Tuesday, August 07, 2007

Mari Curhat Bersama Saya

Walaupun gw agak cuek, gw sering banget dijadiin tempat curhat. Mungkin mereka merasa aman curhat sama gw karena ngeliat gw cuma tertarik sama layar monitor dan gw jarang buka mulut kecuali sama orang yg bener2 deket.

Curhat SELINGKUH adalah tipe curhat nomor 1 yg paling sering gw denger. Kebanyakan dari para cowok. Selama gw dengerin curhat mereka, gw berusaha utk gak memberi penilaian. Karena orang curhat bukan utk dinasehatin, lebih utk didengarkan, bahkan condong utk dibenarkan. Sayang gw gak pernah setuju dg yg namanya perselingkuhan. Karena kontradiksi tadi, jadinya gw lebih memilih sifat netral. Klo pun gw memberikan nasehat, gw berusaha nasehat itu tidak dicampuradukkan dg emosi. Soalnya klo gw emosi, bisa gw damprat tuh yg curhat, besok2 dia takut lagi sama gw. Hihihihi.

Walaupun kadang sebel juga dengerin curhat selingkuh, tapi dari sini gw belajar banyak gimana tanda2 cowok selingkuh, sifat cowok idung belang, pandangan cowok terhadap cewek, dan apa yg mereka inginkan. Kesimpulan dan pelajaran terpenting yg gw peroleh dari curhat ini adalah... JANGAN TERLALU PERCAYA SAMA JANJI LAKI2! Kekekekek...

Curhat soal JODOH adalah tipe curhat nomor 2. Ada yg uda punya pasangan tapi banyak kekurangan. Ada yg masih jomblo, minta dicariin pasangan. Ada yg kesibukan kerja sampe lupa cari pasangan. Biasanya nasehat gw yg paling inti adalah... selama belum merit, puas2in deh cari pasangan sampe dapet yg tepat. Klo merasa pasangan yg sekarang banyak ketidakcocokan, jgn ragu2 putus dan cari yg lain. TAPI... klo uda merit, HARUS SETIA!

Curhat nomor 3 ditempati dg masalah KERJAAN. Boss begini begitu... Kerjaan sekarang kurang oke, lingkungan gak enak, temen banyak yg syirik. Klo ini mah, bukan orang lain doang yg suka curhat ke gw, tapi gw sendiri juga suka curhat ke orang lain. Hehehehe.

Dan berbagai tipe curhat lainnya yg pernah mampir ke gw.

Klo tadi tipe curhat, kali ini gw mo membagi curhat berdasarkan level. Pertama, level SANGAT RAHASIA. Klo curhat berisi ttg harga diri, prinsip, hidup mati dan hal2 penting lainnya, plus ada embel2 "amat sangat rahasia", dijamin hanya akan diketahui oleh gw dan narasumber curhat. Entah klo narasumber juga curhat ke orang lain. Tapi seandainya rahasia itu sampe bocor, gw jamin bukan dari mulut gw.

Level curhat kedua adalah "RAHASIA". Rahasia dalam tanda kutip artinya, sang narasumber curhat bilang ke gw bahwa itu rahasia, cuma gw yg tau. Tapi pada saat yg bersamaan gw denger cerita itu dari temen yg lain... lebih dari 10 orang. Dan mereka bilang tau cerita itu dari narasumber langsung. Nah berarti gak rahasia lagi donk? Hehehehe...

Level curhat ketiga adalah CASUAL. Level paling ringan. Artinya curhat bukan masalah berat, yang klo ditutupin sekarang pun orang lain nantinya akan tau. Penyebarannya hanya tinggal menunggu waktu.

Klo yang casual gini mah, biasanya gw suka cerita juga ke orang lain. Hihihihi... Abis kan nantinya juga nyebar n pada tau semua. Dan yg paling sering "ketiban rejeki" curhatan adalah Tia. Cuma Tia aja kok. Gw juga gak berani lah cerita2 ke orang lain. Walaupun sifatnya casual, gw tetep hati2 "membantu" menyebarkan gosip. Hanya orang terdekat yg gw kasih tau. Klo di rumah ya suami. Klo di kantor ya Tia.

Cuma gara2 curhat casual ini, gw pernah diteriakin sama narasumber lho. Dan sekarang agak kapok klo mo cerita sama Tia. Hihihii... Gini ceritanya...

Pada suatu hari, salah satu temen, si E, tiba2 duduk di meja gw.

"Sus... gw mo cerita sama lu, karena lu gw anggep orang yg deket sama gw."

Selama ini E emang sering curhat sama gw, dan rahasia dia aman.

"Kenapa?"

Mata E mulai berkaca2. Duh, ada apa nih? Beberapa hari yg lalu emang sih gw pernah denger pembicaraan E dan F dan berakhir dg isak tangis. Gw uda mulai curiga ada sesuatu. Dan insting gw mengatakan klo E... but let's hear what she wants to say...

"Minggu depan hari terakhir gw di kantor ini. Gw resign. Gw belum cerita ke anak2 lain. Yang tau baru F, N dan lu."

Tuh kan bener! Gw langsung menunjukkan muka kaget. Tapi kaget karena kok tebakan gw bener ya... bukan karena dia mo resign, hehehe.

"Ooo... lu emang pindah kemana? Dan kenapa lu tiba2 resign? Gak betah di sini?"

Mulailah dia bercerita sambil bercucuran air mata klo dia mo pindah ke perusahaan asing XY. Dia sebenernya uda 1 month notice, tapi sengaja gak heboh2. Alesan dia pindah karena ketidakcocokan dg rekan kerja. Dia bilang sih, di hari terakhir dia akan tetep kasih tau ke orang2 klo dia resign. Tapi bener2 hari terakhir, jadi besokannya langsung "ngilang".

"Tapi karena lu temen baek gw, dan gw suka curhat sama lu, makanya gw cerita sekarang. Lu jangan cerita2 dulu sama yg lain ya?"

"Oh... iya iya..."

"Janji lu gak cerita ke sapa2?"

"Iyaaa"

"Termasuk ke Tia, lho ya..."

"Errr... iyaaah...."

Gw berkata demikian sambil "sumpah Pramuka", tapi di belakangnya gw menyilangkan jari telunjuk dan jari tengah. Artinya? Hihihihihi....

Langsung towel Tia...

"Tia... mari kita bicara empat mata...."

Hihihihi... yeahh... pada langsung nebak donk... gw cerita juga ke Tia. Soalnya nanti Tia pasti akan tau juga lah... kan dibilang tadi klo hari terakhir E akan cerita ke semua orang? Dan soal resign itu kan biasa toh? Soal dia berseteru dg rekan kerja juga uda cerita umum di sini... So... mariiii... Kekekekekek...

"Eh Tia... lu tau gak klo E bla bla bla..."

"Oh ya?"

"Iya, bener... dia pindah ke perusahaan XY... bli bli bli.."

"Masa?"

"Ho oh... tapi awas lu ya... ini masih rahasia. Nanti hari terakhir dia juga bakalan cerita sama lu. Jadi pas dia cerita, lu harus PURA2 KAGET!"

"Hihihihi... iya deh..."

"Bener lho... PURA2 KAGET! Awas lu klo LUPA KAGET... gw jitak!"

"Kekekekekek... iyaaaa..."


Seminggu kemudian, E bener2 keliling utk memberitakan ke semua orang bahwa hari itu hari terakhirnya. Dan di setiap orang yg dia ceritain, dia selalu bercucuran air mata. Duh, mati deh klo pas dia cerita sama Tia... dan Tia lupa kaget... Uuugghhh... awas aja tuh anak...

Hingga sampai akhirnya dia ke meja Tia...

E: Tia, lu uda tau belum?
Tia: Tau apa? Kenapa nih?
E: Ahh... Susy pasti uda cerita sama lu?
Tia: Cerita apaan sih? Gak tau kok gw...


Bagus, Tia... lanjutkan scenario mu... Hihihihi...

E: Gw mo resign...

Ayooo, Tia... mana muka kagetmuuuuwwww???

Tia (muka kaget sempurna): HAH? YANG BENER LUUUU???
E: Iyaa.. bener... Emang Susy belum cerita ya?
Tia: Beluuummm...

Fiuuuhhh... amaaan... Serasa ada lingkaran malaikat di atas pala gw. Kekekekek.

E: Iya... kan gw resign karena.... bla bla bli bli bleb bleb blubuk blubuk...

Si E melanjutkan cerita kenapa dia resign sambil bercucuran air mata, dengan diiringi beberapa kali anggukan kepala Tia. Aduuuh... drama banget siiiy... Hiihihihihi... Tapi gak pa pa deh... gw aman...

Sampe tiba2...

Tia: Jadi, gimana ceritanya kok lu bisa diterima di XY?!

UPS!!! Suddenly I'm feeling sick.... :p :p :p...

E... tiba2 berhenti cerita. Matanya melotot. Air matanya diseka... dan dia teriak...

"SUSYYYYYYYYYYYYYYY!!!!"

PERTANYAAN BODOH!! Kan si E belum sampe ke cerita itu!! Dia kan baru bilang alesan dia pindah. Belum sampe KEMANA dia pindah!!!

Gw KABURRRRRRRRRRRRRRRR!!! TIAAA!!!!!! BESOK BENERAN GW JITAK LOOOO!!!

Mwahahahahaha...

* to my dear friend E, sorry yah... gak maksud apa2 kok, kan akhirnya pada tau juga. wish you luck in XY *

6 comments:

23 said...

kalo curhatan gw termasuk yang nomer berapa sus.... dan level berapa... :D

.:acen147:. said...

curhat lu tipe XXX... level XXX...

berarti sangat rahasia tho, sampe tipe dan levelnya aja gak gw kasih tau. hihihihi...

tapi gak tau juga deh klo lu sebarin ke yg lain, om... hehehehe...

Anonymous said...

MWakakakakakakakak...


doboh bener... =))

Me said...

emang bener kata pepatah, sepandai2nya tupai melompat, sekali waktu jatuh juga..
sepandai2nya Tia berakting, sekali waktu kepleset juga.. hahahah

Anonymous said...

wakakakag... *ikutan ngakak bareng anung*

tetep aja ujung2nya ketauan ya sus :))

btw curhat gw temasup yg ktegori mana niy :p

.:acen147:. said...

@anung: hihihihi... antara doboh atau ketauan gak bisa boong. kekekekek..

@cimot: kurang lihay aktingnya ya, mot. kekekekek...

@acia: tenang... tenang... curhat acia pun masuk tipe YYY, level YYY. jadi amat sangat rahasia. hihihi... walaupun mungkin gak ada berat2, tapi karena sifatnya pribadi, gw tdk berkompeten utk bicara ke siapa pun. halah... sok diplomatis yak jawabannya. kekekekek.