Thursday, November 23, 2006

Sutrisss....

Perasaan dari sejak gw join ama company ini, selalu ngalamin hal yang begini nih: klo-gak-ada-kerjaan-bengong2-sekalinya-ada-numpuk2. Hal seperti itulah bakal terjadi pada diriku dalam hitungan jam berikutnya.

Pagi ini ada meeting dengan client yang uda live, mereka "membuka kembali luka lama" dengan mengungkit2 masalah yang menurut gw sih emang gak ada solusinya :p. Pertama soal template report yg gak bermunculan -padahal waktu pertama presentasi ada banyak template-. Jawabannya: klo data mereka gak ada, ya reportnya gak muncul. Kan report dibuat dari cube. Cube harus di-build dulu. Cube bisa di-build klo ada data. Klo gak ada ya... silahkan simpulkan sendiri :D. Tapi mungkin sekarang mereka uda punya datanya, makanya mereka menuntut bisa ada report ini itu. Well, let's see ;)

Kedua soal tampilan report yang katanya dulu waktu presentasi jauh lebih bagus daripada sekarang. Klo sekarang kaya' Excel. Jawabannya: dari dulu sampe sekarang tampilan report emang begitu. Even gw dapet slide presentasi yang jadul punya, bentuk reportnya juga gitu. Klo mo lebih cantik, seperti ada gambar Tweety mungkin di dalemnya? Yah itu mah di luar kekuasaan gw deh. Kekekekek. Kecuali gw dikasih source code, bisa deh gw tampilin Tweety, Tom n Jerry, Hello Kitty, sampe Doraemon juga gpp biar bener2 cantik. Kekekekek. Trus report kaya' Excel? masa sih? Mana bisa Excel di-drilldown, swap column-row-page? Ah, pernyataan yang terlalu mengada2 tuh :p.

Ketiga soal user license. Jawabannya: di luar kekuasaan gw juga. Klo yang punya product bilang aturannya uda gitu, gw bisa apa? Uda coba gw kasih solusi dg cara "belakang" yang emang illegal sih. But that's the best thing I can do :.

Keempat soal report yang mo difilter trus filternya gak bisa diganti2. Jawabannya: emang sih dulu gw coba2 gak bisa. Tapi gw uda konsultasi sama support dari India. Ternyata gw harus buat function sendiri di security utk ngebatesin akses user. Nanti deh gw jelasin klo itu ada solusinya.

Nah client gw itu complaint-nya ama boss gw. Jadi pulang meeting boss gw mukanya langsung lecek gitu, trus dosq bilang gini ke gw: kaya'nya setiap saya ke XXX, pala saya jadi pusing. Hihihihi... Sedangkan gw tiap denger complaint yang selalu sama, mulut gak brenti ngoceh sana-sini saking es-mos-i. Saking sebelnya tuh gw sampe curhat di sini juga. Kekekekek.... *sorry ye buat yg baca, mungkin jadinya rada boring kali ^^v*

Masih hari ini juga, sorenya gw kudu jalan ke Bandung. Naek kereta. Tadinya disuruh naek pesawat. Tapi kata temen gw yg orang Bandung, pesawat ke Bandung itu kecil2, serem. Mending naek kereta ajah. Gw ke Bandung bukan buat piknik or jalan2. Tapi buat dibantai hari Jumat-nya.

Pertama ngejelasin modul secara teknis dan business analytic ke user. Trus mengarahkan user ini utk gak memperlebar scope dg pernyataan: klo begini bisa gak, saya mo begitu bisa gak? Pokoke productnya bisanya anu. Klo mo entu2 di luar scope kudu customized. Dan klo customized-nya banyak, kudu bayar. Yang paling penting adalah, kemauan client yang bejibun itu didukung dg data mereka gak? Nti mo nya macem2, eh datanya gak ada jadi useless juga report2 dan "cita2" mereka. Seperti pengalaman di client sebelumnya --"

Btw, kenapa gw sebut pembantaian? Karena sebenernya modul yang mo gw jelasin ini belum pernah gw implementasi. Dapet training juga belom. Jadi gw tau jeroan nih modul cuman dari slide2 dan browsing2 dikit di internet. Bisa dibilang gw bunuh diri juga sih ke sana, sok jago padahal kagak ngerti apa2 ^^v


Kedua, gw kudu nemuin user yg super duper galak. Nih user uda suatu branded oriented deh. Makanya pas Berca ngajuin branded lain utk database dan OS platform, kami ditantang utk menjelaskan apa keunggulan brand yg kami bawa. Benchmarking gitu deh. Gw dengan culunnya bakal bawa beberapa lembar kertas hasil survey benchmarking tsb, trus jelasin ke die. Kenapa juga gw yg diceburin, padahal gw kan bukan orang yang cukup kompeten utk mengatakan brand ini lebih oke dari brand itu. Jawabannya mudah: usernya cowok, jadi harusnya akan lebih lunak sama gw yang cewek ini... Iya klo taktik itu berhasil? Klo gak? Mati aja gw ditelen bulet2. Hihihihi...

Ahhh sutrisss neh gw. Napa gak sih gak dibagi2 aja tu kerjaan di sela2 kebengongan gw yg kemaren2. Kenapa giliran ada yg harus dipikirin datengnya ramean n barengan. Hhhh....

7 comments:

Anonymous said...

mending loe bT soal kerjaan bisa curhat di blog sus... lah gue....da mesti filter apa aja yg bisa di muntahin dan mana yg ga bisa... since the boss said "SAYA TAHUN SEMUANYAAAAA" Brrrr.... :-SS

Angela said...

itu blog makanya diumpetin pi :p
kekekekek

susi: selamat berjuang bu

.:acen147:. said...

@epi: mangkanya pan ude gw bilang, bikin postingan soal boss lu. di bawahnya lu tulis: buat seseorang yg tahu semuanya ttg saya.. PEACE ^^v

@ongol2: thx, ngol...

Anonymous said...

g hari ini kagak kerjaaa =))
hidup MGB !!! :D

23 said...

jadi, tante ingin mengemukakan beberapa deskripsi yang mendasari implementasi terhadap produk yang secara langsung (atau tidak langsung) berkaitan dengan adanya deviasi pada produk tersebut?

Anonymous said...

Setidaknya kan tante tak usa jadi kuli coding lagi seperti kami T___T

.:acen147:. said...

@ceemot: gw juga biasanya MGB, mot. kali ini baru nguli deh ^^v

@om23: om, ngomong apa sih? kekekek

@anung: saya sudah melewati masa2 itu, dik anung ;)