Saturday, October 03, 2009

Moments of Being an MTB - Mommy To Be

Akhirnya gw mendapat kesempatan untuk menulis kisah ini...

Enaknya mulai darimana ya?

Hmmm... mungkin mulai dari... ketika pertama kali gw mencoba test pack setelah 3 hari terlambat mens. Sebelumnya selama 2.5 tahun pernikahan, gw mungkin baru melakukan test pack maksimal 3x. Gw bukan tipe wanita yang... apa ya... terlalu berharap jika kenyataan mengatakan tidak. Gw selalu mencoba berpikir dan bertindak realistis, bahwa klo tidak ada tanda2 aneh yang lain daripada biasanya, maka gw yakin gw tidak hamil. So, walaupun pernah telat seminggu dan ada test pack di rumah, gw cuekin aja tuh test pack, tanpa terbersit sedikit pun pikiran untuk membukanya, hehehe...

Tapi kali ini memang tanda2 itu aneh luar biasa. Bukan juga tanda2 hamil, karena yang gw alami cukup berbeda dg kebanyakan wanita lainnya. Tapi tanda2 ini belum pernah gw alami. Apa aja tanda2nya? Nanti deh gw jelasin lebih rinci di postingan berikutnya. Saat ini gw hanya mau menceritakan apa hasil dari test pack itu... mungkin dari judul postingan aja uda pada nebak kali yeee... tapi kan moment detailnya belum tau? *maksa ih, hihihihihi!

Jadi, kira2 3 hari yang lalu, tepatnya hari Rabu subuh, 30 Sept 2009, dengan ragu2 gw mencoba test pack yang telah lama teronggok di dalam laci mobil. Gw baca petunjuknya berkali2, maklum gw kurang ahli dalam per-test-pack-an, huehehehehe. Setelah menampung urin dalam wadah lalu menetesi test pack dengan urin tsb, gw tunggu kira2 semenit...

Garis pertama muncul... Dan dalam sekian detik berikutnya, garis kedua muncul secara samar2...

Waktu itu jam 4.45 pagi. Gw baru bangun, mata kiyep2 dan agak belekan, soale semalem baru pake salep mata (sehari sebelumnya mata sempet bengkak entah kenapa). Jadi gw pikir... apa gw salah liat? :p

Untuk lebih meyakinkan, gw rasa gw perlu ngebangunin Mas Adi niy... Pas gw tengok ke luar kamar mandi, lho... ternyata Nyunyu uda bangun... dengan posisi nungging...

"Nyu... kamu lagi ngapain tho?"

"Berdoa supaya hasilnya menggembirakan"


Hahahaha! Ada2 aja niiiiy...

"Sini, liat deh hasilnya... ini positip gak sih? Ada 2 garis, yg 1 jelas, tapi 1 lagi samar. Apa aku yg salah liat?" *sambil ucek2 mengusir belek di mata

"Mana? Mana?" *dia langsung bangkit dari ke-nunggingan-nya, lalu melihat test pack yg gw sodorkan kepadanya

"Waaah! 2 garis... hamil kamu!!!"

"Tapi ini yg 1 samar... klo di Ovutest dibedain tuh samarnya dimana, hasilnya bisa beda!"
*dibanding test pack utk cek kehamilan, gw malah lebih sering pake Ovutest, alat test masa subur, wkwkwkwkw

Nyunyu yang tadinya sumringah... langsung berubah air mukanya. Dia juga binun sama halnya seperti gw. Mo nanya, nanya sapa subuh2 gini, wkwkwkwkw. Yang ada kami hanya membolak-balik kertas petunjut test pack, yang cuma ada 2 tanda: 1 garis - negatip, 2 garis - positip.

Setelah berpikir sekian lama, kami mulai yakin *sedikit, klo gw hamil. Secara spontan kami pun berpelukan... gw nangis... antara percaya dan tidak... apa iya, saatnya tlah tiba? Apa bener keajaiban itu akhirnya datang?

Sambil searching2 di google, untuk lebih meyakinkan, gw tanya2 temen2 kantor yang uda pengalaman punya istri hamil *secara rata2 temen2 gw laki2 semua, jadi gw gak punya temen cewek untuk bertanya, wkwkwkwkw...

Jawaban mereka sungguh menggembirakan, dan mereka pun terlihat surprise... ya... itu tanda POSITIP *pake -ep, hahahaha... Alhamdulillaaaaahhhh!

Tapi gw blum berani lapor2 ke nyak-babe atau mami-papi. Malah temen2 yg gw kasih tau lebih dulu, wkwkwkwkw...

Yang paling lucu adalah reaksi boss ketika gw memberitahukan hal ini. Tadinya sih, gw belum mo ngomong karena belum cek ke dokter. Tapi mengingat project uda mo jalan, dan saat ini aja gw handle 3 kerjaan untuk client yang berbeda, sepertinya dia harus tau!

Setelah meeting di tempat client dan lunch bareng, salah 1 temen *yang uda tau, mengingatkan gw yang memesan 2 es teh tawar.

"Sus, klo ibu hamil gak boleh banyak minum es!"

"Oh ya? Kenapa?"

"Takut bayinya besar di dalem perut",
cletuk si boss

"Gitu ya? Skali ini gpp ya... abis panas banget!" *hari itu emang panas dan lagi mati lampu

"Lho... emang lu uda hamil?", boss gw bertanya2

"Errr..." *agak ragu menjawab... tapi ya sebaiknya dia tau... "Tadi pagi gw test pack..."

"Trus hasilnya?"

"Positip, pak..."

"Ooo",
dia menggumamkan triple-O itu dengan mulut membulat dan pandangan melongo

"Trus project gimana, pak?", temen gw nyeletuk... dia menanyakan hal ini karena itu project 2 taon dan gw adalah PM-nya... klo gw hamil, trus melahirkan, trus cuti... gimana ya kira2? wkwkwkwkw

"Gak tau ah...", muka si boss binun dan akhirnya dia memilih menatap mangkuk sop ikan daripada gw... hi hi hi

Yang jelas pastinya dia binun, tapi mo gimana lagi? Masa mo ngelarang orang hamil? Lagian selama ini gw uda terlalu "mendedikasikan" diri dg pekerjaan. Mungkin inilah saatnya gw memprioritaskan hidup gw dibanding pekerjaan. Hidup gw!!!! Hahahahaha!

Setelah test pack pertama itu, keesokannya gw mencoba lagi test pack dengan alat berbeda. Ini juga gara2 omongan salah satu temen, yang katanya... "jangan2 tuh test pack rusak karena uda expired kali, saking kelamaan lu cuekin..."

Kurang ajar... wkakakakakaka!

Yah daripada gw salah perkiraan dan cuma berasumsi, mending dicoba lagi... Klo gw baca2, merk yg lebih akurat itu HCG ya? Maka gw beli lah si HCG, plus tambah satu lagi deh Sensitive, biar lebih yakin! Hihihihihi...

Dua hari berturut2 berikutnya, gw coba... hasilnya sama... Gw jadi makin yakin... Tinggal ke dokter nih untuk lebih yakin lagi. Klo semua uda bilang positif, baru gw "lapor" ke ortu, mertua, sodara2...

Eh... belum juga ke dokter, si Nyunyu saking gembiranya kali yaaa... bikin "pengumuman" di FB, wakakakaka! Ya sutra lah, semua teman-handai-taulan-dan-sodara pada tau semua. Jangankan mereka, wong tukang martabak langganan aja diberitahu, HAHAHAHA! Itulah saking senangnya kali ya? Tanpa sadar mulutnya uda "keprucut" sendiri *kelepasan, istilahnya si Nyunyu, hihihi.

Jadilah siang hari gw lagi puyeng sama query di tempat client, eh tiba2 ditelpon mami di Jogja... Awalnya sih cuma nanyain kabar... tapi kok tumben yah siang2 jam kerja gini, biasa juga klo telponan pas wiken malam hari. Lama2 bisa ditebak deh arah pembicaraannya... gw disuruh "ngaku", wakakakakaka! Serasa ngaku dosa :p :p

Ternyata Mbak Lina yang kasih tau, tapi karena belum jelas, jadi mami diminta tanya sendiri ke gw, wkwkwkwkw! Ya sutra lah gw critain apa adanya, dan beliau amat sangaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaattttttttttttttttttt bahagiaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa... Dan dinasehati lah gw panjang kali lebar sama dengan luas, hihihihihihi!

Berhubung mami uda tau, rasanya kok gak adil klo nyak babe gak diberitahu... Tapi kan belum ke dokter? Yaaah, gpp lah diberitahu aja sekarang... Biar adil-merata, gicuuuu!

O iya, sehari sebelum test pack, nyak gw pernah tuh SMS si Nyunyu. Katanya, dia kok mimpi gw hamil yaaa? Gw bilang, ah itu mah ngelindur kaleee, kebanyakan ngarep gw hamil, hahahaha! Tapi nyak gw bilang gak ah, wong dia lagi sakit tenggorokan, jadi tidur langsung blek aja gitu, gak pake mikir apalagi ngarep2, wakakakaka!

Eeeh, dasar si nyak nih firasatnya tajem, kalah deh dukun2 juga... hihihihi... Pas gw test pack keesokan harinya, beneran positip. Aneh juga yaaa :p :p

So, malem itu gw n Nyunyu dateng ke rumah nyak-babe... mereka ada di kamar tidur...

"Ma, ada kabar gembira niiih", kata si Nyunyu

"Kabar apa?"

"Aku dapet lotre..."

"Ah masa? Lotre apaan??"

"Pokoknya lotre yang nilainya lebih dari 1 atau 2 M"

"Yang bener ah?",
kali ini babe yang bingung...

"Iyaaaa... klo gak percaya, liat deh nih...", kata si Nyunyu sambil mengeluarkan 3 test pack sekaligus dari kantongnya...

Awalnya nyak-babe merasa binun kali yaaa, secara lotere kok bentuknya aneh gitu... HAHAHAHA!

Tapi pas diliat dengan lebih seksama... kaget lah si nyak...

"Ya ampuuun, paaaa... Susy hamiiiiiiiiiiiiiiiiilllllllllllll... Horeeeee!", teriak nyak persis kaya dapet lotre 5 M, soale pake ada "hore"-nya, wakakakakaka!

Reaksi babe gimana?

Dengan muka cool, dia menatap hasil test pack...

"Hmmm... iya ya... ini hamil ya tandanya??"

Iiiih, si babe kok reaksinya biasa ajah? Padahal selama ini kan dia yang paling hueboooooooooooooooh pengen punya cucu. Malah saking pengennya nih, pernah gw pake baju model baby-doll, eh babe kira gw hamil, trus matanya rembes2 aer mata geto! Eeeeh, sekarang pas beneran hamil dia malah cool abiesssszzzz! Wakakakakakaka!

Tapi walaupun reaksi mereka berbeda, terpancar dengan jelas dari air mukanya bahwa mereka amat sangat bahagia...

Hari-hari selanjutnya bisa ditebak, mereka bahkan terlalu bersemangat hingga uda mulai mikirin rumah Pesona harus ditambah kamar, nujuh bulanan gimana, nama calon bayi nanti apa, kudu cari pembantu n baby sitter, setelah ngelahirin gw harus balik ke rumah gak boleh di apartemen, bla-bla-bla... heboooh pisaaaan... aduh plissss deeeeeeeeeeeh... ini si dede masih bentuk titik uda pada jauh bener mikirnya. Mwakakakakaka!

Untuk lebih meyakinkan lagi, siang tadi gw ditemani Nyunyu n nyak, periksa ke dokter... O iya, gw balik lagi ke dokter Setyabudi, dokter kista gw di Tangerang. Ini dokter bener2 recommended deh... Nti gw cerita lebih detil gimana gw berjuang, diantaranya bersama dr med Setyabudi Sasongko...

Pas giliran masuk tiba... dokter ngeliat kami... kirain mah mo ngomong apa... eh malah nanya...

"Gimana kamu? Mens ya? Keluar ya??" *ini si dokter malah lebih cemas dari pasiennya, hahahaha!

"Hehehehehehe... gak, dok... malah telat mens..."

"Uda test pack? Hasilnya?"

"Positip..."

"Wah, hamil itu... suami harus puasa ya, gak boleh campur dulu...",
wakakakakaka dokter langsung inget aja "pantangan" nomor 1 :p

Trus gw diperiksa deh... pastilah susah nyarinya, wong gw baru telat 6 hari, hihihihi... Tapi setelah dicari2, keliatan juga tuh 1 titik...

"Naaah, ini dia titiknya... selamat ya, kamu hamil... suami puasa ya, klo dia minta jangan dikasih, kejam kejam deh...", huahahahahaha... ih si dokter itu aja yang diingetin... wkwkwkwkwkwkw!

Selanjutnya, nanya kapan gw telat mens, dan menurut hitungannya, dede akan lahir tgl... 5 Juni 2010.

Trus gw disuruh cek darah utk memastikan apakah ada virus toxo, rubella, dsb... Gak lupa dikasih obat penguat rahim, obat mual, vitamin2 plus pantangan2 lain. Untuk kasus gw, gw tetep harus pantang banyak makanan. Jadi siapa bilang gw bebas makan apa aja, hihihihi... Tapi semua akan gw jalani dengan baik. Karena kali ini gw bukan hanya bertanggungjawab pada diri gw sendiri, tapi juga demi si kecil...

Duh... gak terasa ya uda panjang gw tulis ini... abis senang akhirnya bisa berbagi kebahagiaan.

Postingan selanjutnya gw akan menceritakan bagaimana perjuangan gw sampai gw bisa hamil. Mungkin banyak yang mengira gw stop berjuang dan sibuk kerja atau nge-gym demi memiliki badan ideal. Sebenernya gak, gw mencoba berbagai cara untuk hamil, malah olahraga adalah salah satu caranya...

Total ada 4 dokter dan 4 pengobatan alternatif yang gw jalani. Walaupun penuh jalan berliku, gw dengan ikhlas dan senang melakukan semua itu. Nti lah gw ceritain semuanya... Semoga tulisan2 gw akan memberikan inspirasi bagi teman2 seperjuangan...

Pokoke... NEVER GIVE UP, gaaals ;)

12 comments:

Once in a Lifetime said...

Selamat ya, mbak! Ceritanya seru banget, gua sampe ikut deg2an. Gua doain kehamilannya lancar, baik ibu dan janin sehat2 sampai lahir.

Arman said...

Congrats ya sus!!! Bilangin adi juga ya...

Wah gw jd ikutan seneng bgt sus dengernya... Soalnya kan gw tau gimana lu udh usaha lama...

Asli seneng banget!!! :)

Btw setau gw, es itu gak bikin bayi gede kok. Yg bikin gede itu yg manis2. Jadi kalo es krim nah itu bisa bikin gede. Kalo es batu doang ya kagak.

nattever said...

walaah ! akhirnya lu hamil juga sus, selamett yaa..

pantesan mo pindah apartemen di jantung kota, hahaha..
kasian ya si baby kalo nempuh perjalanan jauh tiap ari mulu..

moga lancar2 aja deh ya sampe hari melahirkan tiba..

.:acen147:. said...

*acen yg kebangun subuh2 krn laper...

@once: hiyaaaa, makaciii-makaci buat doa2nya yaaa ;)

@arman: thx, man ;)... Soal es itu, kok dokter mengatakan hal yg sama ya? Jadi gw minum anget2 trs d siang bolong nan panas itu :p

@nattever: huaaa, iya soale g hamil aja uda brasa capek krn lg project, nat. Apalg nanti y? Amin, thx buat doanya, moga2 Avel bs cepet dpt temen :)

Livia said...

selamat yaaaaaaaaaa :)

sehat2 selalu :)

salam kenal ^^

Selvi said...

salam kenal, dari dulu gua suka baca blog ini tapi nga meninggalkan jejak. hehehe.

selamat yah, ikut terharu bacanya deh.

.:acen147:. said...

@livia n selvi: salam kenal jugaaa... makasih yaaa... dan maap banget, blog ini sering ditinggalin sama yang punya, hihiihihi...

Flora said...

Selamat yah Sus..gw ikut terharu mendengar best news ini :).Liat perjuangan lu yang luar biasa benar2 salut dehh...
Take care yah..semoga semuanya lancar sampe si kecil lahir nanti :).

Pitshu said...

Ayah ember yah! jadi pagi2 di FB itu kerjaan dia.. pantes semangat banget balasin comment dah kek orang chat wakakakaka :D
Bunda selamat yah.. akhirnya aku dapet dd LOL!

.:acen147:. said...

@flora: thanks flora, salam kenal ya, moga2 tulisan2 gw memberi inspirasi :)
@pitshu: iyaaaaa, dia pengumuman getoo d fb, huihihihi

Anonymous said...

7tahun setengah bukan waktu lama,,, dan kami blm pernah ke dokter, selain mahal, kami juga mesti menanggung beban keluarga,,, jadi kami ngalah untuk ke dokter, mentok usg,,, suruh hcg mash blm,,, skrg ngumpulin duit dulu buat ke dokter med tanggerang.. tertarik banget, kalau bs sharing apa aja yg perlu dilakuin dan biayannya bs buat masukan,, makasih ya,,, doain kami ya,,, trims

Kalyana said...

Selamat sore sis..selamat dulu ya krn udah hamil dengan perjuangan yg lumayan menguras tenaga dan energi. Btw aku mau tanya itu kuil pertama yg dilampung nama kuil n alamatnya apa ya? Rencana mau main ke lampung. Makasih sudi menjawab.