Wednesday, November 08, 2006

Belajar Photoshop

Lagi demen belajar Photoshop nih. Sebelumnya jangan mikir gw jago design yah... Justru gw amat sangat dodol makanya gw belajar.

Padahal dulu gw bercita2 jadi Arsitek, loh. Malah pas mo masuk perguruan tinggi milihnya ITB or UI or Parahyangan dg jurusan Teknik Arsitek. Sampe kursus teknik dasar menggambar arsitek. Trus les ke Bandung langsung demi tembus UMPTN or lulus ujian test Parahyangan. Tapi yah mungkin belum nasib, gagal di UMPTN. Gagal juga di Parahyangan. Lha wong semalam sebelum test bukannya belajar malah baca komik City Hunter. Wakakakakakak!

Karena gagal di universitas2 bergengsi di atas, gw malah terdampar di Binus. Milih Binus karena bokap dulu lulusan Binus. Jadi dosq yg ngereferensi-in. Hokinya gw, setelah milih Binus malah gw ranking 1, bebas biaya gedung. Cihuy! Jadi semangad kuliah. Kekekekek...

Waktu kuliah, sempet ada mata kuliah apa gitu - lupa namanya -, yang disuruh bikin kelompok n bikin program sederhana tapi mengutamakan multimedia (bisa image, audio, video, animasi). Berhubung tugas itu berbarengan dengan tugas lain dan gw punya kelompok tugas bersama yg tetap, maka kelompok dibagi2. Herannya pembagiannya menurut gw kagak adil sih. Kami ada 5 orang. Yang 4 orang keroyokan ngerjain tugas lain. Sedangkan gw diceburin ama tugas multimedia seorang diri. Lebih heran lagi... kok gw mau ya? Kekekekekek...

Dengan modal buku beli di Gramedia, mulailah gw menempel2 gambar... waktu itu tentang 7 Keajaiban Dunia. Maen2 warna untuk background-nya. Bikin program simple pake VB utk nampilin semuanya. Gw merasa yakin sekali klo program bikinan gw keren abieszzz... Tapi pas gw liatin ke temen2 kelompok gw, apa coba komentar mereka: IH PILIHAN WARNA LU NORAAAAAAAAAAKKKK!!! Kek-nya lu gak ada bakat jadi designer deeh...

Hu hu hu...... Sejak itu daku bertekad utk maen coding aja deh...

Tapi beberapa hari yang lalu keinginan mengutak-utik gambar kembali menyeruak. Terutama setelah gw kesulitan masukin gambar ke dalam apel. Untuk hal cemen gitu aja gw sampe minta bantuan Tante Ongol2 (baca: Angela). Parah gak sih?

Keinginan bermain2 gambar semakin kuat setelah level narcis gw meningkat seiring dengan semakin seringnya gw dipoto2. Gw yg sudah cantik ini ingin terlihat lebih cantik lagi di poto - klo kata temen gw: ganti aja muka lo sama muka artis... kekekekek -

Maka dengan semangad 45, gw mulai belajar. Pertama beli CD Adobe Photoshop CS2. Trus cari buku tutorial di Gramedia. Trus beli mouse biar gampang klak-klik gambar. Dan beberapa hari belakangan klo gw dateng pagi pasti sempeting belajar dulu sekitar 1-2 jam.

Waaah, ternyata belajar Photoshop fun juga yah. Bisa maen2in poto. Bikin image dg kualitas kurang bagus menjadi lebih bagus. Banyak deh yang bikin gw terkagum2 dg "maenan" baru ini. Gw juga salut buat temen2 yg pada jago design, karena selain tau teknik maenin gambar, kalian juga punya daya kreativitas tinggi.

Hmmm... kapan yak gw bisa jago? Mungkin gw harus belajar formal juga, kaya' ambil training di BNTRC or ikut2 seminar seperti yang diajak si Ongol2. Well, slowly but sure lah. Meskipun gw mungkin gak berniat alih profesi jadi designer, dengan belajar sesuatu bisa nambah wawasan kan? ;)

4 comments:

Anonymous said...

Photoshop is evil... :p

Angela said...

hadooooh T_t sejak kapan jadi ongol ongol T_T, sambit arif *biang keroknya tuuu*
kekekekkee, dasar lu sus, niat bener, niat ngerubah jadi cakep ya :P
kekekekkekek *PLS DON'T BELIVE IN A PICTURE!* *kabur*

.:acen147:. said...

@anung: nope.. it's an angel. bisa bikin muka tambah mulus di poto.

@ongol-ongol: namanya juga usaha, ngoolllll...

saleho said...

wah....hebat...aye malah kepengen sekolah di binus, tapi di solo gak ada heheheh malah terdampar ke ekonomi islam. aye dulu belajar photoshop juga otodidak, tapi akhirnya bisa juga menulis buku photoshop hehehhehe. kunjungi blog aye yach...aku tunggu prend...