Tuesday, June 05, 2007

Bernafas dalam Lumpur

Pada saat gw menulis artikel ini, gw sedang berada di atas ranjang empuk beralaskan sprei berwarna biru cerah bermotif laut beserta binatang2nya.

Ranjangnya berantakan, terutama di bagian ujung karena sprei yg menutupinya mulai melepaskan diri. Bantal2 dan guling2 berserakan tidak pada tempatnya. Bed cover dihempaskan sembarangan di ujung ranjang sebagai tanda “pemakainya” sedang tidak membutuhkannya karena udara di sekeliling tidak cocok utk menggunakannya.

Hari ini hari Selasa pukul 6 sore. Hujan rintik2 di luar kamar menambah syahdu suasana. Sayangnya gw sedang tidak dalam mud romantisme. Dan juga tidak sedang bersama seseorang yg bisa membangkitkan mud romantisme. Gw sendiri. Baru bangun dg kepala agak pusing. Dan belum mandi seharian.

Atau dengan kata lain…. GW SAKIT!

Yeaaah… hari ini gw gak masuk kantor karena semaleman gak bisa tidur karena gak bisa napas karena idung mampet karena dari kemaren kan uda gw kasih tau klo tenggorokan gw sakit dan karena… hei bahkan gw uda nyebutin 4-5 tertuduh di postingan sebelumnya.

Hufff….

Sakit itu gak enak. Walaupun dg sakit berarti gw gak usah masuk kantor. Istirahat seharian. Nonton HBO dari pagi sampe malem. Suami pun akan tetap ngerti klo gw gak punya tenaga utk melipat bed cover yg barusan gw sebut “terhempas di ujung ranjang” itu.

Tapi tetep aja judulnya sakit… No fun at all in that condition.

Sebenarnya gw mengharapkan sesuatu yg menyenangkan di saat gw sedang off dari kegiatan kantor. Entah itu cuti, bolos, ijin, pura2 “sakit”. Maka dari itu gw ngajuin cuti hari Senin kemaren dalam rangka ngabisin jatah cuti taon kemaren.

Tapi dasarnya gw “kerajinan”, “terlalu aktif” atau lebih tepatnya… “gak tau mo ngapain klo di rumah sendirian”, maka gw batalin cuti yg uda gw ajuin itu. Senin kemaren gw tetep masuk dan melakukan aktivitas seperti biasanya: olahraga, kerja, pulang, masak2. Sayangnya sore hari gw mulai ngeluh2 sakit tenggorokan.

Malemnya lebih parah dari sekedar sakit tenggorokan. Gw juga gak bisa napas. Idung gw mampet. Supaya bisa merasakan kenikmatan oksigen melalui hidung yg cuma 1 dan punya 2 lubang ini, gw harus cerdas2 bermanuver. Karena klo gw tidur telentang, cairan2 di dalem idung alias si ingus gak tau diri bakalan nutupin idung n menghadang akses oksigen utk diedarkan ke dalam saluran pernapasan lalu dibawa menuju paru2.
Jadinya gw harus miring ke kiri supaya lubang idung kiri gw kebuka. Klo uda pegel, gw miring menghadap arah sebaliknya. Tapi itu gak cukup. U know… paru2 gw terlalu rakus. Dia terbiasa mendapatkan oksigen dari kedua lubang hidung, jadi klo cuma disupply dari 1 lubang, dia protes.

Si paru2 rakus ini, yg gak mo ngerti keadaan si idung dan juga gak bisa berbuat apa2 utk mengusir si ingus, menyuruh otak gw utk memberi tahu gw agar lebih cerdas lagi dari sekedar bolak-balik badan. Dia membisikkan kata2 pada otak dan otak meneruskannya pada gw. Kira2 begini katanya: hei, Sus… pake dong mulutlu utk menghirup oksigen lebih banyak.

Hmmm.. okay…

Maka mulailah gw menggunakan mulut. Dan hei, betapa cerdasnya ide ini karena begitu gw buka lebar2 si mulut, asupan oksigen langsung masuk dan memenuhi kebutuhan si rakus paru2. Selain itu, dg mulut gw gak perlu capek2 tidur dg posisi miring. Apalagi klo gw lagi mo nonton, pastinya harus telentang. So, problem solved. Seharian gw mangap2 dg mulut. Analoginya… bayangin aja ikan mas koki dalam akuarium. Hihihi.

Tapi bernapas dengan mulut ini ternyata ada kelemahannya juga…

Pertama, klo tidur dg posisi mulut terbuka, you cannot control your saliva from being flowing out your mouth… alias ngiler. Huehehehehe.

Kedua, walaupun lagi sendirian, bukan berarti gw gak butuh makan donk. Nah makan menggunakan mulut. Klo mulut punya side job utk napas juga… kan repot. Makannya jadi megap2. Kadang2 tersedak. Dan ngomong2 soal makan, dikarenakan idung yg mampet ini, makan apa pun dijamin enak. Lha wong gak berasa apa2 sih. Jadi anggep aja enak. Hihihi.

Ketiga, ternyata gw termasuk orang penting juga di kantor… karena walaupun gak masuk, bolak-balik ditelponin dan dikasih tau jadwal meeting yg menanti besok. Selama di telpon itu gw harus ngomong. Soalnya klo cuma angguk2 dan geleng2 kepala, orang gak bakalan ngerti. Nah selama ngomong itu juga gw kesulitan mengatur fungsi mulut yg emang awalnya utk berbicara tapi sekarang dapet tugas tambahan utk napas. And you know what… ngomong pun perlu napas kan? Jadi yah… u can imagine how busy my mouth was. Wondering why it was not created with two holes too like a nose. I guarantee it will be very useful! Huehehehe…

Keempat dan seterusnya…. I’M SICK FOR BEING SICK!!!

Mo cepet sembuuuuuuuuuuuuuh… Ke dokter? Hmmm… gw termasuk orang yg jarang ke dokter. Dalam setaon belum tentu ke sana. Apalgi cuma sakit cemen2 gini. Walopun sakitnya ngeselin, tapi gengsi dong klo kalah sama yg gw anggep cemen?

Tapi barusan gw uda nelpon suami sih. Minta tolong beliin obat batuk dan in haler. Itu loh, pelega idung mampet. Yang dicucukin ke dalam idung…

Yeah gw rasa gw akan sangat membutuhkan obat itu biar bisa tidur nyenyak nanti malam. Klo gak… gw akan bernafas dalam lumpur… eh maksudnya mulut… and… maybe my pillow will be very much watery in the next morning. Huehehehhee….

14 comments:

satelite said...

sus, boleh bebek ngelink?

Me said...

mending tidur miring sus, setidaknya hidung yang satu mampetnya ilang.

jangan bernafas lewat mulut.. ga sehat.. and bikin mulut tambah kering ntar..

cepet sembuh ya :D

Anonymous said...

Hi... salam kenal yah ^^
abis baca-baca blog kamu.. pinter banget masaknya hehehe.. Btw, cepat sembuh yah..

Anonymous said...

sus... gue juga mau ngelink dong... **ikutan si bebek** :)

adow... cepet sembuh dong say... biar bisa masak2 lagi n bisa pajang resepnya di blog :)

biasanya emang kalo sakit tenggorokan, pasti lanjut ke pilek, n terakhir batuk. kalo gue biasanya minum vick, fg troches, n larutan2 penyegar. jangan lupa beli buah pir. beli pir korea tu sus. yang mahal itu... tapi dijamin segera nurunin panas dalem.

sekali lagi... cepet sembuh ya...

Anonymous said...

wah gw tau rasanya demam pilek, soalnya gw langganan hihihi... selalu dimulai dengan sakit tenggorokan :(

Get well soon ya sus...

Anonymous said...

tul.. tidur miringg...
klo miring kanan, lobang idung kiri akan lebih lega..
klo miring kiri.. ya sebaliknya..

jadi tidurlah bergantian selang seling :D

.:acen147:. said...

@bebek n dessy: sorriiii banget klo gw gaptek. tapi yg kalian maksut nge-link itu opo? hihihihi... tapi gw yakin bukan suatu tindakan kriminal, so monggo... huehehehe

@ceemot: tengkiu, mot. baru aja gw mo nulis ttg nafas lewat mulut... bikin mulut kering. n it really happened last nite. haiahahahahahaihaihai...

@chica: salam kenal juga... ah masa sih pinter masak? * sambil sok malu2 padahal jingkrak2 kegirangan dipuji *, huahahaha...

@dessy: o iya, des... ngomong2 soal resep... resep bumbu rawonnya ketinggalan 1 bumbu: KETUMBAR 1 SDT. diuleg juga dg bumbu yg laen. jgn lupa ya. gw sampe kebayang2 terus dari kemaren mo buru2 kasih tau lo sblm lu beneran praktek. hihihi...

buah pir korea ya? nti coba ah...

@acia: iya, sebel ya, cia... tengzzz...

@anung: semalem biar uda miring2 tetep mampet, nung. uda pake in haler juga masiih aja. jadinya megap2 sampe mulut kering :(

Anonymous said...

tq ya sus. belum praktek kok... entar weekend d.

Anonymous said...

mangsutnya ngelink itu : tukeran link gitu lho sus...

jadi mrk akan link blog elo, dan elo jg boleh masukin link blog mrk getoh...

CMIIW yah...

.:acen147:. said...

@nat:

barusan nanya anung, dan definisi dia sama percis sama lu, nat...

so.. ITIDHTCUBURR *)...

nah loh.. mwahahahaha...

*)I Think I Don't Have To Correct U Bcos U R Rite

.:acen147:. said...

@bebek:
btw, link lu apa, ya bek?

Yulia said...

tidur miring Sus n kl bisa pake bantal 3 tumpuk biar jd kek duduk gitu, di jamin manjur ;)

Cepet sembuh ya :)

Unknown said...

http://santolita.blogspot.com/

.:acen147:. said...

@yulia: oh... biasanya numpuk 3 bantal untuk... hihihihi...

oke deh, nanti dicoba. tengzz yuuull

@bebek: oche deh... gw ngelink juga yak ;)