Monday, October 22, 2007

Ngapain Aja Selama Liburan?

Duuuh, uda masuk kantor lagi ya? Padahal baru aja libur panjang, tapi rasanya belom puas ya? Masih pengen lanjut bersantai2 di rumah. Atau bahkan jalan2 ke luar kota.

Kalian semua pada ngapain aja nih selama liburan kemaren?

Klo gw, lumayan seru lah. Karena ada beberapa aktivitas dadakan yg tadinya gak masuk agenda, eeeh tiba2 dilaksanakan juga.

Oke, sekarang giliran gw bagi2 pengalaman selama liburan nih. Semoga bisa nambah2 inspirasi – inspirasi dari Hongkong? Huehehehehe...

Beberapa aktivitas yg berkesan yg layak gw sharing di sini adalah:

1. Lebaran

Seperti tradisi Lebaran tahun2 sebelumnya, pada hari pertama pasti diisi dengan acara sholat Ied, saling bermaafan, makan ketupat, trus dilanjut ke rumah Oma untuk silahturahmi dengan anggota keluarga yg lain.

Khusus untuk moment bermaafan, ada yg spesial nih, soalnya kali ini gw uda punya suami, jadi kudu cium tangan juga sama hubby, selain sama nyak-babe. Huehehehehe.

Abis itu makan2 ketupat deh. Kali ini semua masakannya gw yg buat. Rada dag-dig-dug nunggu komentar yg pada makan. Tapi trus lega setelah semua berkomentar positif. Katanya enak banget, terutama Opor Ayam-nya. Cihuuuuyyyyy!!!

Setelah itu trus ke rumah Oma dari pihak nyak. Semua anggota keluarga pada ngumpul di situ. Berhubung nyak anak paling tua, gw jadi cucu paling gede. Sepupu2 gw pada kecil2, bahkan ada yg baru lahir. Saking jauh bedanya, mereka pada rancu manggil gw "tante", padahal pan harusnya "mbak" secara mereka itu sepupu, bukan ponakan. Dasar nasib paling tua sendiri. Sigh!

Acara ngumpul2 ini juga dimanfaatkan untuk bagi2 angpau. Buat gw sendiri, dari sejak uda bisa kerja, gw berinisiatif untuk ngebagiin angpau. Jadi uda gak dapet angpau lagi.

Selain ngasih angpau ke sepupu yg bejibun itu, gw juga bagi2 ke Oma, pembantu, dan gak ketinggalan... nyak babe juga dapet. Hahahaha. Yaah, nilainya gak seberapa sih. Buat mereka mungkin juga gak berarti duit segitu doank. Tapi karena yg ngasih anak sendiri, biar berapa pun uda bikin mereka seneng banget. Hihihihi.

Klo diitung2, duit THR gw bener2 cuma numpang lewat karena abis utk belanja keperluan Lebaran dan terutama utk bagi2 angpau. Tapi gw seneng kok. Itung2 bagi2 rejeki. Dan ngeliat ekspresi muka girang mereka uda merupakan kebahagiaan tersendiri bagi gw.

Semoga tiap tahun gw akan selalu bisa bagi2 angpau ke mereka. Karena tandanya gw masih diberi rejeki yg berkecukupan. Amieeen...

2. Keliling Jakarta

Sebenernya dibilang keliling Jakarta gak juga siy. Cuma karena perjalanan yg ditempuh ibaratnya dari ujung ke ujung, maka anggep aja keliling2 dah. Hehehe.

Jadi hari ke-3 itu gw maen ke tempat Limmy-Adi di Cilincing, Jakarta Utara. Uda pada tau donk, pan gw uda cerita di postingan sebelumnya.

Perjalanan lancar banget, berangkat jam 8 pagi, 45 menit kemudian uda sampe Cilincing. Yang berkesan klo maen ke daerah Jak-Ut tuh emang selalu 1 hal deh, yaitu PANAS. Atau emang lagi musim kemarau ya, makanya gerah banget. Tapi gpp deh biar berpanas2, yg penting uda kesampean janji dan keinginan hati utk nengokin Dhika yg lutu n imut itu. Kapan ya bisa ke sana lagi? Ah seharusnya gentian nih, Dhika yg maen ke Depok. Jangan lupa bujuk mama-papa maen ke rumah tante ya, Dhika. Hehehehe.

Abis dari tempat Limmy, gw n hubby mampir ke pusat kota. Tepatnya daerah Thamrin. Rencana pengen nonton. Tau gak nonton apa? Kuntilanak 2. Hihihihi. Yah abis kagak ada pilem bagus lagi. Adanya pilem endonesah. Get Married, Pocong 3 – gw baru tau Pocong uda sampe seri 3, huehehe, dan Kuntilanak 2.

Yah, uda tanggung sampe bioskop, masa gak jadi nonton? Akhirnya diputuskan nonton Kuntilanak 2. Apalagi pan sebelumnya uda pernah nonton Kuntilanak n lumayaaaaan lah setannya nyeremin n ceritanya masuk di akal. Jadi sapa tau sequelnya bagus juga.

Tapi ternyata oh ternyataaaa…. Gw NYESEL nonton tuh pilem. Ampuuun deh… Pertama nih yaaa, aktingnya pada kaku semua. Mungkin pemeran utamanya lumayan deh, klo gak bisa dibilang standard. Tapi pemeran pendukungnya amburadul semua. Serasa baca teks di depan kamera.

Truuuus, ceritanya kagak masuk di akal deh. Gak berkaitan satu sama lain. Klo ada pembunuhan, motivasinya kurang kuat, terkesan dipaksakan hanya untuk sekedar menambah suasana horor.

Uda gitu, masa di tengah adegan menegangkan sempet2nya ada adegan semi romantis dan lama pulak! Klo gw jadi penjahatnya mah, cukup waktu tuh buat ngebantai. Atau malah ngorok dulu kaleee... Huehehehe.

Belom abis nih celaan gw... celaan berikut adalah, setannya terlalu sering muncul. Saking seringnya sampe gw kagak takut lagi. Baru kali ini gw nonton pilem horror kagak pake tutup tangan. Malah ketawa2 dan nyaris KETIDURAN. Ampun deh.

Jadi intinya... kecewa... kecewa... kecewa... para sineas endonesah masih harus banyak belajar dari pilem2 luar nih. Gw belom ngomongin visual efek, dsb yg canggih2. Gw rasa yg paling dasar aja masih minus dan cukup bikin gw ogah nonton pilem endonesah lagi. Beneran!

Abis nonton trus ke daerah Tirtayasa, Blok M. Mau ktemu kakak Mas Adi, Mbak Dina, yg kebetulan ada di Jakarta. Kebetulan Mbak Dina sekeluarga ngerayain Lebaran juga, jadi sekalian silahturahmi deh.

Di sana ngobrol ngalor-ngidul gak berasa sampe jam 7 malem. Badan rasanya uda beliket. Kami pamit pulang dan berakhir lah kegiatan keliling2 di hari itu.

3. Subang, I’m Coming

Maen ke Subang?

Hmmm... Pengen siiih...

"Liburan kemana aja? Main dong ke Kalijati. Baru pindah rumah dinas yg lebih luas, jadi klo nginep gak sempit2an lagi."

Kira2 gitu deh "bujuk rayu" Mbak Lina lewat SMS beberapa hari dari sejak sebelum Lebaran. Membuat gw jadi berpikir amat keras untuk berkata "gak bisa". Emang tuh Mbak Lina paling pinteeeeeer deh klo ngerayu2 dateng. Apalagi klo uda bawa2 kalimat: si gendut Tarin selalu nanya kapan sih Tante dan Om maen ke Subang?

Arrghhh!! Langsung runtuh deh iman gw. Hihihihi.

Emang bujukan yg paling gampang buat gw untuk selalu mampir adalah anak kecil. Gw paling gak tahan kangen sama kelucuan2 mereka. Sejauh apa pun pasti akan membuat gw ingin selalu dateng. Uda terbukti kan sama Dhika? Biar kata harus ke Cilincing juga gw jabanin. Huehehehe.

Kali ini godaannya Tarin n Indri. Apalagi Mas Adi tuh, selaluuuuuu deh bilang: kangen ya sama Tarin. Gendut. Bawel. Lucu. Trus Indri, ngomongnya belum lancar tapi gak bisa diem lari sana-sini. Gemes deh.

Huaaa... Makin goyah dirikuuuwww. Aku mau dataaang!!! Hahahaha!

Tapiii... liat donk yg 1 ini...



Tadaaa... setrikaaaaaan menggunuuuuuung. Uda 3 minggu gw kagak nyetrika. Ngeliat tumpukan setinggi itu bikin pikiran kusut sekusut baju2 itu. Hahahahaha! Akhirnya gw bilang sama Mas Adi gak mau deh ke Subang klo belum nyetrika. Nti pulang dari Subang uda capek eh masih harus nyetrika? OGAH!

Dengan tampang memelas, Mas Adi bilang ya udaaa... nti dia yg setrika. Hmmm... let’s see, apakah dia beneran mo nyetrika?

Eh bener loh, itu baju2 dijembreng di ruang keluarga. Trus dia mulai ngelipet2. Hihihihi.

Tapi pas gw liat lipetannya, halaah... mencong sana-sini, emang dasarnya kagak bisa nyetrika dia. Huehehehehe. Trus gw pikir2, kesian juga laki gw uda nyapu, ngepel, nyuci, beberes, masa harus nyetrika juga. Kekekeke. Ya sutra deh, pelan2 gw ambil setrikaan. Gw gosok satu per satu... Akhirnya... abis juga deh. Horeeee!!!

Setelah semua setrikaan kelar, ayo deh ke Subang. Tapiii... masih ada 1 hal lagi nih. Inget2 nasehat dokter dan semua orang klo gw gak boleh kecapekan klo mo ..... – tau kan? Nah, gw jadi ragu2 lagi mo berangkat.

Tapi gw kan cuma duduk manis doang sepanjang perjalanan. Dan karena uda lewat arus mudik, jalanan pasti sepi. Malah jalan2 ke luar kota bisa sekalian refreshing, pikiran segar. Hmmm... boleh juga lah...

Akhirnya... diputuskan... utk pergi ke Subang. Horeee!!! Perginya ajak Mbak Dina juga. Jadi tambah rame deh. Dan seperti dugaan sebelumnya, karena sepi, hanya perlu waktu 2 jam dari Depok menuju Subang. Pulangnya juga sama. Jadi kesimpulannya balik dari Subang dg hati senang, pikiran fresh, tanpa merasa capek ;)

Ini dia foto-foto selama di Subang


Baru dateng uda langsung disambut dg larian2 Tarin dan Indri: Tante Cuci, Tante Cuciiiii... Ah lucunya mereka!


Waktu Tarin n Indri ulang tahun, gw kirimkan gaun pink sebagai hadiah. Mereka ini sama2 lahir di bulan Juli dan sama2 berbintang Cancer seperti gw. Tarin 8 tahun, Indri 4 tahun, dan gw 30 tahun – duh penting ya umur gw? Kekekeke. Gaun Indri sempet salah ukuran dan diganti, padahal uda dibungkus kertas kado. Untung sempet dituker, klo gak, percuma aja deh gak bisa dipake karena kesempitan. Kekekeke. Emang tuh 2 anak pertumbuhannya cepet banget. Gak yakin taon depan masih muat. Hihihihi.


Di dalem kompleks TNI AL Kalijati ada rumah dg cat berbeda dari rumah sekelilingnya. Namanya Rumah Sejarah. Disebut bersejarah karena di rumah ini terjadi peristiwa Perjanjian Kalijati, yaitu penyerahan Belanda terhadap Jepang. Peristiwa ini gak banyak didengar, bahkan di buku sejarah mungkin juga ditiadakan. Hal tsb terjadi karena dinilai cukup memalukan pihak Belanda yg dg mudah dapat ditaklukan oleh Jepang. Walaupun agak terlupakan, Rumah Sejarah masih rutin didatangi turis2 Jepang, bahkan dana pemeliharaannya pun ternyata berasal dari Jepang.


Tarin ternyata suka nari. Dia punya kelompok nari di sekolah dan mereka menciptakan tarian sendiri untuk acara2 di sekolah. Lagunya? Apalagi klo bukan Tak Ada Logika-nya Agnes Monica. Huehehehe. Gw sendiri suka nari dan waktu kecil dulu sama centilnya kaya’ Tarin. Hihihihi. Serasa nostalgia jaman dulu, maka gw gak mo kalah, ikutan nari juga. Hahahaha! Ayo tanteeee, ikutin nih gerakan tangannya! Hahahahaha!


Dasar uda turunan, yg centil dan lincah bukan cuma Tarin. Kali ini juga mulai mewabah pada Indri. Percaya gak, anak umur 4 taon yg ngomong aja masih gak jelas, uda pinter goyang pinggul, loncat2, dan action a la Michael Jackson. Hahahaha! Cukup puter lagu Dewa-Dewi, yg apa tuh judulnya, klo gak salah Dokter Cinta, maka beraksilah dia. Bener2 lincah dan jadi hiburan tersendiri buat yg nonton. Setelah heboh nari2, dia kehausan, gak tanggung2 langsung nenggak minum aer 1 gelas penuh. Hahahaha. Lucu banget deh!


Mereka juga hobby bersepeda. Indri baru aja bisa naek sepeda. Mungkin karena dasarnya lincah, cukup sekali diajarin selama 15 menit, langsung lancar ikutin kakaknya muter2 di depan rumah. Tante Cuci, ayo dooonk naek sepeda?! Errr... errr... sepedanya tinggi ya? Boleh gak pinjem punya Indri? Hahahaha... (gak tau ya Tante dulu bego banget naek sepedanya, huahahahaha!)


Malemnya poto2 dulu donk. Sebelah kiri: Bude Dina, Tarin, Indri, Tante Cuci. Sebelah kanan: Tarin, Papa, Om Dedy, Indri.


Manja2 dulu sama Mama. Mbak Lina nih sukses deh "mencetak" anak yg lutu2. Hihihihi.


Uda mo pulang niiih. Sebelumnya poto dulu yaa. Duuuh, Tante Cuci kok pipina bulet sekaleeeeeeee. Wakakakaka!


Dua ponakan gw yg lucu2. Yang satu doyan makan, sarapan aja menghabiskan 1 porsi bubur ayam, ½ nasi kuning bareng Om, ½ nasi kuning punya tante, dan ½ nasi kuning sisa adek plus pesen dari mama: nanti makan siangnya SIAAAANG SEKALI yaaa!!! Hahahaha! Yang satu lagi belum lancar ngomong tapi super lincah, gesit, badannya gempal dan lagi doyan2nya nari dan bergaya di depan kamera. Hihihihi. Duh, klo ngeliat poto ini, langsung kangen lagi. Pengen deh cepet2 liburan dan ktemu mereka. Kapan yaaa?


4. Kedatengan Tamu

"Rumor" temen kost pada mo nginep uda gw ketahui sejak sebelum Lebaran. Ria n Erisa katanya pengen maen ke Bandung trus nginep di rumah gw. Atau sebaliknya, nginep di rumah gw dulu baru maen ke Bandung.

Apa pun itu, gw mah, seneng banget klo ada yg mo maen ke rumah gw. Apalagi selama ini yg suka maen ke rumah kebanyakan temennya Mas Adi. Temen gw jarang. So, klo ada temen yg mo maen pasti gw service abis2an deh. Service pake apa? Apalagi klo bukan pake makanan? Hahaha!

Tapi rencana mereka sempet gagal karena Erisa berubah pikiran mulu. Akhirnya Ria bener2 gak jadi dateng karena keburu ngambek sama Erisa. Hahahaha! Ya kapan2 deh dia dateng klo ngambeknya uda ilang. Hihihihi.

Klo Erisa sih tetep dateng. Cuma jadwalnya aja berubah. Dia baru Sabtu kemaren dateng dan hari Minggu ini pulang lagi ke kost.

Ngapain aja di rumah gw?

Pertama tentu makan donk. Uda gw siapin makanan Sop Sosis, Bandeng Isi, Tahu Isi, Ayam Goreng, Risoles, Lumpia.

Gubraks… Banyak banget tuh makanan? Wakakaka! Yah, soalnya selama liburan ini aktivitas yg berkesan lainnya adalah MASAK. Banyak banget resep yg gw jajal, tak terkecuali Risoles Jeung Nat, yg awalnya berukuran JUMBO tapi untunglah lama-kelamaan menciut jadi NORMAL. Kekekekekeke.

Soal masak ini gw bahas di posting lain aja ya, soalnya bakalan panjang juga. Hahaha!

Nah, biar gak bosen, gw juga melibatkan Erisa dalam urusan masak-memasak. Di antaranya bikin kue Cente Manis dan Bakso.

Pokoke seru deh. Dan komentar Erisa selama nginep di rumah gw adalah: perasaan gw kok makan mulu sih di sini? Wakakaka!

Klo gak ada halangan, Erisa mau tuh nginep lagi pas acara malem taun baruan. Kali ini mo ajak cowoknya juga.

Lucu kali ya bbq di halaman belakang rumah gw sambil maen kembang api dan nyanyi2. Apalagi cowoknya doyan masak seperti gw. Kebayang bakalan tumplek-blek tuh makanan di rumah gw. Hahaha!

Yah... klo pun bukan malem taun baru, ditunggu deh kapan pun mo nginep lagi di rumah gw. The door is always open, kok ;)

O iya, setiap gw ktemu sodara2 atau temen lama, semua pada nanya 1 hal: LU NAEK BERAPA KG?! Wakakakakaka! Emang nih signifikan banget buletnya gw. Dan ujung2nya pasti deh pada nyangka gw lagi hamil. Klo gw bilang gak, eh pada nanya lagi: kapan hamil, emang sengaja diprogram biar gak hamil? Capek deh… lama2 gw kasih tau aja alamat blog gw kali ya, biar pada baca sendiri isu2 seputar kehamilan pada diri gw. Kekekeke. Tapi ya sutra lah, gw gak ambil pusing sama komentar2 mereka. Yang penting gw sendiri hepi, kok. Tul gak? ;)

Intinya liburan kali ini rasanya seneng dan berkesan banget. Kurang deh klo cuma seminggu mah. Pengen nambah. Hahaha!

Tunggu sampe liburan Natal nanti. Rencananya mo ambil cuti sejak 20 Desember. Trus ke Jogja iring2an sama rombongan Mbak Lina. Nyak-babe juga mo ikut. Nanti mampir Solo juga sambil wisata kuliner. Duh duuuh, pasti SERU banget!!! Jadi gak sabar pengen cepet2 liburan berikutnya. Jogja-Solo, I’m Comiiiing... ;)

8 comments:

Anonymous said...

Waa..senangna liburan (selaen tumpukan setrikaan yak wekekek)

Lapor bu guru, PR sudah dibuat dengan lengkap huahuahua.... (gilee telat amir yak.... ) tapi daku kan anak yang rajin, liburan buat PR looo :p

Hahaha ketemu kerabat n famili selalu ga jauh2 dari pertanyaan standard :D

Pengen libur lagiiiiiiiiiiii.... wekekke

Anonymous said...

waaaaa... gile sibuk banget liburannya.. cape banget pastinya ya sus??

Pitshu said...

wah klo suka nanri harusnya bawa pitshu, nanti di ajarin seksi dance hahaha ^^

oleh2 mana bu ?

Anonymous said...

seru amat sus liburannyaaa...:D

eh itu risol mah emang kayanya semua yang pertama kali bikin jadinya risol jumbo deh, soalnya gue juga gitu lhoo, sampe segede ulekan kali tuh...kekekek...

duh seandainya rumah lu selemparan kolor dr tempat gue, kmaren lebaran gue kesana deh sus makan2 gretonggg...

Anonymous said...

senangnya liburan ya sus. kompak2 semua... hahaha...

mo dong sekali2 main ke rumah elu. dapet suguhan juga pan?

L'a Sugar said...

haha liat tumpukan setrikaan elo ternyata ada yg lbh byk dr biasanya gue :p

rmh nyak gw di indo deket sama rmh loe ni sus, tp seumur2 gue ga pernah maen ke depok..haha, kasian amat yak, ntar gue mampir ahhh...makanan nya bole request tak? hihihi..

23 said...

laporannya sangat lengkap :D
lucu2 semua sus...

.:acen147:. said...

@tata: iya, gw uda liat PR lu. biarpun telat, tapi gw nyatakan LULUS deh. kekekeke.

@arman: gak terlalu capek kok, man. soalnya pas hari Minggu, gw bener2 istirahat di rumah. jadi Senin uda fresh ;)

@pitshu: o mai gat, maksutnya striptis gitu, pit? hihihi

@nat: oalaaa, gw pikir gw doank yg salah ukuran risol saking nepsongnya. beneran tuh, segede ulegan, sampe yg mo makan pada takut. hahahaha.

ayo donk nat, bawa glin ke rumah gw. apalagi pas ditinggal suami tuh, sekalian cuci mata. halah, cuci mata kok di Depok. hahaha.

@dessy: wah boleh donk ke rumah gw. pasti gw suguhin macem2 deh. apalagi klo datengnya dari jauh - serasa depok tuh pindah negara yak, hahahaha!

@angel: o ya? nyak orang depok ya? ayo donk mampir ke depok. depok itu uda KOTA lho. banyak mall-nya. hihihi.

@si om: emang, om... saya ini selain cantik dan baik hati, juga lucuuuuu.... hihihihi....