Sunday, September 20, 2009

Petualangan Mencari Tempat Singgah (2)

Huaaa... uda tua niy, gak kuat lagi tulis blog panjang2... HAHAHAHA!

Makanya gw split deh, biar agak pendekan dikit... tp apa iya, jadi lebih pendek? Hihihihi?

Seperti yang gw ceritain di postingan sebelumnya, bahwa karena mo project, bikin gw n suami terpikir utk ngekost. Uda muter2 nyari mulai dari daerah elit Menteng, SCBD, Gang Tiong, Cipete... sampe rada2 desperado rasanya, belum juga nemu yang bener2 pas... Mungkin gw kali yang banyak maunya... uda budget terbatas, maunya selangit... wkwkwkwkw...

Sebenernya ada 2 pilihan sih yang keliatannya agak2 sreg, ya di Cipete or SCBD...

Setelah mengunjungi kedua tempat tsb, kami pulang dg hati agak lega... Lho kok "agak"?

Errr... gimana yaaa... klo dipikir2, duit 2-2.5 juta itu kan lumayan yaaa? Klo selama project sekitar 2 taon, bisa terkumpul 48-60jt... fiuuuh, apa gak mending buat sesuatu yang lebih bermanfaat? Klo cuma buat kost, at the end kami malah gak dapet apa2? Bener gak sih pemikiran seperti itu??? Ato cuma kami doank nih yg terlalu kikir?

Jadi, bisa kalian bayangkan gak? Sepanjang jalan pulang, kami berdua bukannya sumringah, malah makin mumet pikirannya. Antara pengen kost... tapi sayang duitnya. Mungkin klo duit itu bisa bertukar dg sesuatu, kami gak terlalu mikir, anggep aja invest. Tapi ini kan gak? Once again... 60jt itu gak dikit loooh, di jaman serba susah gini?

Atau cari kost yang lebih murah? Believe me, we've tried, terakhir malah sampe ke daerah Cikini. But like all people said, ada rupa, ada harga. Yang murmer kurang bisa membuat kami merasa seperti di rumah. Mungkin salah kami yang selalu compare dg suasana rumah. Pasti lah beda antara kost dan rumah... Tapi gimana yaaa, daripada dipaksa2in betah malah gak nyaman? Jadinya lebih2 dianggap pelit bin kikir, kali... segitunya belain duit sampe mengorbankan diri? :(

Akhirnya... dengan berbagai pertimbangan, kami terpaksa menyingkirkan sejenak keinginan utk kost. Kami mencoba *dengan agak takut2 dan kurang percaya diri... untuk beralih mencari... apartemen?!

What? Apartemen? Duit dari mana??? Are you crazy?!?!?!?!

:p :p :p

Cuma 3 tanda cengiran itu yang bisa gw tunjukin... yes, I think I'm crazy :))

Wait-wait-waaaaaaiiiiiiiiittt... sebelum menghakimi kami dg pandangan "sok orang kaya" atau "sok banyak duit" atau "sok pamer"... try to read my next explanation...

Bayangin deh, dengan uang yang dipake buat kost, bisa dipake utk cicil apartemen. Nilai cicilannya gak jauh beda, tergantung dari jumlah DP yang bisa kita setor. Apalagi klo bisa tunai bertahap, mungkin beli apartemen bukanlah seperti mimpi kesiangan!

Ya tapi kan tetep aja butuh DP? Well... sebenernya kami ada lah... sedikit tabungan (ternyata ada manfaatnya ngirit2 tiap bulan, wkwkwkwk)... yang tadinya buat ngelunasin rumah... tapi dasarnya gw nakal... kok malah jadi belok2 gini pikiran? Hahahahaha!

Sebelum bener2 mutusin beli apartemen, gw coba dulu hunting... apakah ada orang2 gila seperti kami, yang uda punya rumah *masih nyicil, malah... trus kepikiran juga utk beli apartemen?

Tau gak... ternyata banyak! Jadi mereka yang tinggal di pinggiran kota, memang memilih punya rumah di pinggiran kota dg pertimbangan harga lebih murah, ukuran lebih besar, udara lebih bersih, lebih nyaman... tapi juga punya apartemen di jantung kota dg pertimbangan lebih dekat dg kantor. Jadi, weekdays di apartemen, weekend balik ke rumah.

Hey, we are not that crazy, anyway! Hahahahaha!

Step selanjutnya adalah mulai hunting apartemen murah dg lokasi strategis...

Ternyata susah... HAHAHAHA!

Seperti mencari jarum di tengah tumpukan jerami, kebanyakan apartemen ditujukan utk kalangan berduit atau expat berkantong tebal. Yang lebih mengesalkan, pertama launching, apartemen diborong oleh agen2 properti dg harga yang masih murah, untuk kemudian dijual atau disewa lagi dg harga gila2an... They called it investment, but for people like us, it's CRUEL!!!

Seandainya semua orang berpikir seperti tujuan utama pemerintah membangun apartemen, yaitu membantu kaum urban seperti kami utk mendapatkan tempat tinggal yang layak huni dan terjangkau, mungkin mencari apartemen tidak akan sesulit ini... tapi kenyataan tidak seperti impian, we do have to struggle to get it!

O iya, ada bagian yg ketinggalan diceritain... Jangan dikira ya, gw beli apartemen ini dapet kemudahan dari ortu gw. Walaupun mereka mungkin mampu, tapiiiiiiiiiiiiiiiiii... mereka MELARANG KERAS!

U know what? Gw berdebat keras dg ortu gw (terutama babe), ketika pertama kali mengutarakan niat kami itu. Posisi kejepit Mas Adi dan nyak, terutama nyak... karena dia menghadapi suami dan anak yang beda keinginan yang sama2 keras (sama2 Cancer, booow).

At the end of our argumentation, gw cuma bilang... gw gak minta dibantu, gw cuma mau kasih kabar klo gw ada rencana beli apartemen. Gw gak minta uang sepeser pun, karena itu gw gak bisa dilarang... :p... gila ya, gw nekat! Hahahahaha!

Babe menatap gw dengan pandangan mendelik dan jidat berkerut 7 lipatan... sedangkan nyak cuma bisa komentar, "ya mau apa, itu kan uang mereka?"

YES! Hahahahaha!

Waktu gw pertama mo survey apartemen, gw ajak nyak gw. Tujuan gw cuma 1, supaya ortu gw berubah pandangan ttg apartemen (maklum lah, orangtua, mereka mikir apartemen is not good investment... gimana klo gempa, gedung roboh, bukan SHM, dsb-dst-dll). Awalnya nyak gw agak ogah2an diajak, mungkin takut sama babe kale, hihihi... tapi setelah gw tunjukin muka ngambek gw, wakakakaka!... akhirnya doi nyerah... "Ya deh, mama ikut... tapi cuma nemenin doank yaaa...", gitu katanya ;)

Pertama kali, kami menemukan apartemen di lokasi strategis di daerah Sudirman. Harga masih masuk budget. Tapi ketika kami mendatangi lokasi, yang tersisa hanya unit2 "buangan". Unit lain mendapatkan "pool view" atau "city view", gw cuma kebagian "SD view" alias ngadep skolaan SD, yang klo gw buka balkon, bisa keliatan tuh kelas2 anak SD... I can see them... imagine if they can see ME?!

Apartemen studio, dg luas nett 24 m2... serasa di sangkar burung... Harga? Gak beda dg view2 yang lain... Kejaaaam!

Setelah survey pertama itu, maka berlanjutlah survey2 berikutnya... bak sebuah petualangan... kami tak lelahnya mencari dan terus mencari. Kadang2 semangat, tapi sering juga putus asa, karena budget kami bener-bener-bener pas2an. Yah, kami bukan orang kaya, kami cuma orang yang sedang bermimpi mendapat hunian layak di tengah kota...

Ada apartemen yang keliatannya oke, harga pas, eh pas didatengin gak ada kolam renang. What? Apartment without pool? Apa bedanya sama kost2an? Wkwkwkwkw...

Ada lagi yang murah, harga studio di apartemen lain, dapet 2 BR disini... tapi selain lokasinya kurang strategis, masih kena macet, trus pengembangnya gak jelas... malah sampe sekarang kami belum nemu gedungnya berdiri... even pondasinya aja gak jelas... hihihihi...

Ada lagi yang bagus, harga pas, hampir serah terima... tapi kok masih jauh ya, di Pejaten... bisa diketawain gw beli apartemen kok deket rumah? Hahahaha!

Sisanya adalah apartemen2 mahal, yang bener2 mimpi di siang bolong buat kami... hiks...

Sebenernya ada nih 1 yang uda diincer... harga terjangkau, pengembang terkenal, lokasi strategis bener2 di pusat kota, deket hotel berbintang, mall, dan berbagai fasilitas lainnya... roadmap & plan-nya jelas... tapi serah terima 2011? Waduh!

Btw, gw juga konsultasi dg teman2 yg punya pengalaman tinggal di apartemen, lhooo... seperti Dessy atau Om Cliff... Katanya begini-begitu-begono-begutu... Uuuuuuuuuuugggghhhhh!!!!! Cari apartemen lebih syusyaaah dari kost2an... Huaaaaa!!!

But thanks to them, karena gw jadi ada gambaran gimana harusnya cari apartemen. Mo yang uda jadi, pastinya lebih mahal. Klo mo invest, beli dari belum jadi, nti harganya meningkat.

Bener sih... tapi 2011? Apa gak keburu project gw kelar tuh? Hahahahaha!

So... what to do???

Hmmm... terus terang sampe sekarang masih blank. Klo balik lagi ke tujuan utama, gw cuma perlu tempat singgah. Tapi lama2 jadi mau investasi juga. Skali lagi, uda duit terbatas, maunya selangit... Hahahaha...

Palingan ada sedikit hal yang menggembirakan. Melihat anaknya begitu gigih mencari apartemen, sepertinya babe gw mulai melunak... Dia mulai mau loh liat brosur2 yang gw bawa pulang ke rumah, hihihihihi... Yaaah... money doesn't matter... seandainya pun gw punya duit banyaaaaaaaaaaaak buat mborong sejuta unit... gw tetep lebih suka klo dapet support dari ortu.

Bukan support dalam bentuk materi lhooo... walaupun klo ada, bener2 Alhamdulillaaaahh... ;)

Well, begitulah cerita gw berjuang mencari apartemen... perjalanan masih panjang, petualangan belum berakhir... doain aja, semoga apa pun yang kami dapat adalah yang terbaik buat kami :)

7 comments:

Arman said...

hehe jadi inget temen2 gua yang tadinya tinggalnya jauh2 juga pada berguguran akhirnya pada balik jakarta... :) tinggal 1 yang masih bertahan di bintaro.

btw, ini opini doang ya sus, gak apa kan.. hehe. gua sih lumayan sependapat ama bokap lu lho. daripada beli apt, mendingan rumah di depok di jual, trus beli rumah yang di jakarta. hasil jual rumah depok jadi dp. kalo menurut gua itu lebih good investment, karena kan dapet tanahnya juga. kalo apt kan enggak ya (hgb doang kan ya kalo gak salah.. cmiiw).

Anonymous said...

sekedar masukan, coba apartemen laguna pluit, ukuran lumayan, harga terjangkau.2kt,1km, ada kolam renang,food court, tempat parkir luas

.:acen147:. said...

@arman: waaaa, rumah depok djual? Bisa dgorok gw, hahaha!
Soale rmh depok jg strategis banget lokasinya, Man. Dari sisi investasi jg menjanjikan banget, dlm waktu 2 taon uda naek nilainya :p .
Uda gitu suasananya beda deh dari Jkt. When I hv a kid later, I prefer to raise him/her there. Blm kena polusi, suasana tenang, dan yg paling penting, deket ortu gw jd bisa titip jagain :)

Apartment emang bgs buat invest, klo dsewain. Klo buat dtempatin mah gak balik modal, yak... Wkwkwkw... Dan sepertinya nanti jg akan gw sewain krn yg skg cm buat tempat singgah.
G tau deh klo trs keenakan tinggal d apt, malah lupa kali sm niat yg cm singgah doank itu, ha3!

Anyway, thx buat inputnya, Man. Coba duit gw banyak, pst beli rumah d Jkt... Tp dg yg ada skg jg uda bersyukur banget sih... Well, kita hrs sll bersyukur, ya gak? ;)

@anonymous: thx buat tawarannya... Tp gw cari yg bener2 d pusat kota, spt Thamrin or SCBD, yg bs k ktr dg naek busway doank, hi3 :p

d3s said...

udah deh... di tempat gue aja hihihihi... *maksa*

.:acen147:. said...

@deciii: medit suruh pindah daerah Thamrin dey, pasti gw pilih... wkwkwkwkw!

Pucca said...

di apt thamrin residence aja sus, gak gitu mahal kok keknya yang ukuran kecil mah..
atau sahid juga gak gitu mahal..
atau ada 1 lagi tuh yang deket medan merdeka, tapi gua lupa namanya itu juga oke menurut gua..

kalo gua jadi lu sih, daripada apt di sudirman mahal, gua di kemayoran aja, banyak pilihan, harga lebih murah, dan bebas macet ke kantor :)

.:acen147:. said...

@viol: gw uda survey banyak... Sapa bilang sahid murah? Wkwkwkw... Sudirman uda gw "gerayangin", gak sreg... Kemayoran, bs dketawain gw beli apt kok jauh amat. Paling cocok emang d Tham-Res... But let's see the budget, soalnya gak mo ambil KPA :)