Tuesday, January 15, 2008

Gorengan di Waroeng Iboe Soesy

Minggu sore kemaren, iseng2 gw buat cemilan gorengan berupa: bakwan, tahu isi, tempe mendoan.

Dimakan pake cabe rawit, anget2... enaaaakkkk...

Baru 5 menit diangkat dari penggorengan, langsung ludesssss...

Cara buatnya gampang, bahannya sama, murah meriah. Mo tau? Ini dia resepnya...


Gorengan Waroeng Iboe Soesy: Tahu Isi, Tempe Mendoan, Bakwan


Tahu Isi

Bahan:
1. Tahu (bisa tahu goreng, tahu Bandung, tahu putih) 10 direndam dalam air dg 2 sdt garam selama 30 menit

Bahan isi:
1. Tauge
2. Wortel, potong dadu kecil2
3. Daun bawang, iris2 tipis
4. Tepung terigu 3 sdm
5. Tepung beras 1 sdm
6. Air 1/2 gelas belimbing

Bahan kulit:
1. Tepung terigu 9 sdm
2. Tepung beras 3 sdm
3. Air 1 gelas belimbing

Bumbu:
1. Bawang putih 5
2. Ketumbar 2 sdt
3. Garam secukupnya

Cara membuat:
1. Uleg bumbu, bagi 2 untuk isi dan kulit
2. Campurkan bahan isi dan bumbu (1/2 bagian)
3. Campurkan bahan kulit dan bumbu (1/2 bagian)
4. Masukkan bahan isi ke dalam tahu, lalu rendam dalam bahan kulit
5. Goreng dalam minyak panas

Tempe Mendoan

Bahan:
1. Tempe, potong tipis2, rendam dalam air dan garam 2 sdt selama 30 menit

Bahan kulit:
1. Tepung terigu 9 sdm
2. Tepung beras 3 sdm
3. Air 1 gelas belimbing
4. Daun bawang, iris tipis2

Bumbu:
1. Bawang putih 5
2. Ketumbar 2 sdt
3. Garam secukupnya

Cara membuat:
1. Uleg bumbu
2. Campurkan bahan kulit dan bumbu (1/2 bagian)
3. Rendam tempe dalam bahan kulit
5. Goreng dalam minyak panas

Bakwan

Bahan isi:
1. Tauge
2. Wortel, potong dadu kecil2
3. Daun bawang, iris2 tipis
4. Tepung terigu 9 sdm
5. Tepung beras 3 sdm
6. Air 1/2 gelas belimbing (kalau terlalu kental, tambah sedikit2)

Bumbu:
1. Bawang putih 5
2. Ketumbar 2 sdt
3. Garam secukupnya

Cara membuat:
1. Uleg bumbu
2. Campurkan bahan dan bumbu
3. Goreng dalam minyak panas

Duuuh, sayang bahan2 sayurannya uda abis. Klo gak, gw pengeen deh buat lagi nanti sore. Apalagi bumbunya sengaja gw buat banyakan utk persediaan. Hehehe.

O iya, dapur gw punya anggota baru loooh. Yang tadinya piring2 setelah dicuci ditaro di rak mungil di pojokan, sekarang rak itu uda berubah bentuk jadiiiiiiii... lemari rak piring tertutup... Horeeeee... dapur gw jadi keliatan lebih rapih ;)


Rak Piring: Before and After

18 comments:

Anonymous said...

pengen bakwan gorengnyaaaa..tar mo bikin ahhhh *ngeces..ngecesss*

rapih beneran keliatannya..eh maap ya jeng gw cm ngomong nih no hard feelings ya ;) Emang kl di liat dr sudut kesehatan, mendingan segala perabotan sampe panci2 masupin aja ke lemari yg pasti sih di lap dulu sampe kering, jd jgn di tinggal seharian di luar. Dulu wkt di Indo jg gitu sih langsung masupin ke lemari soale takut2 ada kecoa nemplok (emang kl rumah gak ada kecoanya ya mending, kl iya...hhiiiyyyy..merinding dah gw).

Jd selain makin cantik dan keliatan rapih jg jaga2 biar gak ada binatang2 yg bawa penyakit nemplokin tu perabotan ;)

Peace ya jengggg..jgn tersungging yaaaa.. :)

.:acen147:. said...

@yulia:

marah ah...

*****

ahahahahahahaahahaha... masa gara2 kecoa aje marah siiy? ade2 aje...

gw abis cuci piring biasanya siy emang dilap dulu baru masuk lemari.

kemaren rak yg kecil itu sbnrnya fungsinya cuma buat tempat "transit" sementara... abis cuci, taro di situ bentar, trus lap-lap, trus simpen lemari. eh lama2 lemari gw kagak muat nampung, jadinya itu perkakas gak pindah2 tempat. kekekekek...

gw sendiri uda gerah jg krn jadi cepet kotor. blum lagi soal kecoak yg lu bilang. makanya gw beli lemari :)

Pitshu said...

duh ... jadi makin punya rumah hiks hiks hiks

.:acen147:. said...

@pitshu: pit... perasaan gw pejeng gambar gorengan... kok lu malah pengen rumah? hihihihi...

Unknown said...

sus, mengapa resep ini lu keluarkan pas tahu tempe lagi langka di pasar?

jaman udah edan nih. tahu tempe udah mahal kayak daging aza.

Anonymous said...

lapor.. lapor... di sini masih ada yang nyetok tahu tempe!!!

hahahaha...

duh jeng... elu ga sopan banget sih... gue buka nih postingan jam 5 nih... kriuk kriuk dah perut gue. duuuuuhhhhhh... :)) :)) :))

eh, gue suka heran kalo ada resep tulisannya secukupnya. secukupnya itu seberapa? hihihi...

.:acen147:. said...

@limmy: waktu gw masak itu, masih normal kok harganya.

iya, gile juga ya... mo makan apa kiteeee... mana laki gw fans berat tahu-tempe!

.:acen147:. said...

@dessy: iya, gw juga kelaperan gara2 postingan gw sendiri, des. wekekekek.

kaya'nya uda pernah gw jawab deh pertanyaan "secukupnya" lu di blog nat :)

gini, des... sebagai pemula, sebelum lu masukin garem, lu icip2 dulu... uda ada rasa blom. krn kecap manis, kecap asin, saos tirem, tauco, dsb bisa kasih kontribusi rasa asin.

setelah lu rasain, klo kurang, lu tambah sedikit (1/2 sdt). trus rasain lagi.

kurang? tambahin lagi.

gitu terus sampe pas :)

emang diperlukan feeling. dan apalagi bahan mentah biasanya kurang berasa asin daripada setelah diolah. tapi lama2 lu tau sendiri kok :)

Anonymous said...

*comot*

mau donggg =P~

.:acen147:. said...

@anung: 1 gopek, mas... huehehehe

L'a Sugar said...

wahh masupin ke menu jamuan gw ntar ya sus...kekeke.. i miss gorengan, apalagi yg jual abang2 :p

.:acen147:. said...

gampang, ngeeel. tapi kesian nih. tukang gorengan lagi susah gara2 harga tahu mulai mahal.

Anonymous said...

huaaaa gorengannn kangennn T_T ihh catet yg mendoan ahhhhh keliatan yummy bgt hiks.. kangen tempe mendoan di jawa nih huahauhauuaha

Nn said...

Bu Sus, tolong ya bungkusin bakwan, tahu dan tempenya semua masing-masing 5 yaa... cabe rawitnya yg banyak yaa...dianter ke ABDA yak... hihihihi

.:acen147:. said...

@lim: di batam kagak ada yg jualan gorengan, ya? hehehe.

@vin: sip... total 25rb, tolong transfer ya. kekekekekekek.

Anonymous said...

ada sih yg jual gorengan.. tp haeshh gorengannya kek ga ada semangat gto *loh* :p yaa gto lah ga enak gto.. pas dpt yg enak haeshh perbiji 1.500 T__T tp gorengannya gede sih.. wahh skg tempe tahu nae.. tuh gorengan bisa2 jd 2000 T______________T

wkt itu pernah kelamaan ga makan gorengan, sekali makan kalap gto :p akhirnye sakit booo selama 3 bulan -___________-; *kok gue jd curhat masalah gorengan* =))

.:acen147:. said...

ahahahaha, iya... kok jadi curhat soal gorengan? hihihi.

sekarang gorengan 2000 dapet 3. gila ya?

Catatan Harian Irfan said...

Ngiler liatnya pengen makan -_-