Monday, November 27, 2006

Bandung: Wisata Kuliner

Waaah, uda ngantor lagi. Betapa cepatnya waktu berlalu. Padahal baru weekend kemaren gw puas meng-explore Bandung. Walaupun masih kurang, tapi cukup lah utk kali ini. Benar2 perjalanan yg padat... terutama padat dg makanan. Diet? Sudah lupa tuh... Kekekekek.

Seperti yg udah dijadwalkan sebelumnya, hari Kamis malam gw n Tia naek kereta terakhir menuju Bandung. Tepatnya kami berangkat jam 7.20 dan sampe Bandung dg selamat jam 10.30. Tadinya gak ada rencana mo extend di Bandung. After meeting di hari Jumat, gw mo langsung balik ke Jakarta sorenya. Sedangkan Tia emang mo extend karena dia kan tinggalnya di Bandung. Tapi tiba2 Mas Adi sms: kamu mau opa (dia menyebut dirinya begitu) ke Bandung juga gak? Klo mau, hari Sabtu pagi aku nyusul.

Waaaw.... rencana jadi berubah. Tentu aja gw mau yayang ikutan. Kan jadi seru n bisa jalan2. Maka beberapa rencana baru disusun. Untuk menghemat pengeluaran, kami nginep di rumah Tia. Siangnya kami bakal dibawa jalan2 keliling Bandung. Cihuuuyyy!!!

Kamis malam gw n Tia nginep di hotel Homan Savoy. Harusnya dapet kamar standard. Tapi tiba2 di-upgrade jadi Junior Suite dengan harga yg sama. Mungkin karena agak penuh, sedangkan gw n Tia baru dateng malam, jadi kamar yang standard dipake orang dulu. Gpp sih, karena kami malah dapet kamar yang supeeeeeer asiiiiiiiiik - maklum gak pernah nginep di suite... jadi agak norak dikit, hihihi -. Itu hotel kaya' apartement, ada ruang tamu, toilet 2, tv 2, pokoknya cihuy deh. Sayang cuman nginep semalem di situ.

Paginya, hari Jumat jam 10 meeting dg client. Soal meeting langsung di-skip aja yah. Toh para pembaca pasti gak mo tambah pusing kaya' gw :p :p. Yang layak untuk diingat dari hasil meeting tsb adalah kami diberi suguhan lunch Gepuk Ny Ong. Wuiiih, sedapnya tuh gepuk. Empuk, manis dengan telur balado, bihun, n tumis tempe. Kenyaanggg... Selese meeting jam 13.30, gw n Tia langsung ngacir. Enak juga nih jalan2 keliling Bandung, tinggal duduk manis di mobil, sedangkan Tia yang nyetir. Bener2 service memuaskan deh. Hihiihi...

Gw langsung dibawa ke FO Rumah Mode. Dari awal gw emang gak gitu tertarik sama baju sih. Pertama, baju gw uda kebanyakan sampe betebaran dimana2 di kamar kost. Kedua, model bajunya kurang menarik. Ketiga, badan lagi gendut gini, susah mo cari baju yang modis tanpa meng-expose lemak2 di perut. Keempat dan yang paling penting: bokek! Hahahaha, wong duit aja dibekelin sama Mas Adi, pake mo beli ini itu segala. Hihihihi...

Jadinya gw di sana cuman liat2 doang. Abis itu kami istirahat sebentar. Perjalanan dilanjutkan dengan membeli jajanan iseng: Cireng. Tau gak Cireng, itu loh, singkatan dari aCi (tepung sagu) digoReng. Dari kecil gw uda tau jenis cemilan ini. Tapi baru kali ini gw nemuin Cireng yg dalemnya dikasih selai kacang yg agak2 pedes. Rasanya... hmmm.... yammmyy... paling enak lagi klo sambil minum teh or kopi. Tapi karena kami makan di tempat, jadi cukup sambil minum air mineral aja deh...

Abis makan Cireng, tadinya mo makan bakso Akung. Si Tia uda promosi mulu tuh bakso. Katanya yg enak lah, banyak lah, rame lah. Pokoknya gara2 sering dipromosiin sampe uda ngimpi2 mo makan. Tapi trus gw inget Mas Adi. Kan juragan bakso-nya dia, jadi klo mo makan mending nunggu dia. Jadi untuk sementara, hasrat dipendam dulu. Dialihkan ke makan serabi.

Bicara soal serabi, gw pernah baca artikel di majalan ttg Surabi Imut. Gw penasaran banged mo makan. Tapi si Tia gak tau. Dia taunya malah serabi NHI. Tapi deskripsi serabi yg Tia tau sama percis dg Surabi Imut. Yeah... gpp deh, toh yang bikin penasaran makanannya, bukan namanya. Jadi meluncurlah kami ke serabi NHI. Ternyataaaaaaaaaa.... serabi yang Tia maksud itu sama dengan Surabi Imut. Acik aciiik, cita2ku kesampean ^^

Langit sudah berubah menjadi gelap setelah kami makan Surabi Imut. Selain itu perut rasanya uda gak kuat nampung. Maklum lah, kami berdua sebenernya emang cuman laper mata, mo ini itu, tapi gak kuat makannya. Sooo, kami memutuskan utk cepet2 pulang, apalagi setelah merasakan perut agak mules karena kebanyakan makan. Hihihi...

Sampe rumah Tia, dikenalin sama nyokapnya. Ngobrol basa-basi sebentar. Trus mandi. Segarnyaaa air di Bandung. Setelah mandi, badan jadi adem. Bobo deh... Rencananya besok pagi2 mo anterin nyokap Tia pengajian dulu. Abis itu jemput yayang. Udah kangen nih rasanya gak liat muka dia. Padahal baru juga sehari :">

Pagi2 jam 6 uda bangun. Cepet2 mandi soalnya uda ditungguin nyokapnya Tia. Karena mo jalan2, gw pilih baju santai. Kaos dan jeans 3/4 kebangsaan. Eh tapi trus sama nyokap Tia disuruh ganti. Ternyata gw disuruh ikutan pengajian. Waks, mate gw. Gimana judulnya gw ikut pengajian. Untung kata Tia, nanti kami berdua nunggu di depan aja sambil dengerin ustad-nya ceramah. Fiuuuh... selameeed.... Ganti deh baju yg sopanan dikit. Terpaksa pake baju yang dipake buat meeting ke client. Abis cuman itu baju 'sopan' gw, sisanya kaos2 ketat ama baju lengan kutung :p.

Gw pikir, baju 'sopan' gw uda cukup, eh ternyata gw masih kudu pake kerudung. Waduuuh, seumur2 baru kali ini gw dikerudungin. Itu loh, jadi kaya pake jilbab. Setelah gw pake, gw diketawain sama Tia. Katanya jadi kaya pemaen sinetron Hidayah. Lha dia sendiri mukanya jadi lucu bin ajaib dikerudungin. Hihihihi...

Sampe di tempat pengajian, bukannya dengerin ceramah, kami berdua malah sibuk bikin ceramah sendiri alias ngobrol. Pas ditanyain nyokapnya tentang ceramah si ustad, jawaban gw: errr... errrrr... Nyokapnya langsung nembak: aah, tadi saya liat diajak ngobrol mulu sih sama Tia, jadi gak denger deh ceramahnya. Hihihihihi....

Abis pengajian, diajak makan batagor. Batagornya bukan batagor Riri yang terkenal itu. Gerobaknya cuman parkir di bawah pohon. Tapi kata Tia, batagor ini rasanya lebih ringan dan rasanya enak banget. Bener juga, setelah pesen, itu batagor yummmmyyyy.... Ada kuah kaldu ayam n kita bisa minta plus tulang atau ceker. Sayang gw gak gitu demen ceker, uda berusaha utk nyobain, tp tetep gak suka, jadi gw sumbangin ke Tia. Yang jelas, tuh batagor TOP deh.

Setelah makan batagor, kami pulang. Tia siap2 mandi. Ternyata dia belom mandi loh dari tadi. Malah katanya klo di Bandung sering kagak mandi seharian. Ampyyyyyyuuuun.... joroknaaaaaaa.... :p:p.

Jam 11.30 yayang sampe di stasiun Bandung. Setelah jemput dia, kami bertiga langsung tancap gas ke Bakso Akung. Walaaah, sampe sana ternyata rame. Untung kami masih kebagian tempat. Klo lagi penuh, antrian bisa makan waktu 1 jam. Itu pun kami harus nunggu pesenan dateng sampe 30 menit. Tapi gak rugi deh. Karena Bakso Akung bener2 enyaaaaaak. Banyak banged porsinya. Ada bakso, pangsit, ceker, siomay, tahu. Mas Adi abis 2 porsi. Padahal 1/2 porsi aja uda banyak banged! Yang bikin special dari bakso ini adalah cekernya. Walaupun gw gak suka ceker, tapi tanpa ceker pun rasanya nikmaaaaaaattt... Jadi pengen lagiii....

Puas makan bakso Akung, kami dibawa keliling2 outlet lagi. Kali ini Mas Adi mo beli kaos, karena dia cuman bawa kaos kutung + celana pendek buat tidur n baju yg melekat di badan. Niat bener belanja. Hihihihi... Dari hasil keliling2 outlet, dia dapet 3 kaos. Sedangkan gw kecipratan rejeki 2 kaos yang warnanya sama dg Mas Adi. Kan biar kembaran. Hihihihi...

Abis belanja-belanji, kami mo berkunjung ke rumah temen Mas Adi, namanya Mas Ronny di Dago. Mas Adi, Mas Ronny, dan Mbak Emma (istri Mas Ronny) adalah teman semasa SMA, jadi pertemuan kemaren serasa reuni gitu deh buat mereka bertiga. Mas Ronny dan Mbak Emma uda dikaruniai 2 orang anak laki2. Lucu2. Setelah ngobrol ngalor-ngidul, Mas Ronny menjamu kami ke Valley.
Di Valley, makanan gak terlalu istimewa. Yang lebih dijual di sana adalah view. Jadi kami banyak menikmati pemandangan. Gw n Tia gak mo menyia2kan kesempatan. Kami poto2 narcis. Yeah, kapan lagi coba? Saking narcisnya, sampe2 waitress di Valley ngeliatin gaya kami yg gak tau malu. Klo gw nyengir dg pose ttt, mereka ikutan bilang: Cheezzzeeee.... Hihihihihihi...

Walaupun masih pengen ngobrol, tapi waktu juga yg harus memisahkan. Kami pamit pulang. Sebenernya Mas Ronny mo menjamu kami dinner di resto makanan Sunda, namanya Bumbu Desa. Tapi kami uda kebelet mo nyobain sate Maulana Yusuf yg katanya hmmmm....

Jadilah kami dari Valley langsung meluncur menuju sate Maulana Yusuf. Sebenernya peyut uda full. Tapi karena penasaran sama si sate, teuteup pesen juga sate ayam 5, kambing 5, usus 2, kulit 2. Bumbunya ngeracik sendiri. Cuman disediain bumbu kacang plain, silahkan tambahin kecap, bawang n cabe sesuai selera.

Sate Maulana Yusuf yg membuat kami berhenti ber-wisata-kuliner hari itu. Peyutna uda gak kuaaaaaaaaat. Kuenyaaaaaaangggg.... Yang keinget cuman kasur tyus bobo. Karena besok beberapa daftar makanan masih menunggu utk dicicipin. Hihihihihi...

Hari Sabtu uda bangun pagi2 lagi. Soalnya kami mo makan Bubur Mang Oyo. Karena mobilnya Tia mo dipake buat nganterin nyokapnya pengajian (lagi), maka jalan kaki n ngangkot pun kami rela lakukan demi sang bubur. Dan emang sih, itu bubur layak diraih dengan suatu pengorbanan. Soalnya buburnya SIP SIP SIP. Bubur kenteeel banget sampe dimiringin piringnya tu bubur gak jatoh. Trus ada ati, ampela, kulit ayam, telor, cakue, kerupuk. Banyak banged n karena buburnya yg padat, walaupun sedikit tapi bikin kenyang sampe waktu makan siang!

Abis maem bubur, balik lagi ke rumah Tia. Soalnya kami bertiga belon pada mandi - uda mulai ketularan Tia syndrome nih alias males mandi -. Tapi sampe di rumah bukannya langsung mandi malah... tidur lageeee.... Hihihihi... Siang2 baru pada bangun, tyus mandi soalnya mo jalan2 lagiiiiiiii...

Kali ini kami mo lunch steik di Suis Butcher. Tapi sebelum sampe di sana, mampir dulu di toko sepatu Donatello. Inget2 buat foto prewed nanti gw belon punya sepatu. Trus intip sendal yayang uda jebol. Kaya'nya emang perlu beli deeeeh... Kebetulan design sepatu sendal di Donatello lumayan. Gw nemuin 2 sepatu cantik. Sedangkan yayang jatuh cinta sama 1 sendal jalan funky. Jadilah kami borong tu sepatu sendal. Lumayan deh gw dibeliin yayang, makaci yaaaaaaa :*

Laper setelah liat2 sepatu, kami meluncur ke steik Suis Butcher. Nunggu lumayan lama. Tapi hasilnya tidak mengecewakan. Harga steik-nya terjangkau kantong dg daging tebal dan rasanya enak. Pokoknya puas deeeh....

Abis maem steik, kami beralih ke mencari oleh2 buat nyak. Mintanya brownies kukus. Berhubung duit di kantong uda mulai menipis, gw cuman beliin brownies kukus lapis keju 2 n brownies coklat biasa 1. Gara2 liat brownies, laper lageeeeeee.... lagian tadi makannya cuman steik, kurang nendang. Sasaran perut kami berikutnya adalah Bakso Boy. Bedanya Bakso Boy dg Bakso Akung, kuah bakso Boy lebih light, porsinya juga lebih 'manusiawi'. Selain ada cekernya, Bakso Akung juga ada babatnya. Rasanya? Hmmm... enyak enyak enyaaak....

Kuenyaaanggg... Set dah, 3 hari dijejelin makanan mulu. Penuh rasanya nih perut. Gw sih gak berani makan terlalu banyak. Tiap mesen sesuatu paling nyicip dikit2. Kecuali klo pas lunch. Soalnya takut berat badan membengkak. Liat2 kondisi perut sekarang, untunglah gak membuncit kaya' kena busung lapar. Masih make sense. Dan minggu kemaren gw cuman sekali fitness... Ya oloo, gw berdoa dalem ati semoga timbangan minimal tetep kaya' sblm gw ke Bandung. Hu hu hu...

Sebenernya masih banyak yang belom dikunjungin, seperti Batagor Riri or Kingsley, yoghurt di Cisangkuy. Belom ke Lembang, Peak, poto2 di Gedung Sate. Waaaah.... kurang banget waktunya. Hari Minggu jam 4.20 sore kami uda pulang naik kereta. Kali ini keretanya tepat waktu. Telat semenit aja bisa ketinggalan.

Sepanjang perjalanan pulang gw bisa ngeliat pemandangan sekitar yg asri. Dan setelah tidur 2 jam, gak terasa sampe juga di Gambir. Seneng, karena akhirnya kesampean weekend di Bandung. Puas, karena bisa jalan2 sepuas hati. Miris, klo liat uang di dompet. Hahahaha...

Yang jelas Bandung sangat menarik.


*this story is also dedicated to my friends who ever stayed with me in Bandung year 1996*

4 comments:

Anonymous said...

Lahhhh... Serabi imut itu PERSIS seberangnya Serabi NHI :))

Koq ga ke kampung daon? Valley? The Peak? Kampung Stroberiiiii

.:acen147:. said...

lho bukannya sama ya? yang aku makan serabi imut tuh. tapi kata tia, itu dikenal dg serabi NHI.

ke valley udah, nung. yang laen2 gak sempet. liat aja uda padet gitu jadwalnya?

next journey deeeh.. ;)

Anonymous said...

Noo..

Serabi NHI yah serabi NHI
seberangnya baru serabi Imut :)
tp tenang aja lah.. rasanya mirip koq hehehe...

.:acen147:. said...

ooo, gitu yaah.. apa gw yg salah denger ya...

ama anung yg pakarnya makan, gak berani debat deh. hihiihi