Wednesday, October 24, 2007

Etika Berteman

Apa sih manfaatnya punya teman?

Berbagi cerita, suka dan duka, tawa dan tangisan, jika ada kebahagiaan dirasakan bersama, jika ada beban dipikul bersama.

Dengan adanya teman, hidup jadi lebih berwarna. Gak merasa sepi, sendiri, sebatang kara di dunia ini.

Setidaknya itu konsep pertemanan yg ada di benak gw.

Tapi sayangnya, gw banyak nemuin "teman" yg konsepnya kok rada2 lain ya? Rada2 gak seimbang, timpang dan cenderung berat sebelah. Mungkin gak sampe dibilang klo gw dimanfaatkan atau dirugikan. Tapi rasanya kok, esensi pertemanan tadi jadi hilang dan berkurang arti ketika gw diperlakukan seperti demikian.

Iya, bener seperti dugaan kalian semua. "Teman" dalam tanda kutip tadi adalah teman yg datang hanya ketika mereka merasa membutuhkan kita. Setelah "puas menghisap sari2 madu", dia terbang deh menghilang.

Belakangan ini gw kok baru nyadar, bahwa teman yg tadinya gw kira beneran bisa dibilang teman, ternyata berubah jadi hanya sekedar "teman". Gw ceritain ya kenapa derajat mereka itu turun di mata gw...

"Teman A"

Gw kenal dia di tempat kost lama. Gak gitu kenal akrab, karena dia emang jarang komunikasi dg sesama penghuni kost. Abis sibuk sama cowoknya.

Dari kabar yg gw dengar, katanya dia bakalan merit. Ooo, bagus lah, uda lama juga pacarannya.

Eh tiba2 muncul kabar terbaru lagi, dia diputusin cowoknya 2 bulan menjelang merit. Hah? Kaget juga. But not my business lah, bukan temen deket juga.

Nah cuma, setelah itu, kok dia jadi berubah sikap. Berakrab2 dg penghuni kost lain. Tujuannya bukan mo berteman, tapi mo curhat.

Tiap malem dia menclok di kamar Erisa, dan kebetulan Erisa emang akrab sama gw, jadi gw sering juga ngobrol2 di kamarnya. Tapi sejak ada si "Teman A" ini, obrolan yg biasanya asik jadi berubah suram, karena isinya hanya melulu soal keluh kesah dan curhatan si "Teman A". Berhubung dia lagi sedih, kami menanggapinya dg sabar. Bahkan memberi nasehat supaya dia bangkit lagi. Walaupun kadang kami capek juga, soalnya dia bisa nangis2 sampe pagi. Aduuuh...

Selain jadi sering "ngobrol", tiba2 "Teman A" muncul di gym yg biasa gw datangi. Katanya dia mo ikutan fitness. Oke, dg senang hati gw ajak dia jadi member.

Singkat cerita, akhirnya dia nemuin cowok. Dan mereka langsung serius merit.

Pada waktu itu, gw kebetulan merit duluan. Gak lupa gw kirim undangan buatnya.

Tunggu punya tunggu, gak kedengeran kabar darinya. Jadi merit kah? Atau putus lagi kah? Bener2 lost contact.

Sampai suatu hari Erisa ktemu sama mantan cowoknya yg dulu, yg mutusin dia 2 bulan sebelum merit.

Guess what? Dari cowok itu kami baru tau klo "Teman A" uda merit.

Hah? Kok gak ngundang2? Atau merit gak pake ngundang2? Gak juga, soalnya cowok itu diundang kok. Dan lagi, klo pun gak ngundang2, kan bisa tho sekedar sms utk kasih kabar klo dia uda merit?

Mpfffhhh... sejak itu... gw dan Erisa baru sadar, sepertinya kami hanya dimanfaatkan...

"Teman B"

Gw juga gak gitu kenal dia. Yang gw kenal justru cowoknya yg sekantor sama gw.

Mereka berdua pacaran lama, tapi tiba2 harus putus karena si cowok selingkuh.

"Teman B" sakit ati. Curhat sama gw. Gw dengar semua keluh kesah, tangisan, dan kesedihannya.

Akhirnya dia nemuin cowok lain dan merit. Kali ini gw diundang sih. Hehehe.

Cumaaa, sejak itu, entah kenapa, setiap dia mo kontak mantan cowoknya, selalu nanya gw. Awal2nya gw tanggepin, gw coba bantu. Seperti misalnya dia mo tanya apakah sang mantan rumahnya kebanjiran. Gw tanyain tuh si mantan, trus gw update "Teman B".

Sekali fine.

Dua kali fine.

Tiga kali... mulai sebel...

Empat kali, lima kali, dst... BE TE.

Bukan apa... dia itu tiap kontak gw, selalu nanya soal mantan. Gak pernaaaaaah gitu, basa-basi kek nanyain gw dulu. Lama2 gw mikir, emang gw messenger apa yaaaa!

"Temen C"

"Temen C" ini temen kuliahan.

Dia ini mah keterlaluan, langsung gw black list deh.

Abis coba bayangin deh...

Setelah lama gak ktemu, gak ada angin, gak ada ujan... tiba2 dia contact gw. Katanya mo mampir ke tempat gw. Alesannya mo tanya2 no hp temen2 kuliah krn hp berikut data2nya ilang.

Wah, seneng banget nih ktemu temen lama. Gile ye, dia masih inget gw. Terharu deh. Okay, silakan aja dateng, lagian gw mah selalu open sama temen yg mo maen ke tempat gw.

Eeeeh... tapi sampe di tempat gw... dari awal dateng sampe akhirnya gw "usir secara halus", tiada lain tiada bukan, yg diomonginnya ASURANSI, ASURANSI, dan ASURANSI.

Saat itu masih gw tolak alus. Gw bilang, belum tertarik.

Setelah itu dia usaha lagi, maen ke kantor gw. Masih gw terima dateng ke kantor. Tapi pas ktemu, dianya masih tetep ngomongin asuransi.

Gw tolak lagi dg ngomong baek2.

Terakhir, dia chatting, MASIH tuh ngomongin asuransi.

Naek darah deh gw, akhirnya gw bilang gak mo ngomong sama dia lagi klo topiknya masih asuransi.

Bukannya gw gak mau ya punya asuransi. Tapi plis deh, CARAnya itu. Apalagi awalnya gw kan mo nemuin dia sebagai teman. Dengan lugunya gw juga beranggapan dia pun begitu. Ternyataaaa... bagi dia gw tidak lebih dari sekedar "calon korban" asuransinya. Mpffffhhh...

Di sekolah emang sih gak diajarin jenis etika yg satu ini. Jadi buat yg sekolah tinggi2, mungkin gak ngerti gimana caranya melatih diri supaya lebih peka terhadap hubungan pertemanan.

Cuma plis dong ya, selama ini emang gak pernah bergaul dg mahluk bernama MANUSIA kali ya? Sampe2nya gak ngerasa klo perbuatan mereka itu uda benar2 menodai yg namanya ETIKA dalam BERTEMAN.

Jangan sampe deh gw nanti nemuin temen2 model begini. Atau sebaliknya, semoga gw gak sampe dinilai begini sama temen2 gw.

18 comments:

SinceYen said...

Kalo temen yg ibarat kumbang pengisap madu gitu sih dering banget ditemui. Soalnya aku sendiri pernah babak belur beberapa kali tuh ketemu "temen"yg kayak gitu.
Tapi kalo temen yg betul2 temen, sesuai dengan pikiran idealnya aku, bisa diitung pake jari sebelah tangan. Teman yg aku tau persis 'gak akan menertawakan aku di balik punggungku.

Anonymous said...

mwakaka sus, gue jg punya tuh jenis temen C, emang nyebelin bgt asli!!!!

Anonymous said...

hohoho..fren oh fren... hanya 388/mnt...nah lo..jadi iklan d :p

Setujuuu..yang no 3 itu... kalo tiba2 2 nongol tawar paksa something langsung err err...Apalagi kalo ampe minta2 nomer telpun temen lama...
Temen = asset itu mah... kl lagi kejara target nongol, kl da aman ngilang....

....muncul di gym yg biasa gw datangi....

Hayoo masi rajin nge gym ga neee wekeke...

Anonymous said...

Wakaka.. teman tante susi aneh2 :D

cari temen yg bener susah yak :p

Pucca said...

sus.."temen C" itu siapa ya? apakah gua kenal..inisialnya siapa nih heheheh.. :P

LitZ said...

aduhh.. nomer 3 kayaknya pada sering ngalami yaa, pokoknya pembicaraan sekitar asuransi.. asuransi.. asuransi.. dan MLM. goshhh! emang nyebelin yang atu ini...

@si tata klo kebaca gym kok lgsg bereaksi yaa? huahaha.. apa demen ama si aa gym?

@nung:
a: temen tante susi aneh2
b: anung adalah temen tante susi
kesimpulan: anung aneh2

Anonymous said...

haha sama kayak nat dan lita, gua juga punya tuh temen jenis C. mirip2 tuh ceritanya. :P

btw baru tadi pagi gua kepikir pengen nulis tentang temen2 yang nyebelin. eh udah keduluan lu sus. hehehehe.

tapi ya namanya orang. emang karakter nya beda2 ya. adaaaa aja aneh2... :D that's life. :)

Unknown said...

hehe kyknya gue jg kenal sm temen c ini deh.
gue jg pernah ditelpon ditawarin asuransi. tp gue jawab kalo gue skrg kerja di persh asuransi juga. jadi ga perlu asuransi lagi. hehe =p
jawaban jitu tuh sus. soalnya dia ga pernah contact gue lagi. hihihi

Anonymous said...

gue jg pernah sus merasa gak di respect sama temen yg da lama gw anggap sbg sahabat gara2 dia ga bs mengharagai kehidupan privacy gue,sebel bgt !!!. klo yg temen C kejadian jg sm gw bbrp kali tapi gw jwb nya slalu no budget, titik. haha :p

Anonymous said...

wuahhh... temen jenis c gue juga ada... lebih rese lagi...

waktu gue merit, dia gue undang... sampe gue bela2in nyuruh kurir nganter undangan ke rumah dia nan terpencil letaknya :)) maksud gue... letak rumahnya di gang2 gitu yang susah dicari...

sebelum merit dia uda gue telepon... dia janji mo dateng dengan segala mulut manisnya...

pas gue merit... ga muncul tu orang... di buku tamu juga ga ada titipan dia :))

sejak itu gue uda lost contact sama dia... eh pas uda mo setahun kemudian... dia ngubungin gue... ngucapin selamat menikah... basa-basi kenapa pas gue merit dia ga dateng... ngajak ketemu... buntut2nya... 'neror' gue dengan segala omongan asuransi...

aduh bukannya gue benci sama asuransi... tapi dari cara mereka itu lho yang bikin gue ga simpatik...

Rony Zakaria said...

Salam kenal,

Temen "C" itu banyak sekarang. Terutama Asuransi dan MLM.

Paling benci tipe2 macam ini, temen sekolah yang dulu ga terlalu akrab atau uda lost contact tapi tiba2 telp. Sejak pertama kali "ditipu" sekarang selalu tanya hati2 mau apa tujuannya...

Kalo bilangnya "ketemu dulu hehehehe..." cengengesan khas MLM, gua tutup langsung telpnya..

Unknown said...

halo..
gue ada juga tuh temen model C inih. kena pulak gw adanya. lumayan lagi kenanya..duuuh...awal2 dulu sih katanya pengen bikin bisnis bareng, lama2 ktauan klo MLM, eh lha kok bisa2nya gw terbius gara2 gw ga enakan.
nyesel..nyesel..tapi ya gimana..nasi udah jadi bubur. begitu dia capai target, sms ga pernah, telpon apalagi.cape deh....

Anonymous said...

alo ikut komen yaaa.... btw bole g link ga... :D

g plg takut tuh ma org2 yg sering nawarin asuransi lah, MLM lah T_T arghhh kadangan dikejar ampe ga mo lepas gto..hiks hiks... serem >.<

.:acen147:. said...

@since: ari gini emang susah nyari temen sejati. temen yg terutama tetap ada di kala kita susah.

@nat: asli nyebelin, nat! huuu.. ke laut ajeeee deeeee!

@tata: waduh, gym mana tuh. harus dihindari tempatnya. hahahaha. uda gak nge-gym lage. huaaa!

@anung: emang tuh nung. anung termasuk yg aneh gak? hahaha!

@viol: lu pasti tau kok viol. itu tuh yg minjem duit lu buat nitip angpao tapi gak dibalik2in. hahaha.

@elita: hahaha... soal anung ternyata lu punya pemikiran sama dg gw. hahahaha! (canda, nuuuung)
emang nih, banyak yg kena korban temen model C yaa...

@arman: gw barusan liat title MLM di blog lu, man. keknya kita senasib nih. hehehhehe.

@limmy: seandainya gw bisa ngeles juga klo gw kerja di perusahaan asuransi. kekekkee.

@angel: sama donk, ngel. terakhir gw bilang aja ke temen gw: klo asuransi lu gratis, gw mau deh ikut. setelah itu dia baru diem. hahaha!

@dessy: haaa!!! itu mah 10x lipet lebih nyebelin, des. ih gak tau malu malahan namanya!

@roni: hi, salam kenal juga. sama, ron. gw juga jadi parno klo ada temen lama yg lost contact tiba2 muncul ngajak ktemu. langsung gw curiga ada maunya deh. tapi pernah gw salah sangka, ternyata temen gw itu bener2 mo ktemu gw. gw jadi gak enak ati. hahaha!

@iffah: emang, klo MLM pasti awalnya gak jelas. bilangnya BISNIS ini lah, itu lah. ujung2nya MLM. dan gw uda bbrp kali loh kejebak MLM ini, krn gak enak nolaknya. akhirnya gw yg rugi juga. huuuu!

@didia: hi, di... boleh aja klo mo ngelink :)

lain kali, langsung SAY NO to MLM aja, di. kekekkee.

Pitshu said...

pernah kejadian kek C, temen SMU g yg dulu daftar masuk kuliah bareng suatu hari ga ada angin ga ada badai dia kangen mau ketemu g. Tapi dia pakai basa basi dulu sampe akhirnya dia bilang " Pit lo punya mimpi ? " g jawab " ada donk! trus g sebutin dech satu2 ", g mau ngajaki lo meraih mimpi bersama.

Buntut2nya MLM, ok gpp MLM, pas g tanya AMWAY yah?! " kenapa lo bisa bilang begitu, lo dengerin penjelasan g dulu dech! "

" AMWAY ATAU BUKAN! "
Sebelum dia jawab g bakalan nanyak terus hihihi, sampe akhirnya dia bilang iya itu AMWAY, g langsung bilang g cuma suka pakai produknya ga suka jadi member jadi ga usah lanjutin ^^. HAHAHAHAHA Sebelum g BT mendingan langsung tembak aja!!!

Dah itu anaknya ga ada kabar sampe g lulus kuliah HUH!

Streaming said...

hahahaa mantep mantep ,

temen yg "C" kocak jg !!! dya mo cri untung tuhhhh

hehhee

o y ! gya basa yg nyritain jg bgus kren.......

Ajit said...

hha,. Bner jg sih.. Tapi menurut mbak sendiri definisi teman itu apa sih? Dan etika berteman yg baik itu seperti apa?

Rizkia faizzati asri said...

coba diklik aja :)

http://www.tekanini.com/mencintaimusepenuhhati1