Wednesday, January 16, 2008

Majalah

Kali ini mo ngomongin majalah, aaaah...

Waktu gw masih SD, majalah yg paling gw nanti2 adalah... Donal Bebek. Sebenernya itu bukan majalah, kali ya? Lebih tepat dibilang komik tapi besarnya seukuran majalah :)

Sementara banyak anak2 lain dibeliin Bobo, gw tetep fans setia Donal Bebek. Seinget gw, tiap Selasa malem adalah hal yg gw nanti2, karena pada hari itu nyak bakalan pulang dari kantor membawa majalah Donal Bebek ke rumah ;)

Klo uda asyik baca Donal, gw jadi lupa sama tugas2 sekolah, meskipun besoknya mo ulangan! Beberapa kali diomelin nyak, tapi gw cuek aje, abis penantian selama seminggu begitu panjaaaang... gw begitu rindu sama si Donal and the gank ini. Daripada capek ati tarik urat sama anaknya, akhirnya nyak umpetin tu majalah sampe gw kelar ngerjain tugas dan belajar. Atau kadang2 boong, bilang gak beli karena uda keabisan. Hihihihi.

Beranjak remaja, yaitu memasuki SMP, gw mulai bosen baca Donal yg isinya itu2 aja. Ngeliat trend temen2, banyak dari mereka yg beli majalah remaja seperti Gadis, Aneka, Hai. Setelah ngeliat2 isinya... gw jatuh hati sama Hai. Padahal uda jelas2 ditulis: Hai Majalah Remaja Pria. Tapi kok gw tetep aja lebih suka Hai yaaaa? Menurut gw isinya lebih informatif, terutama dalam hal musik. Klo Gadis terlalu girly, isinya terlalu model2 baju, aksesoris, belum lagi suka ada pemilihan Gadis Sampul... haduh... topiknya bukan tipe gw banget daaah. Hihihihi. Klo Aneka kebanyakan cerpen2 cinta2an... halaaaaah.... dari dulu gw gak demen sama cerita melow2 gitu. Gw pan cewek tomboy, bawaannya serba sradak-sruduk. Wekekekekek.

Enam tahun langganan Donal Bebek dan berlanjut enam tahun kemudian langganan majalah Hai, menghasilkan tumpukan yg menggunung dari 2 majalah itu. Biar lebih rapih, gw bundel per 10 majalah, trus gw sewain ke tetangga2 terdekat. Lama2 karena gerah ngeliat tumpukan majalah, akhirnya mereka dihibahkan ke sodara2 yg menginginkan. Khusus utk Hai, gw gunting dulu bagian lirik lagu. Di bagian itu kan ada kunci gitarnya tuh. Dan dulu kan gw suka main gitar. Genjreng2 di teras depan sambil nyanyi2 sok merdu, sekalian mejeng gitu maksutnyah... yah bisa dibilang persiapan cikal-bakal jadi seleb lah... Wakakakakaka!

Uda kuliah... hmmm... kaya'nya stop langganan majalah apa pun deh. Kenapa ya? Gak tau juga. Ooooo... gw tau... gw mulai sibuk pacaran, makanya kagak perlu majalah. Mwahahahahahaha! Sekali2 sih beli, tapi gak rutin. Apalagi klo nengok majalah2 remaja yg dulu suka gw baca (terutama Hai), isinya emang ditujukan buat anak ABG SMP-SMA... berasa tua aja klo masih baca gituan. Mo baca majalah Femina atau Kartini... haduuuuh... ini majalah kok keibuan sekali ya rasanya? Hihihihihi.

Demi "mengisi kekosongan" itu, pada suatu hari, gw dipertemukan lagi dg yg namanya majalah... MISTERI. Ini majalah awalnya sebenernya yg bawa si babe. Gw baca sekali... ih isinya kok aneh yaaa... Kuntilanak, Gendoruwo, Sundel Bolong, Arwah Penasaran, kumplit pada ngumpul semua di situ. Semakin dibaca ceritanya, gw semakin tertarik dan merasa... lucu... Baru kali ini nih ada majalah nyentrik, lain daripada yg lain. Menampilkan cerita alam gaib yg ajaib. Membuka wawasan gw bahwa selama ini ternyata ada dunia "awang2", hihihihi. Walaupun gw meragukan kebenarannya, tapi gw kagum sama orang yg bisa berimajinasi sejauh itu. MWahahahahahaha!

Itu baru cerita2nya. Iklan2nya? Wakakakakakaka! Ini lebih lucu lagi. Iklan paranormal jago ilmu susuk, pelet, penglaris. Dan yg lebih mencengangkan... iklan SEX TOYS. MWakakakakakaka! Mo perpanjang p*n*s? Atau boneka dg v*g*n* empot2? Atau obat kuat tahan lama? Atau memperbesar t*k*t? Wakakakakakakakkakakakakkakaka!

Gw suka terpingkel2 tuh bacanya... bareng babe loh... kami berdua sampe geliiii banget.... ih ini majalah menakjubkan banget isinya...

Lama2 majalah MISTERI jadi bacaan selingan favorite. Beberapa kali babe beli. Dan tiap beli, pasti langsung lapor gw. Bisa dipastikan abis itu berebutan deh. Hihihihi.

Memasuki dunia kerja, gw nemuin majalah yg namanya Cosmopolitan. Waaaaaahhhh... ini diaaaaaaa... majalah gueeeeeeeeeeee! Kenapa dulu kagak ada siiiy? Hihihi, dulu sebenernya ada, tapi krn duit jajan gw seminggu aje uda = harga si Cosmo, maka gak heran klo majalah ini kagak kelirik dikit2 acan sama gw. Wekekekekek.

Isi Cosmo sangat menyenangkan. Bicara karir, oke. Bicara kepribadian dan self esteem, oke. Bicara relationship, oke. Bicara fashion, oke. Bicara sex pun... oke! Semua ada di situ, lengkap, dan yg terpenting porsinya proporsional. Jadi gak melulu soal fashion atau sex doang... ada hal lain yg dg amat menarik dikupas tuntas.

Pertama2 Cosmo dibawa ke rumah, babe ikutan baca. Wah, komentar babe negatif, katanya kok ini majalah dewasa banget... krn ada topik mengenai sex. Tapi trus gw kasih tau, jgn liat itunya aja. Liat yg lain, terutama karir dan kepribadian, bagus banget. Lagian, klo topik sex, majalah MISTERI bukannya lebih vulgar tuh dg iklan2 sex toys-nya? Wekekekek.

Untung babe mo ngerti, bahkan dia malah ikutan demen ngeliat bagian fashion. Terutama klo nampilin parfum dan jam tangan atau baju2 cowok. Waaaah, langsung dicatet sama dia, trus klo ke mall dicariin. Wakakakaka! Babe gw emang TOP dah!

Selain Cosmo, kadang2 gw demen baca tabloid, karena ternyata gw demen... gossip. Hihihihi. Tapi gw pilih tabloidnya juga yg gak melulu isi gosip. Gw suka tabloid yg ada cerita kehidupannya, misalnya Nova, Nyata. Belakangan karena beberapa kali ketinggalan Nova atau Nyata, gw juga suka beli Genie.

Khusus untuk Nova, bagian yg jadi favorite gw juga adalah Psikolog. O iya, gw lupa bilang ya... dari dulu juga klo gw beli majalah atau koran, gw suka tuh baca2 bagian tanya-jawab atau konsultasi psikologi. Gw pengen tau seandainya seseorang bermasalah terhadap sesuatu, kira2 apa solusi dari psikolog yg mengasuh kolom itu.

Nah psikolog yg ada di Nova, klo gak salah namanya Bu Rieny ya? (maap ya bu klo salah... tapi saya tetep fans ibu, loh!)... asik deh klo kasih respond. Panjaaang banget. Tapi kena sasaran walaupun bahasa halus, keibuan. Seperti dinasehati secara pelan dan bijaksana. Menyentuh hati. Gw sukaaa deh bacanya. Perasaan sih kaya' orang lain yg ada masalah, tapi gw jadi ikut belajar gimana seharusnya bersikap seandainya tertimpa masalah yg sama.

Gak heran, dalam kehidupan nyata, sebenernya gw demen mendengar masalah orang lain, berempati, syukur2 klo gw bisa kasih solusi. Klo gak ada solusi, ya gw jadi pendengar yg baik aja. Makanya banyak juga yg sering curhat sama gw, padahal tu orang kagak deket sama sekali sama gw. Wekekekekek!

Setelah merit, koleksi majalah gw bertambah lagi. Mas Adi yg penggila segala jenis mobil, gak pernah telat beli majalah F1, Autobild, Mobil Laku. Gw pernah tuh intip2 bacaan dia... blaaaah, kagak doyan. Apaan tuh, kagak ngatri sama sekali. Pernah sih gw baca F1, itu pun gara2 ada gosipnya. Hihihihi.

Awalnya ngeliat Mas Adi bolak-balik beli majalah yg keliatannya "isi sama semua cuma beda cover", gw komplen tuh. Abis boros sih. Tapi Mas Adi pinter, sebelum mulut gw ngoceh, tiap kali dia mo beli majalah, dia selalu nawarin: mo aku beliin Nova gak? atau Nyata? atau Genie? eh Cosmo uda keluar, tuh... sekalian gak?

Langsung deh gw diem.

Hihihihi.

Sogokan itu emang sedikit ampuh menyumpal mulut bawel gw. Tapi sesekali gw gatel juga utk ngomentarin isinya...

"Schaat, apa sih yg kamu baca di F1, AutoBild, dan Mobil Laku?"

"Ya mobil laaaah..."

"Dari dulu juga isinya mobiiiil aja. Terutama Mobil Laku tuh, tiap kamu beli kan isinya mobil itu2 juga yg dijual. Lagian kaya' kita mo beli mobil aja tiap minggu."

"Yeeee... mobil itu asik deh pokoknya. Sekarang aku tanya... coba... apa sih bedanya Nova, Genie, Nyata, Cosmo? Isinya jugaaaa... gosippppppppp ajaaa... bajuuuuuuuuu ajaaaaa... tapi kan kamu gak beli baju tiap minggu?"


Diem lagi deh gw. Hihihihi.

Dasar priah dan wanitah... Hihihihi....

Perbedaan bak langit dan bumi dalam hal selera majalah kami berdua, ternyata dipersatukan oleh satu majalah. Coba tebak, majalah apakah itu?!

Ya... majalah... MISTERI!

Wakakakaka! Ternyata gw n Mas Adi sesama pecinta Misteri. Klo ditanya kenapa dia suka Misteri, jawabannya gak beda2 jauh dg jawaban gw. Wakakakaka! Bisa gitu ya? Namanya uda jodoh kali?

Sekarang gw merasa ada untungnya juga punya suami yg sesama pecinta majalah Miseteri. Karena klo gak, kan abis aja gw dicela2 sama suami sendiri. Klo sama kan, justru saling mengingatkan.

"Schaat, Misteri baru uda keluar blom?"

"O iya, blom aku cek."

"Nanti jangan lupa ya!"

"Ok deh!"


Pokoke klo soal Misteri, kami mah kompak daaaah... Hihihihi... Klo di depan orang lain gw suka jaim n tau malu dg membalik cover majalah Misteri biar gak keliatan. Tapi sama suami sendiri? Malah bisa berbagi cerita paling serem di edisi terbarunya! Mwahahahahahaha!

Melihat banyaknya majalah dan tabloid (belum termasuk koran nih) yg kami lahap per bulannya, maka taon ini gw buatin post tersendiri untuk "Majalah" dalam laporan keuangan rumah tangga. Mungkin untuk lebih berhemat, kami akan memikirkan utk berlangganan. Walaupun dg demikian artinya kami harus membeli tiap edisi baru keluar.

Well, gpp deh, karena ternyata majalah merupakan salah satu hiburan penting bagi kami berdua ;)

15 comments:

Anonymous said...

wuahhhh ada majalah misteri dibawa2 hihihi... salah satu paranormal yang suka 'ngiklan' di majalah misteri itu saudara gue lho sus hihihihi...

.:acen147:. said...

hah? sapa sodara lu yg ngiklan di situ des? nti gw liat ah potonya. hihihi.

Me said...

yang posting doyan majalah misteri, yang comment doyan film misteri..

kok semuanya misteri ya..

*ga nyambung kan.. hahah*

.:acen147:. said...

@cimot: hahaha, coba biar nyambung lu ikutan baca misteri juga donk, mot :D

Pitshu said...

majalahkan bisa di jual kepasar, walaupun harganya lebih murah dari pada koran.

klo di krw, 1kg koran kurang lbeih 4,000-5,000 klo majalah setengah harga, soalnya majalahkan tebel hahaha :)

Anonymous said...

wkt adek gw balik ke Londo doi pernah bawa majalah misteri..bujug dah covernya gendruwo pake gigi bertaring, isinya apalagi serrreeemmmm..
Tp beneran gak sih cerita2nya tuh? kl beneran betapa banyaknya penghuni mahluk halus di bumi yak kekekekekkkkk..

Anonymous said...

cosmo emang paling tuobb. tapi sekarang bebek udah gak beli majalah lagee,...kecuali hadiahna menggiurkan,...misalna waktu itu bebek pernah beli majalah 'manja' (bahasa melayu), karena harga majalah $5, dapet hadiah tiker bagunnnn

Pucca said...

sus..sus..bacaannya misteri, pantesan ngarangnya cerita misteri hihi.. gua gak ada langganan majalah, yang ada kompas doank di rumah.

.:acen147:. said...

@yulia: wiiih, keren donk majalah misteri sampe masuk londo. mahluk halus di sini mah ngetop, lagiiii... sering maen pilem soalnya. hihihihi.

@bebek: manja majalah apaan tuh? lucu banget. hihihi. tapi berhadiah tiker? boleh juga!

@viol: klo koran belinya koran Sindo. tapi yg baca Mas Adi. gw kebagian di rumah. tapi seringnya uda keburu tidur. hehehehe.

Anonymous said...

wuih jeung demen misteri ya --; g kl liat tuh majalah lgs kabur ja ah :)) hahaha.. abisnya serem *penakut* T_T

.:acen147:. said...

@didia: hahahahaha, masa sih baru liat aja uda kabur? hhihihi...

Unknown said...

kalo gue dulu waktu masih belum merit langganan cosmo.
papanya dhika langganan fhm.
skrg setelah merit dan punya anak, ga langganan majalah apapun.
duitnya diirit utk bayar asuransi pendidikan dhika aza. hehe =p

.:acen147:. said...

huehehehehe... klo gw punya anak, gw juga mangkas duit majalah kali, lim. kekekeke.

SinceYen said...

Hai, aku suka. Jaman aku sma dulu Hai banyak crita soal expedisi A ato petualangan B. Tapi lama2 jadi musical banget, kutinggal pergi dah.

Anonymous said...

Wah disini semua demem ama misteri ya...ini ada info menarik tentang foto2 hantu dan jin setan.
http://uang-banyak.com/nuke/modules.php?name=News&file=article&sid=75