Friday, May 11, 2007

Perempuan Jakarta Matre?

Weiiiiiiiizzzz.... ngeles dulu sebelon dilemparin sepatu atawa ditabok sama seluruh pembaca blog ini yang berjenis kelamin perempuan.

Sabar, sabar... judul di atas bukan pernyataan, tapi pertanyaan. Like someone ever told me, "there is always a story behind the question", jadi di sini gw mo ngebahas kenapa gw bisa punya pertanyaan begitu.

Buat neng2, mbak2, tante2, mpok2, nyak2, nenek2, dan semua perempuan, mari kita bahas. Buat yang laki2 juga boleh ikutan kok. Buat yang laki2 tapi merasa punya sisi perempuan juga mari... Atawa buat perempuan yang punya sisi maskulin? Monggooo...

Jadi begini ceritanya...

Tadi pagi, pas gw steam di tempat fitness, gw ngobrol sama seorang ibu2 yang berasal dari Vietnam. Yeaaah... ngalor ngidul nanya tentang pekerjaan, tinggal dimana, dan lain2, sampe akhirnya membahas soal pernikahan.

Well, dilihat dari postur tubuh dan wajah, gw pikir dia uda merit dan punya anak yang mungkin umurnya 20-an. Ternyata gw salah, karena dia masih single. Dia bilang gak mikirin merit lagi karena dia terlalu sibuk jadi gak pernah punya waktu untuk menjalin hubungan dg laki2. Okay... Hak pribadi, gak boleh usil. Iseng mode on cukup kemaren2. This time I want to be a nice lady >:)

Trus dia juga bilang klo dia punya boss orang US yg uda lama tinggal di Indo sampe uda jago berbahasa Indo. Boss-nya ini laki2, uda cukup berumur, dan juga single. Banyak orang sering tanya si boss, kenapa gak merit? Karena sibuk dan lebih banyak menghabiskan waktu di Indonesia daripada di negaranya. Klo gitu, kenapa gak cari istri perempuan Indonesia? Dia bilang: perempuan Indonesia taunya cuma ngabisin duit.

Walau cukup tersentak dengan pernyataan terakhir, gw tidak terlalu menunjukkan ekspresi muka terkejut. Malah secara spontan gw bilang: well, it means he met the wrong gals. Hehe.

Kenapa gw gak terkejut? Karena pernyataan tadi bukan pertama kali gw denger dari seorang foreigner. Tapi kenapa gw cukup tersentak? Karena kali ini pernyataan tersebut disampaikan oleh... seorang perempuan juga. Orang asing pulak. Yang walaupun bukan pernyataan langsung darinya, tapi cukup memberitahu pandangan dia tentang perempuan di sini. Bisa jadi sebagai perempuan dia menilai perempuan di sini levelnya di bawah dia donk? Yaah... bisa jadi deh. Itu yg gw agak sesalkan.

O iya, tulisan gw berikutnya mungkin akan lebih "tajem" lagi. Tapi gw tidak bermaksud menghakimi semua orang. Gw hanya menulis pandangan orang2 berdasarkan fakta yg ada, dan dalam hal ini gw sebisa mungkin bersifat obyektif. So, sebelum gw lanjutin, gw mo minta maaf banget klo ada perkataan gw yg mungkin berkesan nyindir or nyakitin orang lain. Dan sekali lagi gw akan katakan bahwa tidak semua orang sama, walaupun nila setitik bisa merusak susu sebelanga. So you know what I mean lah ;)

Okay, back to main topic...

Karena gw punya beberapa teman dari luar Indo, sedikit banyak gw pernah lah bicara soal2 yang agak pribadi. Terutama buat teman2 yg tinggal lumayan lama di sini, kadang gw suka bertanya soal pacar dan pandangan mereka tentang perempuan di Jakarta.

Mereka bilang, perempuan di Jakarta itu... pertama: cantik2 (contohnya gw, huehehehehe)... kedua: matre.

Protes donk gw. Gw gak matre. Walopun gw cantik, tentunya. Huahahaha... Tahan bentar, jangan pada muntah dulu yak... Hihihi. Pasti deh mereka bilang begitu karena gaulnya gak bener. Pergi ke tempat clubbing, nemuin prostitusi, dan kencan sama mereka. No wonder donk nemuinnya cewek2 gak bener yg tujuannya cuma morotin duit laki?

Tapi ternyata gak juga. Mereka pernah, sekali tempo, jalan sama temen kerja, dan setiap jalan itu selalu minta ditraktir. Bahkan kadang tanpa malu2 klo lagi window shopping langsung tunjuk barang dan.... minta beliin. Oh c'monn!!! Was that really happened here? Yes!! And for couple times. So?? Hmmm.... waktu itu gw cuma bilang: lu aja suwe, dapet temen matre. Kan gak bisa liat dia kerja dimana. Mo cewek prostitusi atawa kantoran, klo matre mah uda sifat. Huahahaha.

Sekali-dua kali gw denger komen begitu, gw masih bisa ketawa2. Tapi lama kelamaan jadi sedih juga. Yang paling sedih adalah ketika percakapan berikut berlangsung...

X: Do you know, one of my friend who has been living here for more than 5 years has one joke.
Gw: O ya? Tell me.
X: But promise me you won't get angry.
Gw: Angry? Then it's not a joke. A joke is for making me laugh. Not angry.
X: Okay, I won't tell.
Gw: Hmm... now you make me curious. Okay, just tell.
X: He said... there are 2 things cheap and easy to be found in Jakarta.
Gw: What?
X: First is beer.
Gw: Okay. Second?
X: Girl.

....

Speechless deh gw. C'monn gals, are we really like that?! Help me to prove to the world that it's not correct!!

12 comments:

Anonymous said...

hhm, itu dah ga objektif sus kalo ditulis Jakarta aje.. :D
Pertama, Tidakkah terpikir tidak hanya di Jkt yg ada tipe so called matre gal.. di sumatera ade, di sulawesi ade, di kalimantan ade.. di semua belahan manapun ade susss...
cth. temen gue di daerah, baru kenal ama cowo, terus diajak dating. Di dating pertama ngajaknya keluar masuk boutique, terus borong baju2. Nah, Si cowo ini gengsi so bayar2in baju2nya. Abis kelar dating, cowonya ngelapor kalo dia kapok, katanya cewenya matre sampe abis duit 6 digit. Ga berani ngajak jalan tuh cewe lagi.

Yg salah siapa tuh sus? :P
Si cowo terlalu gengsian pake bayar2in abis itu nyesel. Sedangkan si cewe jg bisa2na dating pertama keluar masuk boutique. Terus dibayarin, ga pake malu2 nolaknya.

Anonymous said...

Bole nambah komen ga? bole ga bole, posting aja ya.. :P

Terus yg kedua, ga hanya cewe yg matre, gua pernah kenal cowo yg saban kali ketemu, nanyanya kapan ditraktir, minta diajak makan terus dibayarin.. nah loh? hehehehe..

So, Kalau menurut gua, gua fokus di pergaulan cowo foreigner, terutama bulenya ya.. Secara mereka mostly demennya clubbing, nah ketemunya ya cewe2 yg clubbing, yg sangat mungkin saja sudah terbiasa dengan hingar bingar gemerlap malem, ONS, dan tentunya dengan style yg quite high maintenance(baju, kosmetik, dll).. so, sah2 ajah donk si cewe yg dah ngabisin duit buat penampilannya dan ada cowo yg tertarik ama cewe yg berpenampilan serba aduhai (baca : high maint cost), maka akan cenderung minta dibayarin for sth...

Jadi mungkin foreignernya itu mikirnya girls in indonesia are cheap and easy beside the beer.

Coba kalau dia ketemunya cewe lugu, kaya lo, gue, dan pembaca blog lo yg lugu2 inih - yg say no to clubbing, say no to drugs, aduhai tapi masi batasan okeh dan masih asian style banget dhe. Nah, ceritanya penilaian mereka akan beda lagi. :D

Me said...

menurut g, kenapa foreigner taunya ce indo matre dan murahan ? dan kenapa dia cuma taunya ce indo yang seperti itu ?

karena rata2 foreigner maunya berteman sama ce yang mudah bergaul, cukup agresif, ga malu2 klo diajak ngapa2in..

nah sialnya mreka, kebanyakan *kebanyakan loh.. bukan semua* cewe yang mudah bergaul, ga malu2 klo diajak ngapa2in, cukup agresif itu.. ya yang ga malu2 juga untuk minta2 begitu.. jadi terkesannya matre & murahan d..

sedangkan kita2 yang alim2 *ciee..*, malu2 dan bae2 *masi menjaga adat timur*, biasanya *sekali lagi, biasanya bukan semuanya* ga agresif, klo ga ditegor ga brani negor duluan, klo ada orang asing da pasang tampang sangar duluan.. jadi ya begitulah..

foreigner jadinya mo ngajak gaul cewe2 yang seperti itu uda ilfeel duluan kali ya..

well.. just my opinion, bisa salah bisa bener :D

no offense everyone..

Anonymous said...

Ah.. semua orang boleh berpendapat :p

Yulia said...

Hiakakakakakk..br gw ngepost soal gw mo kerja fulltime lagi gara2 gak bs beli lingerie..ahahahahhh..tp gw gak kesindir loh, abisan kan gw ngabisin duit sendiri yak huehuehuehueeeeee :p

satelite said...

soli doli,..kali ini bebek setubuh dengan pendapet ntuhhh
cewewek indo mayoritas matre,...
bis orang banyak dicekokin iklan dan sinetron matre seh,...
tus benyakan orang ngabisin weekend kemana???
'moll', sodara-sodara,...cuba tuh,...gimana nggak keleyengan liat barang-barang mewah kek gituw??

.:acen147:. said...

wah, ternyata seru yah bahas soal cewek matre. huehehehe.

@willy: tadinya postingan ini berjudul "Perempuan Indonesia Matre?", tapi gw ganti, wil... secara gw kan gaulnya cuma di Jakarta. nti klo gw tulis gitu, bisa diprotes sama seantero orang di Indo. huehehehehe. tapi ternyata penyakit matre bukan cuma melanda Jakarta, ya. lebih luas lagi, bukan cuma melanda kaum perempuan. emang bener, wil... gw juga dulu pernah nemuin cowok yg hobinya minta dtraktir. for sometimes n ada event tertentu oke lah. tapi klo tiap ktemuan dia gak mo keluar duit, even for himself? malu gak sih?

gw juga berpikir, cowok foreigner yg nemuin cewek2 begitu juga pasti karena bergaulnya di tempat yg salah. seperti yg lu bilang, gaul ke tempat clubbing butuh high cost n maintenance. tapi klo di luar negri para ceweknya gitu gak sih? kan pasti dong cowok foreigner itu juga demen clubbing bareng cewek2 juga. tapi klo di luar negri apa mereka bisa lebih irit? hehehehe. just a thought ;)

@ceemot: bisa jadi gitu juga, mot. tapi gw pengen banget deh mengubah opini orang asing bahwa cewek Jakarta (n seluruh Indonesia) adalah cewek smart and ellegant. artinya, kita bisa juga kok ramah. bergaul dengan sapa aja. tapi masih menjaga adat, gak murahan, dan terutama bisa jaga harga diri dengan cara gak matre. tapi keknya agak susah yaaa... kira2 gimana tuh cara ngerubah pandangan mereka? hehehehe.

@yulia: yeah, u r the 1 example klo cewek Indo itu PEKERJA KERAS, ULET, SMART. ayo yul, buktiin sama bule2 londo di sono. btw, klo uda beli lingerie, pejeng yak. hihihihi...

@anung: klo gitu menurut anung gimana?

@satelite: iya sih. apa karena sebenernya budaya kita belum siap nerima exploitasi global? jadinya kita yg terkaget2? btw, seperti kata willy, bukan cuma cewek loh. cowok juga mulai terjangkit "penyakit" yg sama ;)

Anonymous said...

untung perempuan palembang nggak :p
yah sekali lagi.. semuanya kembali ke orangnya masing2.. amin..

.:acen147:. said...

@len: hahahahaha, kebetulan aja belum nemu kali, len? hihihi.. yah, yg namanya sifat jelek, gak liat2 suku apa, kadang dia suka nemplok seenaknya tanpa aturan ;)

Anonymous said...

harusnya.. beberapa perempuan jakarta matre. bukan semua :)

.:acen147:. said...

@anung: dan beberapa laki2 jakarta? hihihihi

Anonymous said...

klo itu.. semuah :))