Thursday, December 31, 2009

Salah Perhitungan...

Baru kali ini nih gw salah perhitungan... yang menyebabkan gw tongpesz dalam menyongsong tahun baru ini... wakakakakaka!

Nasiiiib... nasiiib... hihihihi...

Jadi critanya gini... sehari setelah sampai Jakarta dari pulang liburan di Jogja, gw dan Mas Adi nengokin apartemen. Akhirnya selesai juga pengerjaan furnished, saatnya bersih2 dan beberes supaya bisa ditempatin awal taon depan.

Walaupun uda jadi, masih ada beberapa hal yang belum dipasang, yaitu gorden, water heater, dan belom punya meja makan. Maklum laaah, budget cekak, jadi banyak yang nyusul. Kikikikiki...

Berhubung abis THR n gajian, dan melihat saldo akhir tabungan... kayanya mah cukup nih buat masang gorden dulu. Apalagi uda dipesen sejak sebulan lalu, uda ditagih sama tukangnya... tapi kami beralasan nti dulu deh, apartemen masih dikerjain, percuma pasang gorden sekarang bakalan kotor lagi... Padahal mah maksutnya minta waktu buat napas dulu, wakakakakaka!

Nah, sekarang mumpung ada rejeki, boleh lah cicil pasang gorden. Sebenernya pingin juga pasang water heater... tapi kok model yang dimau mahal banget yak. Dulu gw beli buat rumah Pesona gak nyampe 2jt, sekarang 4jt? :((... Pingin yang model lain, kudu mbobok tembok, sapa yang mo ngerjain, dan berapa biayanya?? Ya tunda dulu deh water heater... klo pingin mandi air anget, masak aja di kompor, wkwkwkwkwkwk!

Pas lagi pasang gorden, janjian juga sama vendor furnished utk ngelunasin sisa pembayaran terakhir sekaligus serah terima kunci... Waktu ada dia, kami ngobrol2 soal water heater. Sebenernya pemasangan water heater uda masuk dalam proposal pengerjaan furnished. Taaaapiii seperti yang dijelaskan di ataaas... berhubung budget cekak, dan harga yg ada dalam proposal kok mahal beneeer, jadi dicoret dalam list. Kami pikir, water heater pasang sendiri aja lah... Tanpa kami tau, bahwa ternyata di luaran harganya uda mahal :((

Waktu ngobrol2 sama si vendor, akhirnya ketauan, bahwa model water heater yang bisa dipasang di apato adalah yang kudu mbobok tembok. Gak bisa yang model tempel. Teknisnya gimana lah, agak ribet jelasinnya. Intinya sih, water heater yang kami mau, selain mahal, juga ada biaya tambahan untuk mbobok tembok, pasang keramik... Waduuuuh... klo di rumah sendiri sih gak masalah. Klo di apato kan untuk renov2 sekecil apa pun kudu bayar deposit dulu 2 juta. Masa pasang water heater sehari harus deposit sebanyak itu, mana baliknya bakal lama (2-3 minggu setelah claim pencairan deposit). Persoalan lain... sapa tukang yg mo kerjain???

Mumet deh kepala...

Emang klo pasang sama vendor, berapa sih biayanya?

Empat juta, uda dapet water heater, keran, termasuk biaya mbobol tembok dan pasang keramik...

HAH?! Boleh juga tuuuuh... Empat juta terlihat murah klo bisa terima beres begitu mah. Abis repot juga klo gak punya water heater, kan bakalan sering pulang malem trus... mana lagi musim ujan...

Tawar-menawar duluuuu... tapi vendornya keukeuh dg harga segitu... Inget2 saldo di bank terakhir... setelah dikurangin pasang gorden n pelunasan furnished... Yaaah, boleh laaaah... masuuuuppp... *PD JAYA dah!, wakakakakaka!

Akhirnya deal! Hari itu melayang duit utk bayar gorden, pelunasan furnished dan DP water heater.

Waktu transaksi sih kagak pake mikir... pindah tangan aja tuh duit cash... Sampe di rumah, setelah leyeh2, kepikiran utk cek saldo bank di BCA... Pas diliat... WAKWAAAAAAAWWWW!!! Berkurang 5 juta dari yang gw ingat seharusnya sehingga gw bisa dengan PD bayar ini-itu.

Panic attack! Apa yang salah niiiih???

Setelah dirunut2, liat pembukuan rumah tangga dan usaha... ternyata... gw lupa... bahwa sehari sebelumnya gw baru aja belanja ke supplier untuk keperluan usaha gw. WAKAKAKAKAKA!!!! Waduuuuuuhhhh!!! Kacau-kacauuuuuuu!!!!

Belum bayar cicilan rumah ke bank, cicilan apato ke nyak-babe, kartu kredit, aer-listrik-telpon-satpam rumah Pesona, aer-listrik-maintenance-parkir apato, sisa pembayaran water heater... Padahal gw juga lagi mo invest utk ngembangin usaha gw... pindah ke ruko, beli etalase, pasang baleho, rekrut karyawan baru lagi... Wakakakakakakaka!

Soal usaha gak usah dipusingin deh... toh itu beda pembukuan. Ya liat aja hasil dari penjualan bulan lalu, bisa invest seberapa banyak. Klo belum memungkinkan, direm dulu, karena belum memungkinkan tambah modal dari duit pribadi. Kekekekeke...

Satu-satunya kesalahan gw adalah selama ini gw masih pake 1 rekening utk urusan transfer2 duit antara keperluan rumah tangga dan usaha. Walaupun tidak mengganggu pembukuan masing2, ada suatu saat gw salah liat saldo, yang akhirnya bikin gw salah perhitungan waktu belanja. HAHAHAHAHAHA!

Setelah diitung2 sisa duit real yang gw miliki sekarang dikurangi total pengeluaran... hahahahaha, cuma sisa sekian juta, yang cukup buat bayar bensin doank! Ckakakakakakakakakaka!

Semalem sebelum bobo...

"Pokoke bulan ini kita harus ngirit ya... gak ada makan enak dulu di luar selama sebulan..."

"Ho-oh!"

"Sehari2 bawa bekel aja dari rumah... nti aku masak deh di apato..."

"Masak kan harus belanja utk beli bahan2nya? Bayarnya gimana?"

"Sementara belanja pake kartu kredit dulu deh, kan bisa dibayar bulan depan... yang penting jangan ngurangin duit cash kita"

"Oke! Tapi mo masak pake apa ya? Belum ada gas-nya tuh!"

"Ya beli aja gas-nya... paling berapa puluh ribu sih..."

"Kan kita belum punya tabungnya... kudu beli tabungnya... 300rb... klo gak salah..."

"Hah?"
*langsung bangkit duduk
"Kok mahal bener???"

"Emang iya..."

"Beli tabung gas bisa pake kartu kredit gak?"

"Yaelah, nyuuu... mana bisa gesek wong belinya di bawah situ..."

"Errr... yah, gak jadi masak deh..."

"Katanya mo ngirit?"

"Mo ngiritnya kok mahal bener sih?"

"Ih, tragis amat sih kita... tinggal sih di apato keren... tapi mo beli tabung gas aja sampe gak bisa tidur!"


HAHAHAHAHAHAHAHA... kami berdua tertawa lepas di tengah kegelapan kamar....

"Gak usah bayar cicilan apato dulu ke mama-papa?"

"Hush, gak boleh... utang is utang! It's our commitment!"

"Ya udah, nunggak cicilan rumah dulu di bank?"

"Itu lebih ngaco lagi!"


Wakakakaka! Bokek bener yak... nasib-nasiiib... sambil elus2 perut dede...

"Deee, mama bokeeeek... moga2 ada rejeki ya buatmu..."

Hi-hi-hi!

3 comments:

Anonymous said...

Jeng Sus, nanya dong.. Apato nya di Thamrin Residence ya? Boleh tau gak harganya berapa & jml bedroom nya berapa? Di sana laku gak ya dikontrakkin? Gue lg pengen nyari2 apato murah buat dikontrakkin nih.. Kyknya Jeng Sus kan udah lumayan berpengalaman nyari2 apato, sapa tau bisa bantu :)
Japri aja deh ke email citrasavitri@yahoo.com. Thanks before ya... :)

.:acen147:. said...

@citra: hi, citra... gw tulis dimari aja ya (lagi males buka2 imel, hehe)... apato tham-res itu paling kecil ukuran 1 BR (42m2 gross, 38m2 nett), harganya waktu itu sih gw beli 515jt.

dikontrakin laku banget krn lokasinya yg strategis... utk kontrak, harganya kira2 5jt/bln (1BR).

Wimpy said...

Nice blog sist... Salam tuk keluarga, sdh hijrah dari depok nihh...