Tuesday, October 23, 2007

Mengalah Untuk Menang

Buat para cowok, terutama yg gandrung olahraga balap Formula 1, pasti tau deh berita seru terakhir. Apalagi klo bukan gelar juara dunia F1 yg direbut oleh Kimi Raikkonen, mengalahkan Fernando Alonso dan Lewis Hamilton. Padahal selama ini Kimi kurang diperhitungkan, karena yg selalu berseteru adalah Fernando Alonso dan Lewis Hamilton.

Naiknya posisi Kimi dari "yang kurang diperhitungkan" menjadi juara, mungkin yg menjadi daya tarik tersendiri bagi para penggemar olahraga ini. Gw aja yg kagak pernah ngikutin bisa surprise, kok bisa ya? Padahal klo diliat, sebenernya selisih point di antara ke-3 nya emang gak beda jauh, sehingga posisi masing2 bisa dibilang "rawan".

Keberhasilan Kimi juga ditunjang dengan kerjasama tim Ferari yg cukup baik, terutama bantuan Felipe Massa. Hal ini justru terjadi sebaliknya pada tim McLaren, dimana Alonso dan Hamilton justru saling sikut dan akhirnya malah menempatkan Alonso pada posisi ke-2 dan Hamilton pada posisi ke-7 (CMIIW).

Berita yg benar2 seru....

Eh, tapi... tunggu dulu...

Sejak kapan lu beralih dari pemerhati gosip jadi pemerhati F1, Sus? Lagian, bukannya lu benci sama acara F1 di tipi karena itu acara uda bikin lu jadi "istri ke-2" di rumah?

Hihihihi... tenaaaang, gw masih tetep Susy yg dulu. Yang masih suka gosip, dan gak bakalan bela2in begadang demi nonton mobil2 bersliweran di sirkuit balap. Gw juga masih be te tiap ada pertandingan F1 karena artinya bakalan dicuekin suami. Dan masih tetep berharap, semogaaaa F1 ditunda jadwalnya taon depan sampe kapan kek. Mungkin sampe "batas waktu yg tidak dapat ditentukan". Klo perlu mungkin "ditiadakan" aja. Hihihihi.

Trus darimana lu tau berita tadi?

Darimana lagi klo bukan dari Mas Adi. Pagi2 baru melek mata uda heboh ngoceh klo Kimi begini, Alonso begitu, Hamilton begono. Halaaah, sopoooo iku orang2? Tukang bakso belakang rumah opooo? Hihihihi.

Tapi berhubung tiap kali ada pertandingan F1 di tipi, gw selalu dapet update dari suami, lama2 gw merhatiin juga sepak terjang orang2 yg gw sangka tukang bakso tadi. Kekekeke.

Trus klo uda keabisan topik di tabloid gosip, lama2 gw iseng baca2 dikit majalah F1. Dikiiiiit doank, terutama yg ada bagian unsur perseteruan Alonso sama Hamilton. Mungkin klo mereka kompak dan gak ada ribut2, gw juga gak tertarik baca kali. Berhubung ada unsur "sirik2-an", baru deh gw lirik beritanya. Next time klo mereka berdua terlibat skandal cinta sesama jenis, bisa jadi gw LANGGANAN majalah F1 kaleeee. Hahahahaha! Ngaco aja lu, Sus, kebanyakan baca tabloid. Kekekeke!

Perseteruan di arena balap F1 ini mengingatkan gw pada kompetisi memperebutkan suatu project dengan competitor lain. Persis banget deh analoginya.

Jadi ceritanya, dulu pernah ada bidding project Core Banking di salah satu Bank X, dimana team kantor gw diundang dan akhirnya masuk ke dalam 3 besar. Seiring dengan berjalannya waktu, melalui proses presentasi, proposal, POC, akhirnya team kami berada di posisi puncak, dilihat dari sisi teknikal.

Tapi yg namanya kemenangan, bukan cuma diliat dari segi teknis, segi harga juga sangat menentukan. Dan kebetulan harga product kami agak tinggi, yg membuat nilai total skor jadi beda2 tipis sama 2 kompetitor lain. Walaupun masih berada di posisi pertama, tapi uda gak aman lagi. Anytime bisa aja turun klo kompetitor mau banting harga.

Nah, yg paling sengit ini kompetitor 2. Selain mau turun harga gila2an, mereka juga main unsur "politis". Gak mo kalah kuat2an, kantor gw juga ikut sengit bersaing. Pokoknya, tiada hari tanpa ribut2. Klo kompetitor 2 ini melakukan suatu tindakan, kami balas dg tindakan lain. Gitu juga sebaliknya.

Tapi tau gak apa yg akhirnya terjadi?

Melihat "gajah" dan "harimau" berantem, client-nya sendiri akhirnya malah memilih.... "semut", alias kompetitor 3 sebagai pemenang. Gigit jari lah semuanya yg pada ribut2. Soalnya selama ini si kompetitor 3 sama sekali gak diperhitungkan oleh kami. Sehingga gak sadar bahwa diam2, ternyata mereka juga melakukan aksi "bawah tanah", dan akhirnya malah menang mutlak. Apes ya?!

Jadi ternyata dunia bisnis kadang sama seperti dunia balap. Yang keliatannya kalah, malah akhirnya jadi pemenang. Hehehe.

Klo dipikir2, urusan kalah-mengalah untuk tujuan menang ini sebenernya bisa dipraktekkan dalam hubungan dg pasangan. Tentu untuk tujuan yg positif ya.

Masih inget donk klo kita lagi adu pendapat, selisih paham, atau berargumen dg pasangan sendiri? Kadang diskusi yg tujuannya untuk mencari solusi terbaik malah ujung2nya membawa emosi dan akhirnya mengedepankan ego agar kita menang. Sehingga bukan lagi mencari tau APA, melainkan SIAPA yang BENAR.

Padahal setelah kita ditentukan sebagai pemenang, atau yg paling benar, di saat yg sama mungkin kita telah membuat pasangan kita sakit hati atau kurang berkenan, karena kebenaran itu bukan lagi penilaian obyektif, melainkan subyektif.

Dan klo uda membuat orang lain terluka, apa kita masih merasa menang? Rasanya gak deh. Apa enaknya sih kita senyum2 penuh kemenangan tapi di samping ngeliat pasangan cemberut seharian?

Coba klo kita mau sedikiiiiit aja nurunin kadar ego dan menerima argumennya yg mungkin ada benarnya, alias dg kata lain MAU MENGALAH, mungkin akhirnya kedua belah pihak akan merasa dimenangkan. Dan kita malah jadi ikut senang karena pasangan juga senang :)

Jadi, bisa disimpulkan kadang mengalah bukan berarti kita kalah atau lemah. Justru dg mengalah kita bisa menang. Bahkan bukan menang bagi diri sendiri, tapi juga bagi orang lain. Tapi sekali lagi, mengalah ini untuk tujuan positif loh ya. Jangan ditelen mentah2, akhirnya malah ngerugiin diri sendiri. Hehehe.

Btw, klo Kimi "mengalah" di arena balap, gimana dg kita di jalan raya? Apa harus mengalah?Termasuk di antaranya mengalah sama bus, angkot, motor atau mobil2 yg seenaknya?

IH klo itu maaaaaah... OGAAAAAAHHH!!! Khusus yg satu itu, mottonya kudu diganti jadi... NYEROBOT UNTUK MENANG!

Hahahaha!

12 comments:

Unknown said...

yo oloh sus, kenapa lu jadi pemerhati F1? udah dicuci otak sm mas adi ya?

btw, itu Kimi masih sodaraan sama gue lagi. Nama aza cm beda satu huruf. hahaha

LitZ said...

ini kyknya senasib ama cc gua nih, ikut2an ipar g yang juga suka nonton F1, bisa teriak2 sendiri klo lagi depan tivi. padahal apa serunya ya? g bingung tiep liat F1 cuma liat itu moncong mobilnya, ama suara ngenggg ngenggggg ngengggggggg, ama ganti ban... :D

Unknown said...

wakaka, susi.. dari F1 nyambung ke project, nyambung ke pasangan.. hihihi.. gut analogi..

Anonymous said...

Gua setuju ama lu sus! Mengalah itu bukan berarti lemah. Tapi emang ada kalanya kita perlu mengalah.. untuk menang! :)

Dan setuju banget dalam hal di jalan raya... nyerobot itu harus.. hahahhaa

Pitshu said...

pitshu taunya Yamaha F1ZR hahaha :)

Me said...

jadi ingat motoGP musim kemarin, si Dani Pedrosa & Nicky Hayden juga sempet berantem, padahal sesama Honda Repsol. Untung pas pertandingan terakhir uda ga berantem :D

.:acen147:. said...

@limmy: sodaraan sama Kimi? iya deh, iyaa... percayaaa. hahahahaha!

@elita: gw masih tetep gak demen nonton kok, lit. cuma dapet laporan aja dari suami. heran juga apaaa serunya nonton gituan.

@sakura: padahal mah sengaja disambung2in biar keliatannya nyambung gitu... huehehehe.

@arman: hahahaha, dalam beberapa hal emang kita masih tetep harus ngotot biar menang, ya man ;)

@pitshu: ini merk motor pan ya?

@cimot: aduh cimot ini emang selain penggemar bola juga fans MotoGP. lu jangan2 dulunya reinkarnasi laki2, mot. hahahaha. kidding ya!

Unknown said...

F1, bola, pools, rugby, basket, badminton, tenis, etc
bebek sampe kenal personilna
bis tiap ari nemenin yayang nongtong siy,.... (gak mo rugi langganan sport channel)
sampe kalo nyetir sering belaga lagi ikut F1 :P

.:acen147:. said...

@bebek: iiih, bebek nih kompak banget sama yayangnya. istri super setia ya ceritanya. hehehe. tapi aslinya lu emang beneran suka pan sama acara sport?

SinceYen said...

Mengalah? Tergantung situasi. Kalo di jalan raya?? Wah yg waras ngalah dah.

Anonymous said...

tp kadang kadang.. mengalah malah tambah salah T__T

.:acen147:. said...

@since: bener sih, since... kadang klo uda kelewatan, daripada tarik urat bikin stress, mending ngalah aja ya. anggep aja lawan kita itu pada gila semua, cuma kita yg waras. hahahaa!

@anung: emang, nung. makanya gak bisa dipraktekin dalam segala hal. liat2 situasi juga :)