Thursday, April 17, 2008

Kesetrum Tarif Listrik

Kali ini gw mo ngomongin soal tarif listrik.

Karena gw n suami sama2 sibuk, untuk urusan pembayaran listrik gw minta tolong sama orang admin kompleks. Tiap bulan dia bakalan kirim sms jumlah tagihan air, listrik, telpon. Gw tinggal transfer ke rekeningnya, trus dia yg bayar deh. Nti gw tinggal terima bukti pembayarannya. Untuk service ini emang sih ada biayanya, tapi cuma 15rb doank. Dibanding gw harus ke PLN or PAM or telkom, kan repot.

Bicara soal listrik, daya listrik di rumah gw 2200kwh. Dulu, waktu rumah belom pernah ditempatin, bayar listrik standard lah. Paling cuma beberapa puluh ribu.

Setelah merit, kami berdua pindah ke rumah tercinta, bayar listrik juga masih make sense. Sekitar 150-200rb. Gak mahal, soalnya di rumah gak ada orang kecuali gw n suami. Kami berdua juga hampir seharian di luar, jadi listrik bener2 kepake cuma malem atau wiken.

Kondisi rumah pada siang hari emang selalu kosong, tapi dulu belum ada pager, dan meteran listrik ada di luar. Jadi gak ada masalah buat petugas listrik untuk mencatat meteran tiap bulannya.

Setelah ada pager, keliatannya juga gak masalah, soalnya tagihan tiap bulan masih normal. Gak ada lonjakan2 tinggi. Dan karena selama ini normal, gw gak pernah nyatet angka meteran sekedar utk cross check.

Sampai pada akhirnya dateng tagihan yg angkanya... kok tinggi ya?

Pertama, di bulan February 2008. Yang biasanya bayar listrik gak sampe 300rb, eh ini kok jadi 400rb sekian? Hmmm... mungkin karena pemakaian selama bulan January banyak, kan abis banyak liburan, sering nyuci-nyetrika, otomatis banyak make listrik.

Tanpa terpikir untuk menyelidiki lebih lanjut, gw bayar aja tuh tagihan.

Trus bulan berikutnya, yaitu Maret, tagihannya bukannya berkurang, eh kok malah makin gede? 500rb sekian! Walah... kenapa nih? Perasaan pemakaian January mulai normal kok. Pasti deh petugas PLN salah nyatet meteran!

Dengan asumsi ada kesalahan catet meteran itu, gw minta tolong orang admin yg biasa bayarin listrik untuk ngecek ke PLN. Gw yakin banget klo meteran yang tertagih jauh lebih tinggi dari kenyataan!

Eh tapi setelah dicek... kok ternyata gak lebih. Katanya uda sesuai. Haduh... masa sih segitu borosnya pake listrik? Atau karena daya 2200kwh uda gak dapet subsidi dari pemerintah? Atau kena peraturan tarif dasar listrik yg baru? Gak ngertiiii!

Ya sutra lah, pasrah... mungkin emang boros... Dengan 1/2 be-te gw bayar tuh listrik. Tapi setelah itu, tiap hari dicatet meterannya, dan pemakaian listrik per hari bener2 diirit abiiiesssszzzz! Gak pernah lagi nyuci atau nyetrika malem. Pake water heater atau idupin AC klo uda lewat jam beban puncak, yaitu jam 10 malem.

Soalnya menurut peraturan PLN, pemakaian listrik pagi-siang lebih murah. Beban paling tinggi tuh pas sore sampe jam 10 malem. Setelah jam 10 malem jadi murah lagi.

Dengan pemakaian super irit dan terus dipantaunya meteran tiap hari, gw liat rata2 pemakaian listrik per hari gak besar kok. Jadi yakin deh, tagihan bulan April pasti jadi normal. Tapiii... agak2 ada yg aneh nih, klo diliat di tagihan bulan Maret, meteran listrik 5ribu sekian kwh. Sedangkan di-cross check dg meteran listrik di rumah, angkanya udah... 6ribu sekian kwh. Halah, kok bisa sih angka tagihan lebih kecil dari kenyataan? Gimana sih nih PLN nyatetnya? Klo bedanya masih 1000kwh lebih, bisa2 gw bayar mahal lagi dooonk?

Jadi was-was menanti tagihan bulan April :(

Akhirnya tagihan itu datang...

Dan... BENER KAN!!!

Tau gak berapa jumlahnya? 890ribu!!!!!

GUBRAK!!!

Perasaan uda irit, kagak pernah ada orang, kok masih mahal? Uda kaya' punya warnet aje.

Setelah diitung2, seandainya emang harus bayar yg selisih 1000kwh tadi, harusnya gak sampe semahal itu. Pasti ada yg gak beres!

Gak bisa, gak bisaaaa... ini mah harus diselidiki langsung ke PLN!! Curiganya, waktu rumah belom ditempatin, bayar murah karena petugas PLN asal nyatet. Pas rumah ditempatin, masih asal nyatet, jadi bayar masih tetep murah. Sampe sekarang, masih asal nyatet, tapi asalnya kelewatan, sampe ngelebihin meteran sebenarnya! Ampun deh!

Maka hari Jumat minggu lalu, gw n suami minta ijin kantor. Kami bela2in deh demi minta penjelasan dari PLN.

Sampe di kantor PLN, kami diterima oleh seorang petugas PLN.

Untung sih orangnya ramah. Mungkin dia uda biasa nerima keluhan2 atau diomel2in pelanggan. Tapi agak2 ribet juga sih kasih penjelasannya. Intinya dia bilang, petugas PLN yg nyatet2 ke rumah itu orang outsource, jadi emang kurang terkontrol apakah dia bener2 nyatet atau malah cuma asal kira2 aja.

Dan setelah di-cross check sama supervisor yg ada di lapangan, ternyata rumah gw itu ada sedikit problem. Karena terpasang pagar, dan di dalemnya ada mobil, jadi petugasnya gak bisa masuk. Mo loncat pagar juga dilarang sama satpam. Akhirnya dia kira2 doank!

Lha, tapi sebelum ada pager, keliatannya tuh petugas emang uda ngasal deh. Klo gak ngasal, mana mungkin meteran di tagihan bulan Maret kok jauh lebih kecil dari sesungguhnya (beda 1000kwh lebih itu). Dan akhirnya sisanya malah dibebankan baru2 ini. Geblek gak sih?!

Hati udah agak2 panas, soalnya setelah muter2 1 jam, gak ada tindakan yg berarti. Akhirnya ada juga solusi... kami diminta utk SMS nilai meteran per bulan ke petugas tadi. Atau catet nilai meteran di kertas/karton/white board, trus dipejeng di depan rumah, biar bisa diliat petugas.

Ampyun deh!

Tapi gpp lah, gw rasa itu solusi terbaik bagi kedua belah pihak. Dan ternyata selama ini uda sering ada keluhan seperti itu, dan solusi SMS dirasa cukup ampuh.

Trus utk tagihan bulan April, setelah diitung2, kami jadinya kena sekitar 500rb sekian. Masih besar, karena masih bayarin selisih2 kesalahan pencatatan sebelumnya. Ya gpp deh, yg penting setelah diitung utk pemakaian bulan depan akan kembali normal.

Hufff, akhirnya... selesai juga permasalahan.

Tadinya sempet uring2an sampe kepikiran gak bisa tidur. Lha iya lah... kan aneh, rumah hampir kosong tiap hari, kok bayar listrik hampir sejuta? Apa gak rasanya kaya' kesetrum di siang bolong tuh?

Buat bapak2 petugas PLN, yah walaupun sistem pencatatan meter ternyata masih agak kacau, gw mo ucapin makasih deh atas kerjasamanya untuk membantu mengusut masalah tagihan ini. Sekarang uda bisa tenang. Irit listrik sih tetep, tapi ya gak sampe gimana banget. Huehehehe :)

8 comments:

Anonymous said...

kalo bayar air dan gas brapaan sus?

di sini g byr air, listrik, gas sebulan $250an

Pucca said...

haiyah..kok bisa begitu ya?

lagian lu buat apa pake org yang bayarin segala sus..masukin ke cc aja, jadi 1 bill gitu.

lagian meteran listrik kok dicatat asal2an, dulu gua juga pernah tuh waktu pertama2 pindahan, kadang dicatet, kadang nggak, trus setelah gua komplain ke 123 skarang selalu rutin kok.

gua kira komplain ke 123 itu efek kok. petugasnya ditegur ama dia.

Arman said...

emang.. petugas outsource yang nyatet meteran itu suka ngasal.. :P

tapi listrik lu masih terbilang ok lah. dulu di jkt listri gua sebulan sekitar 900rb-1 juta. hihihihihi. tapi emang ac ampir non stop sih 24 jam. :D

Unknown said...

lho sus, bukannya bayar pln-pam bisa lewat atm/sms banking/internet banking/kartu kredit?

jd ga usah bayar lgs ke kantor pln/pam.

trus amannya ya lu catet meteran pln dan pam di papan trus gantung depan rumah.

.:acen147:. said...

@limmy n viol: utk pembayaran telpon, listrik n pam di tempat gw belum bisa lewat kartu kredit/atm/dll... karena itu termasuk kompleks baru, jadi mungkin belum terdaftar online or gimana gitu. jadi ya bayar orang. lagian cuma kena admin 15rb.

emang rencana sih gw mo gantung di depan rumah.

gw sih langsung samperin ke PLN karena mo tau secara langsung apa masalahnya. ternyata ketauan klo petugasnya gak bisa masuk ke rumah karena ada pager, gitu :)

@bebek: air sih murah bek, cuma sekitar 60rb per bulan. abis kagak ada yg make. cuma buat mandi n nyuci doank. hehehe. klo gas, belum ada salurannya dari pemerintah tuh. jadi beli sendiri aja. per tabung sekitar 55rb klo gak salah.

@arman: iya, klo ac 24 jam or listrik rumah nyala terus sih wajar aja bayar mahal, man. ini sering gak dipake, kok bayarnya sama kaya' lu. huehehehehe.

Pucca said...

ouw..begitu, iya gua lupa bilang kmrn, tp udah dibilang limmy,lu beli gantungan aja buat pln n pam, ada kan dijual di toko2.
15 ribu per bulan lumayan juga yaaa kalo bertahun2 hehe :P

Pitshu said...

sekarangkan emang begitu, pakai papan di depan rumah, di catat tiap bulannya ^^

PLN dan AER ^^

trus duit yang kemarin balik enggak?

.:acen147:. said...

@viol: oooh, ada ya gantungan itu? baru tau gw, hehehehe.

@pitshu: ternyata emang banyak ya kejadian salah catet, sampe dipasang papan. hehehe.

duitnya kan belom dibayarin pit. tapi dari tagihan hampir 900rb, jadi cuma 500rb ajah dan bulan depan jadi 200rb :)