Thursday, October 15, 2009

Jadi Business Manager?

Pagi semuaaa...

Semalem gw balik ke Depok, jadi hari ini berangkat pagi dan nongol di kantor bareng2 OB, hihihihi. Dari Depok bawa baju segambreng, biar nti malem dan seterusnya bisa nginep di apartemen. Kecuali wiken, pasti gw pulang. Soale kangen juga sama rumah Pesona, huehehehe.

Kemaren - di sela2 nyiapin dokumen Project Charter dan Project Kick-off, gw bersama 2 senior lain diajak miting oleh boss. Intinya, karena expansi dan penambahan karyawan yang gila2an (sekarang uda 30 dan akan mencapai 50), maka divisi gw akan dipindahkan ke gedung lain, yang masih di lingkungan kantor sekarang. Selain itu, nantinya akan ada 5 Business Unit (BU) baru under si boss, yang diantaranya adalah BU Business Intelligence, yang akan dimanage oleh gw.

Trus boss ngoceh2 berbusa2 nerangin sistem billable resource, matrix dan multi assignment, yang "bahasa lebih kerennya" sih artinya kerja rangkep2, wkwkwkw. Sebagai Business Manager (BM), gw akan dikenakan quota dan diwajibkan mencari project untuk memenuhi quota tsb. Sebagai langkah awal pastilah gw akan didampingi si boss. Gile aja gw kan basicnya bukan orang sales, disuruh jualan. Nti gw terlalu polos, klo gak bisa, gw bilang aja kagak (emang kenyataan gitu tuh, gw paling anti boong soale klo gw uda "kongtai", nti yang sengsara gw sendiri yang kudu implementasi, wkwkwkwkw).

Pola ini akan diterapkan mulai bulan depan dan mungkin akan berubah sampai mature, namun perubahannya gak terlalu signifikan. Jadi karena ini sistem baru, mau gak mau gw ngerangkep kerjaan neh. Soale gw kan baru diangkat dari co-PM jadi PM dan ada projek selama setaon yang uda mulai di depan mata yang harus gw tangani. Sementara itu juga, gw diangkat lagi jadi BM, yang kudu nyari projek. Gw kagak tau dah gimana nti ngaturnya. Lagi puyeng2 di satu projek tapi masih harus keliling cari projek laen... haesh... Gw sih uda kumplen, emang gw DEWA apa bisa kerja serabutan getoh? Maunya sih gw angkat beberapa team teknis yang senior utk jadi PM, sedangkan yang masih pada junior gw angkat jadi team teknis. Tapi teuteeeuup boss maunya gw dampingi dulu dalam 1 project, baru next project dilepas. Artinya setaon ke depan gw bakalan kerja rodi neh T_T

Dari total 30 karyawan sekarang, 15 orang under gw. Awalnya gw keberatan dengan "bengkak"nya jumlah anak buah. Soale berarti kan cost utk gw gede banget, sementara BU yang lain pada slim semua komposisinya. Tapi setelah diterangin lebih detail bahwa kondisi demikian karena trend saat ini dimana2 projectnya adalah BI, mau gak mau gw harus invest banyak orang. Lagipula nantinya akan ada sistem Transfer Pricing bagi semua resource, jadi misal orang gw "dipinjem" sama BU lain, gw bisa netapin berapa rate-nya, dan bisa gw claim sebagai Working Order atau BPT (lupa apa nih singkatannya, wkwkwkwkw). Cuma ada beberapa kerjaan lain, yang tetep aja sifatnya free, yaitu kerjaan pre-sales seperti bantuin bikin proposal, presentasi, POC, dll. Yang penting adalah selama gw invest orang itu, berarti gw juga harus mikirin gimana membuat resource gw betah, skill dan capability mereka di-upgrade sehingga menaikkan rate juga. Soale semua jadi meaningless klo gw uda capek2 invest trus orang gw keluar-masuk... atau klo pun ada yang betah tapi gak pernah di-upgrade. Pokoke harus dinamis sekaligus solid dan balance.

Itu cerita gimana gw harus manage orang dalam team gw sendiri. Tantangan yang gak kalah berat adalah menghadapi persaingan di luaran. Terus terang nih, sejak gw terlibat lebih dalam pada proses mendapatkan projek, gw bawaannya jadi curigaan mulu. Abis di luar sana banyak banget intrik-intrik ngadepin competitor. Semua saling sikut2an. Walaupun awalnya keliatannya manis2 dan baik2, beda banget sama permainan di belakang. Gw sih klo gak di-backup sama boss uda mental dari dulu2 kali krn gak tahan dan gak tau ngadepin strategi melawan musuh *masih-polos-dot-com, wkwkwkwkw...

Belum lagi persaingan internal di kantor. Klo divisi gw sendiri sih cukup solid ya. Tapi kadang gw merasa divisi ini terlalu banyak dapet prioritas dari manajemen/direksi, trus sering juga by-pass aturan2/SOP, jadi kesannya mungkin dipandang divisi lain sebagai divisi yang arogan, gak tau aturan, belagu... ya gitu deh :p... Padahal kami gak bermaksud seperti itu. Tapi birokrasi yang berbelit2 kadang gak sesuai dg sikon yang serba cepat dan urgent. Jadi terpaksa ambil jalan pintas deh, huehehehehe. Yah terserah lah apa kata orang. Soalnya pressure di luaran juga tinggi, jadi harusnya kami didukung secara internal, bukan dipersulit, tul gak? ;)

Huuufff, klo dengerin penjelasan boss sih rasanya kok berat yaaaa jadi BM ituuu?

Tapi dasar si boss ya orang sales, klo ngomong tuh "packaging"-nya menarik banget deh. Dia bilang, untuk BM nanti akan disediain ruangan khusus. Yang gak gede sih, tapi cukup representative. Trus karena dapet quota, tiap project yang goal akan dapet komisi. Tapi gw curiga deh, komisi ini gak akan lebih gede dari allowance sebagai PM dari projek. Trus karena gw jadi PM dan BM juga, berarti gw kudunya dapet komisi plus allowance dooonk... Klo gitu mah, asiiiikkkkk!!!

Eeh pas di-"tantangin" gitu, si boss bilang "kagak". Trus dia malah bilang klo selama ini dia didaulat jadi Project Director tapi masih juga haru ngiter2 cari projek lain... dan gak dapet allowance apa2, parkir, bensin gak digantiin, bla-bla-bla... Gw bilang aja, "nah lu waktu jadi BM gajinya uda 2x gw, sekarang apalagi jadi GM berarti 3x dari gw... makanya lu gak protes kaya gw skg..."

Dianya cuma mesem2 aja... Beeeeuuuhhhhh!!!! Klo gitu kuduna ada peningkatan salary yang signifikan neh. Jangan jabatan doank sama kerjaan yang naek, eh gajinya cuma naek "basa-basi". Iming2 komisi... klo projeknya gampang dapet, klo gak?... melongo aja gw T_T

Jadi, apakah gw siap jadi Business Manager?

Yah apa pun itu gw akan coba jalanin. Gw berprinsip, jangan bilang tidak klo belum pernah mencoba. Anggep positipnya aja, promotion ini artinya boss telah melihat potensi yang ada pada diri gw, dan dia memberi kesempatan bagi gw untuk lebih maju. Ato dengan bahasa laiiiin... si boss uda kewalahan jadi GM, so dia bagi2 "kesengsaraan" sama anak buahnya... Wakakakaka!

Lagi2... ati2 deh sama "packaging" sales soale sering menjebak... Huahahahahahahaha!

2 comments:

zen said...

"Lagi2... ati2 deh sama "packaging" sales soale sering menjebak... Huahahahahahahaha!"

AGREE!! lol... jebakan betmen tuh wkwkwkwkwkwk... =))

.:acen147:. said...

ckakakakak... pengalaman pribadi ya, zen? :p