Friday, July 04, 2008

Seandainya Aku Punya Pembantu

Kemaren siang tiba2 Mas Adi nelpon dengan nada riang...

"Nyu... barusan Mbak Ita SMS, tanya kita masih butuh pembantu gak? Soalnya dia ada tuh!"

Kaget mendengar berita itu, gw merespond-nya dengan sangat antusias...

"Ah, yang bener? Dapet orang darimana? Trus orangnya baik gak, kerjanya rajin gak, umur berapa, uda merit belom... bla-bla-blaaaa"

"Mbak Ita sih uda kenal banget sama orangnya, katanya baik, gesit, jujur. Dulu pernah kerja di keluarganya Mas Agung. Klo pertanyaan yang lain belum bisa kujawab, soalnya aku belom tanya2 lebih detil. Uda keburu girang nih ngebayangin ada pembantu... Horeeee...!!!"


Hahahaha, gw bisa paham banget kenapa Mas Adi bisa jadi girang begitu... soalnya lama-kelamaan sepertinya pembantu itu jadi kebutuhan dasar dalam rumah tangga deh. Emang sih pekerjaan di rumah gw gak banyak. Penghuni cuma 2, gak ada anak yang harus diawasin, makan gak banyak, cuci baju paling cuma beberapa, rumah gak selalu kotor dan berdebu.

Gw juga bukan tipe2 orang yang terlalu suka nyuruh tinggal tunjuk ini-itu. Tanya deh pembantu di rumah nyak-babe, sedari kecil dia ikut gw, ada berapa kali sih gw nyuruh dia? Saking jarangnya gw nyuruh, sekalinya minta tolong sesuatu sama dia pasti dijabanin walopun harus jalan kaki sepanjang 5km di siang bolong! Wakakaka!

Meskipun gak banyak kerjaan, dan masih bisa dihandle oleh gw dan Mas Adi, rasanya capek juga klo tiap wiken harus ngebayangin cuci-setrika baju, nyapu-ngepel lantai. Yang tadinya mau santai2 atau jalan2, malah jadi kepikiran harus cepet2 balik ke rumah karena masih banyak PR! Ampiunnn!!

Tapi gw salut lho, kok bisa ya di luar negri orang2 gak pake pembantu? Padahal suami-istri kerja, dan ada anak kecil. Kenapa mereka bisa mandiri? Atau emang karena orang endonesah ini pada manja semua?

Klo menurut yang gw denger2 sih, gaji pembantu di luar negri mahal, makanya gak banyak yang sanggup bayar, jadi lebih memilih mengerjakan segala sesuatunya sendiri. Sedangkan di sini, gaji pembantu terhitung murah banget, klo gak salah sekitar 400-450 ribu ya? Itu uda dituntut bisa melakukan segala macem, mulai dari nyapu, ngepel, nyuci, masak, bahkan ngurusin anak juga. Hebat kan?!

Trus klo di luar negri, walopun rumah jauh, masih bisa berangkat siang pulang sore, soalnya kagak macet kali yeeee??!! Atau kebanyakan mereka tinggal di apartemen yang kecil, yang gak perlu extra tenaga untuk nyapu-ngepel, dan memilih makan di resto fast-fud jadi gak perlu masak? Ahahahaha, sok tau ah... abis beneran deh, gw takjub dengan kemandirian mereka. Gimana sih caranya? Bagi donk tipsnya!

Klo gw sih rasanya uda hampir nyerah nih. Terutama setelah kerjaan di kantor numpuk, pulang malem mulu. Kadang wiken masih dikasih kerjaan sama boss. Aduh, gak sanggup deh klo uda dipusingin soal kantor masih harus ngeliat gunungan setrikaan. Huaaaa! Makanya, beberapa waktu yang lalu kami berdua langsung mengibarkan bendera SOS... Help, kami butuh pembantuuuu!!! Wakakaka!

Di tengah2 penantian panjang, berita dari Mbak Ita kemaren rasanya bagaikan embun di tengah padang pasir, taelah... hihihi... Walaupun pembantunya sendiri belom dateng, dan klo pun jadi kerja belom tentu betah, gw uda keburu berandai-andai nih... gimana ya rasanya klo gw punya pembantu...

Hmmm... yang jelas beberapa perubahan berikut akan terjadi seandainya ada "dewa penolong" itu di rumah...

1. Bebas Nyetrika

Nyetrika? Iiiiiiiiih, nyetrika sebenernya uda jadi nightmare banget deh buat gw. Tiap mingguuuuuuuuuuu gw harus ngebayangin PR yang satu itu.

Kronologisnya gini nih...

Jumat pagi bangun rasanya gembira karena mo menyambut wiken. Jumat siang mulai santai, bisa lunch yang agak jauh sedikit. Jumat sore pengennya pulang malem mumpung besoknya gak kerja.

Jumat malem menjelang tidur, ngebayangin besoknya mo ngapain... pertama A, trus B, abis itu C, eh tapi... nyetrika jangan lupa...

Sabtu pagi bangun, rencana mo eksekusi plan A... inget yah... jangan pulang terlalu sore, krn mo nyetrika...

Sabtu siang lagi asyik berduaan sama suami eksekusi plan B... aduuuh, belom nyetrika... malesss..

Sabtu sore pengen nyetrika, eh enaknya sih eksekusi plan C... trus nyetrika gimana? Aaah, gampaaang... besok minggu kan bisaaaa...

Sabtu malem bobo... sebelum bobo nengokin tumpukan setrikaan... uuugggh, sebel, sebel, sebeeeel!!!... pokoknya besok harus nyetrika sebelum plan D, E, F dilakukan!

Minggu pagi bangun, ayo nyetrika sebelum ngapa2in!!! Aaaah, tapi enakan jalanin plan D dan E, trus nyetrika, baru plan F.

Minggu sore mulai capek... haduh plan F belom ya? Nyetrika dulu atau plan F? Yah, plan F aja deh...

Minggu malem semua plan uda dijalanin, kecuali yang satu itu... apalagi klo bukan nyetrika? Hayo mulaiiiiiiiiiii!!! Uuuuuuuuggghhh!!!!

Tapi males... nyetrika... males... nyetrika... males... nyetrikaaaaaaaaaaaaa!!! MALES! NYETRIKAAAAAAAAA!!!!!!!! TIDAAAAAAAAAAAAAAAAK!!!!!!

Senin pagi... pake baju kusut (lagi)...

Hihihihihihihi....

Klo ada pembantu artinya? NO MORE NIGHTMARE, NO MORE BAJU KYUSYUUUTTT!!! Horeeee!

2. Bisa Makan Bersama

Belakangan ini kan gw mulai jarang masak karena uda kecapekan. Karena jarang masak, keadaan kulkas di rumah jadi menyedihkan. Kering kerontang, cuma ada aer putih, buah dan telor.

Klo dulu, tiap laper tinggal buka kulkas, panasin lauk, makan deh. Gak bakalan kelaperan. Klo sekarang, buka kulkas, bengong... apa yg bisa dimakan? Masa minum lagi, minum lagi... buah lagi, buah lagi... telor lagi, telor lagi... menyedihkan sekali!

Sekali tempo nyak-babe pernah dateng ke rumah, trus kagak ada apa2 yg bisa disajikan. Babe sampe bilang begini, "Sus, kesian deh yang bertamu kemari, bakalan tersiksa karena kelaparan!"

Mwakakakakakaka! Ya abis gimana donk... maunya sih bisa selalu menghidangkan makanan, tapi klo gitu berarti gw stop kerja aja dah trus beralih jadi ibu rumah tangga yang merangkep buka usaha catering kali? Hihihihihi, ngemeng aje lu Sus, kaya betah aja tinggal di rumah, huehehehe.

Tapiiii, klo nanti ada pembantu, pasti laen deh ceritanya. Pagi2 sebelum berangkat uda tersedia sarapan ringan, teh hangat, buah. Malem, pulang kerja, uda ada menu lengkap, dan yang jelas harus ada sayuran, trus tiap hari menu sayurnya berubah. Lalu, dengan bangga gw akan undang nyak-babe ke rumah untuk makan bersama. Ah, indahnyaaa... Hahahahaha!

3. Rumah Selalu Rapih

Rumah gw sih gak terlalu berantakan, karena ada suami yang rajin beberes. Klo gw mah boro2 dah, kagak bisa diandelin. Bisa bangun pagi aja uda bersyukur, jadi jangan harap setelah bangun pagi masih kepikiran untuk menata tempat tidur atau nyapu-ngepel. Iyaaa, gw ini istri pemalas. Hahahahah!

Dari jaman ngekost, kamar gw itu uda kaya kapal pecah. Masih jauh lebih rapih kamar Mas Adi daripada gw. Gw beberes kamar klo bener2 uda gak betah dan gak bisa tidur. Klo masih ada celah buat bobo sih gw anggep masih rapih. Mwahahahaha!

Cuma lama2 kesian juga liat suami yang uda capek di hari kerja masih harus "dikerjain" di saat wiken. Mungkin sebenernya dia juga punya nightmare yang sama seperti saat gw menghadapi setrikaan, bedanya dia cuma bisa pasrah, sedangkan gw bisa ngoceh2 di blog ini! Mwakakakaka!

Seandainya nanti ada pembantu, semua "tugas mulia" tadi gw percayakan pada dia. Gw mah kagak bawel2 dah, asal gak ada yang pecah dan ilang, gw oke2 aja. Malah feeling gw mengatakan, Mas Adi bakalan lebih bawel dalam urusan detil beberes rumah daripada gw. Hihihihi.

4. Ada Yang Mijitin

Hihihihi, gw kan suka pegel tuh. Biasanya yg jadi "korban" gw minta pijitin adalah... sapa lagi... klo bukan suami... huehehehe.. kesian ya yg jadi laki gw... uda dapet istri males, manja, masih minta suka dipijitin, padahal dia sendiri kan pegel... kekekekekek...

Nah klo ada pembantu, klo gw pegel tinggal kasih instruksi...

"Ke atasan dikit... bukan... kiri dikit... eh kebanyakan, balik lagi ke kanan dikit... nahhhhh paaaaaaasss... pelan2 ajaaa... enaaaaaaaaaak..."

Hihihihihi...

5. Buka usaha catering?

Ahahahahah, ini mikirnya kejauhan kali yaa... Soalnya Mbak Ita bilang, calon pembantu yang akan dibawa ke Jakarta itu jago masak. Bisa bikin kue kering klo Lebaran, bantu2 usaha catering.

Wah, klo beneran niiih, berarti bisa donk gw mulai merintis usaha catering? Hihihihi, ngimpiiiiiiiiii kaliiiiiiii yeeeee? Gak pa-pa ah, kan judulnya juga di atas pake kata "Seandainya..."... jadi boleh donk gw berandai-andai... Hihihihi...

6. Punya Suami Perut Six Pack

Lho apa hubungannya? Hihihihihi...

Silahkan simak percakapan berikut...

"Nyu, liat donk perutku, uda rata... gak gendut kaya dulu", kata gw sambil pamer perut sama Mas Adi.

"Mana coba aku test...", Mas Adi melingkarkan tangannya di perut gw, trus usap2 dan cubit2, "Eh iyaaa... kempes boooowww!!!"

"Hahaahhahaha, akhirnya aku bisa mengalahkan kamu!! Dulu kan kamu suka cubit2 perutku sambil bilang gendut, gendut... sekarang gak bisa lah yaaaawwww!!!!"

"Iya deeeh, iyaaa...."

"Klo kamu gimana tuh?",
tanya gw sambil melirik perutnya...

"Aku... six pack donk!", kata Mas Adi sambil langsung menegakkan posisi duduknya dan tahan napas.

"Haaaaaa, apanya yang six pack. Nih, tebel banget begeneeeeeh!!!", gw cubit perutnya dan meninggalkan 1 genggaman tangan

"Yeeee, liat aja deh nanti, klo ada pembantu, aku akan mengembalikan bentuk tubuhku lagi kaya dulu!"

"Lho kok bisa?"

"Iya, wiken gak perlu lagi cuci-nyapu-ngepel. Ganti sama olahraga, angkat barbel, naek sepeda, sit up, push up. Six pack deh perutku. Baru kamu kaget!!!! Sekarang maaah boro2 olahraga, abis beberes trus capek trus ngorok trus bangun2 makaaaaaaaaaaannnnnnnn!!!! Ya gini deh hasilnya...",
katanya sambil nunjuk2 perut

"Oooooo...."

Hihiihihihi....

11 comments:

Unknown said...

hehe punya pembantu kan ada suka dukanya sus. ntar ngerasain sendiri deh.

eh mba ita masih ada stok pembantu ga? yang jago masak,rajin dan bersih.

mau dong.

Anonymous said...

hehehehe semoga menjadi kenyataan deh.. kebayang gw gimana girangnya loe... :)

Anonymous said...

gag ada salahna kok pake asisten. kalian bisa lebih santai dan bakal ada waktu tambahan yang berkwalitas untuk berduaan....gag dibebankan pikiran ttg gosokan.

bebek pribadi siy kalo mertua gag ikut kita, lebih milih gag pake asisten. pertimbangannya ya karena ekonomi dong....total $700an/bulan bok! belum lagi asuransi tahunanna :(

Anonymous said...

kita kayanya sama2 benci sm yg namanya nyetrika ya sus. gua juga, skrg gua nyetrika 2 minggu sekali aja deh, sekalian numpuk, jd capenya cuma sekali.. hihi..

elu mending mas adi bantu2, laki gw mah boro2, palings ikat kmr mandi doank, walopun blum punya anak capek juga lohh pulang krj musti masak, beberes, lebih cape dr krjan kantor sus.. hufff.. seandainya juga gua punya pembantu disini tp byr nya 400 ribu :p

.:acen147:. said...

@limmy: ahahaha, iya siy, klo gw denger temen2 gw yang punya pembantu, adaaa aja masalahnya. tapi gw uda terlalu empet liat setrikaan, jadi rasanya gw prefer menghadapi semua masalah dg pembantu daripada baju lecek. hihihihi.

saat ini selain mbak ita, oma gw juga ada stok. tapi kayanya mo diambil sama nyak gw, soale lu pan tau sendiri pembantu nyak yg sekarang uda linglung gitu, lim. hehe.

@fun: kyaaaa, lu pasti bisa memahami keinginan terpendam gw klo sampe terkabul. hahaha!

@bebek: klo dapet yg kaya' minah mah enak kali ya, bek. soale minah helpful n setia banget kayanya. tapi klo kudu bayar segitu plus asuransinya... oh nooo.... hahaha!

@angel: toss dulu sama lu ah, ngel. emaaang, gw gak demen nyetrika, tapi dipaksa oleh keadaan. hiks. hiks...

biar kata murah, ternyata nyarinya susah loh, ngel. uda lama banget gw n mas adi hunting, tapi gak dapet2.

Anonymous said...

huehehe..
setelah memberhentikan asisten pertama dengan hormat.. (ga sampe 2 minggu setelah gue masuk rumah suami),
sempat senang waktu ada pembantu kedua.. mikirnya, gue ga akan kecapean lagi..
yang ada... gue stress... wakakaka...
pulang kantor bingung mo ngapain..
dengerin acara dangdut tiap malem..
terus kepikiran klo si asisten nuntut ini itu..
jadi skrg, tanpa asisten dulu deh.. :D

Anonymous said...

Moga2 asisten baru bener2 akan jadi sumber senyum di rumah ya Jeng :)

Kalo dapet majikan baik, cantik lagi penolong kyk elu, moga2 dia betah :)

hmm, nanti kalo mas adi udah 6 pack, jangan lupa potona yaa :)

Pucca said...

hahaha..akhirnya lu nyerah juga sus.
sama kaya gua yang udah nyerah dari 2 taon lalu hihi:P

emang enak bgt kok sus pake pembantu, gak usah nyetrika dan gak usah stress liat kamar mandi yang kotor hihi.

atau lu pake yang kaya gua aja, dateng buat beres2 aja seminggu sekali, lebih gak ada masalah. soalnya sampe skarang gua fine2 aja tuh ama si bibik.

Pitshu said...

Mas Adi muka na kan TUTI tuh! jangan di percaya. Ada pembantu bisa makin buncit nanti! soal na bangun main Wii trus makan, trus tidur main Wii, makan trus tidur lagi wakakakaka...

*siap2 nangkis pukulan na Mas Adi

.:acen147:. said...

@peggy: emang siy gw juga sering denger temen2 gw yg punya banyak masalah dg pembantu. tapi ada juga yg ok2 aja. mungkin nyari pembantu kaya nyari jodoh kali yaaa... cocok2an. hehehe.

@olla: ah bisa aja lu, laaa... kekeke. tenang aje, klo uda 6 pack nti potona telanjang dada kagak pake ditutupin keranjang pakean lagi dey. kekekekek.

@viol: gw uda nyari yg mo pulang hari, viol. kagak ada. susah banget. akhirnya "import" dari jawa sono deh. yg penting kerjanya beres. tau nih jadi dateng apa gak *semogaaa*

@pitshu: ahahahaha, iya yah, klo uda ada pembantu, malah gak beberes n gak keluar keringet, nti malah peyutna maju lagi 5cm. hihihihi....

Anonymous said...

pengen helper jugaaa...!!! *manja mode: ON*

biarpun jarak rumah kantor cuma 15 menit jalan kaki tapi kayaknya capeknya langsung bertambah drastis kalo ngeliat rumah kayak kapal pecaaaaaaah!!!!

Sayang....nggak sanggup bayar pembantu disini....hihiihihihihi. Terpaksa memberdayakan laki gue jadi tukang bersih2 juga deh, gyahahahahahahah