin anak yang dikandung beratnya juga besar. Berarti tuw nutrisi kebanyakan larinya ke si emak, anaknya mah biasa2 aje, kekekekeke!

Trus walau hamil juga bukan berarti bisa sembarangan makan enak. Justru yang enak2 berlemak tuh tetep aja bukan nutrisi yang baik bagi janin. Yang benar adalah makanan yang sehat, baru larinya ke anak, bukan ke emak, qiqiqiqi!

Dan satu faktor lagi yang gw gak akan pernah bosen untuk sharing adalah Olahraga. Uda sering deh gw tulis manfaatnya baik dalam masa hamil maupun tidak. Jangan dikira hamil berarti stop OR. Harus tetep, justru bikin tambah kuat!

Klo saat hamil gw gak terlalu ngoyo jaga penampilan walau tetap diusahakan, beda nanti klo uda melahirkan. Banyak banget planning gw untuk kembali langsing seperti dulu. Gw uda wanti2 ke suami neh, pokoke siap2 aja sediain budget untuk gw... besarnya 1/2 dari biaya persalinan caesar (iya, gw bakalan caesar lagi).

Kok kesannya gw matre amat? Hahahaha, iya soale gw anggep itu sebagai salah satu bentuk tanggungjawab suami yang uda bikin badan gw mlendung gak keruan begini! Padahal mah bikinnya bareng2 sama2 enak yak, giliran urusan tanggungjawab lemparin ke suami, hahahaahahahahaha! Eh itu gw mintanya cuma 1/2 lho, berarti kan 50-50 tanggunjawabnya *ngeles :p :D

Trus yaaa, abis itu gw mo Ka-Be... Saking gw parnonya kebablasan hamil, pas cek kemaren gw uda tanya dokter tuh, KB apa yang cocok buat gw. Eh malah dokternya bilang: Buuu, belum juga brojol uda mikirin KB... fokus anak ini aja duluuuu!

Wakakakaka!

Abis gw parno, nti bodi gw uda cihuy trus hamil lagi pan gak lucu!!! Dan emang rencananya cuma mau 2 anak aja. Biaya pendidikan mahal, bok!

Dari duit "tanggungjawab" tadi, apa aja yang mo gw lakukan?

Pertama, tentu ambil paket PT lagi. Nti tergantung berat 4 bulan setelah melahirkan jadi berapa? Klo di bawah 55kg - cuih optimis sekali, haahahaha!, gw mo ambil 20 session aja. Tapi klo di atas itu, langsung hajar 30 session. Pokoke target gw kali ini harus 48kg, perut harus rata (sukur2 bisa six pack), otot tangan terbentuk, pantat kenceng, no gelambir di paha.

Kedua, perawatan kulit perut yang carut-marut akibat stretch mark! Ini entah dimana bisa gw dapet ya? Apa harus ke salon ato pusat kecantikan ato apa lah... belum jelas infonya.

Ketiga, perawatan wajah n rambut di salon. Harus kudu lebih kinclong dari sebelum hamil. Dan karena rambut gw sekarang mulai panjang, kayanya emang kudu perawatan extra deh, minimal creambath lah...

Pada saat gw ajukan proposal ini sih, suami cuma ketawa2 sambil manggut2. Tandanya dia setuju. HARUS laaaah!!! Nti klo istrinya kinclong, sapa juga yang senang? Sapa pula yang bangga? Tul gaaak? Hahahaha!

Yo weis itu aja... niy perasaan baru week 27... ibu2 laen mungkin update kehamilan seputar kesehatan n perkembangan janin... gw kok malah sibuk mo permak body, hahahahaa!

2 comments:

Katrin said...

Sus, gw seneng lho ama update2 ttg kehamilan dan olahraga. Jadi ntar kalo pas gw hamil bisa buka2 blog u n bisa dicontoh hehhee.. Ntar kalo ada bblc lagi, gw mau dong joinan...

.:acen147:. said...

Hi Katrin, tengz ya uda ngikutin update2 dari gw. Seneng rasanya klo sharing bermanfaat :)... Kayanya emang tuh pada mo mulai BBLC 2, tapi blm tau kapan... tunggu aja yak beritanya ;)