Thursday, May 20, 2010

Gaya Nolak Penawaran Kartu Kredit

O mai got... gw ngeblog lagi?

Wakakakakaka! Maap-maap ya bloggers, klo postingan saya agak membabibuta belakangan ini... Harap maklum yaaa... pengangguran gak punya acara nih judulnya, hihihi!

Kali ini gw mo crita soal marketing kartu kredit ah. Soale gw baru aja ditelpon dan ditawarin, hihihi!

Bukan kali ini aja sih gw ditawarin. Klo diinget2, hampir TIAP HARI selalu ada. Makanya gw suka males terima telp dari nomor tak dikenal. Soale seringnya soal kartu kredit ituh! Cape deeeh!

Sebenernya usaha para sales ini patut dihargai ya. Bayangin deh, dalam sehari ada berapa orang yang harus diprospek. Dan klo liat2 dari pengalaman temen2 lain sih, rata2 pasti menolak utk buka kartu kredit lagi. So bisa disimpulkan, jadi sales kartu kredit harus bermental baja menerima berkali2 penolakan, dan heibatnya mereka pantang menyerah :)

Cuma klo keseringan ditawarin, bahkan beberapa kali dari bank yang sama... rasanya... sebel juga ya. Apalagi klo merasa gak pernah ngasih data2, kok dia bisa tau no hp kita... Pastinya database rekening diperjualbelikan antar bank. Padahal, selama gw bikin project datawarehouse, yang namanya data rekening -apalagi rekening kartu kredit-, sifatnya confidential banget. Gak sembarangan bisa akses. Bahkan seringnya di-decrypt-encrypt biar hasilnya gak bisa di-track.

Balik lagi ke soal penawaran kartu kredit.

Klo dulu, gw masih dengan sabar menerima dan mendengarkan panjang lebar setiap kali diprospek, walaupun ujung2nya sih nolak, but at least gw masih mo dengerin. Berhubung uda keterlaluan seringnya, lama2 gak pake basa-basi langsung nolak aja deh... Contohnya...

"Selamat siang, dengan ibu Susiyani Setiowaty?"

Dari gayanya aja uda ketauan nih pasti sales marketing

"Ya, saya sendiri" *lagi niat nanggepin nih...

"Begini, Bu... Saya dari bank XXX, ingin menawarkan fasilitas kartu kredit..."

"Maaf, Mas... saya lagi meeting nih"


Pura2, padahal mah kagak, hihihi...

"Oh, maaf mengganggu. Kalau begitu, bisa saya hubungi lain kali kalau Ibu sedang tidak sibuk?"

"Boleh..."


Kasih janji surga... padahal harusnya gak boleh ya, soale kan memberikan kesempatan dia utk nelpon lagi... dan ditolak lagi :D

Jenis penolakan lain...

"Siang, bisa bicara dengan Ibu Susiyani Setiowaty?"

"Saya sendiri"

"Saya X dari bank ABC, ingin menawarkan fasilitas kartu kredit..."

"Gak dulu deh, Mbak",
langsung cut sebelum dia ber-bla-bla-bla

"Lho kenapa, Bu?"

"Iya, gak mau aja..."

"Tapi sayang lho... soalnya Ibu..."

"Mbak, gak dulu yaaaa",
cut lagiiii... sebelum saya jadi jutek :p :p

Keliatannya maen cut begitu rada kejam yah. Padahal justru sebaliknya loh. Gw membantu si sales menghemat energy. Bayangkan klo dia uda terlanjur berbusa2 di telpon dan ujung2nya gw tolak juga? Mending langsung aja dari awal kan? :D

Contoh lain

"Pagi, bisa bicara dengan Ibu SusiyanTi Setiowaty?"

"Siapa?",
sapa tau gw salah denger...

"SusiyanTi Setiowaty"

Wah, gw kagak salah denger kok...

"Ini dari siapa ya?"

"Saya X dari Bank XYZ, ingin menawarkan fasilitas kartu kredit"

"Oooh, maaf salah sambung..."

"Tapi, ini nomor 08557899xxx kan dengan Ibu SusiyanTi Setiowaty?"


Dia bener sih utk nomor telponnya...

"Salah tuh, Mas... maaf ya..."

"Oh, kalau begitu maaf, Bu...",
masih dengan nada terheran2 soale merasa uda menghubungi orang yang bener

Lha... tapi sejak kapan nama gw SusiyanTi Setiowaty? Yang bener tuh Susiyani Setiowaty... gak pake tambahan T... hihihihi! Jadi jangan salahkan daku klo bilang salah sambung :D :D

Ada juga gaya gw yang to the point bahkan sebelum dia mulai prospek.

"Siang, dengan Ibu Susiyani Setiowaty?"

"Ya, darimana?"

"Saya OrangIseng dari Bank KurangKerjaan"

"Mo nawarin kartu kredit ya, Mas?"

"Err... iya, Bu..."

"Gak dulu ya..."

"Oh, baik, Bu..."


Kayanya tuh sales agak shock soale belum juga mulai ngoceh uda keburu ditolak, hahaha! Ya maap, biasanya gw gitu klo lagi super-duper sibuk sama kerjaan, kekeke...

Nah... hari ini kan gw ditawarin lagi tuuuh... Dan berhubung gw lagi gak sibuk, gw agak "berbaik hati" dikit deh ngeladenin :p

"Sore, dengan Ibu Susiyani Setiowaty?"

"Benar, ini siapa?"

"Saya X dari Bank Samiun, ingin menawarkan fasilitas kartu kredit"

"Ooooh... gak dulu deh, Mbak",
dengan nada manis semanis madu, kikikikik...

"Waaah, kenapa, Bu... sayang lho... soalnya kali ini ada promosi bla-bla-bla"

"Yaaa... saya gak mau aja, Mbak"

"Gitu yaaa... sayang sekali... emang sekarang Ibu pake kartu kredit apa?"


"Gak ada tuh..."

"Ibu belum punya sama sekali?",
suaranya takjub gitu... mungkin dipikir hare geneee gak punya kartu kredit?? Padahal orang yang gak punya itu malah hebat loh, berarti gak pernah ngutang kan? Kikikikikik

"Iyaaaa, saya emang gak punya sama sekali"

"Emang Ibu kerjanya apa? Pegawai kantor atau wiraswasta?"

"Saya... gak kerja, Mbak... pengangguran..."


Lha emang bener pan sekarang gw pengangguran :p :p :p

"Oooh... jadi HANYA ibu rumah tangga ya?", jelas2 nadanya agak melecehkan gitu setelah tau yang diprospek ini pengangguran dan HANYA ibu rumah tangga... jadi mungkin dalam bayangannya cuma bisa minta duit dari suami... HEH?! Gak tau ya dia, jaman sekarang ibu rumah tangga juga bisa punya banyak bisnis sampingan, tauu! Wkwkwkwk!

Tapi gak pa-pa... lagian kan emang gw kagak minat sama tawarannya :p

"Iya, mbak... saya gak kerja, di rumah aja..."

"Ok, Bu... terima kasih..."


Klik, langsung ditutup deh telponnya...

HOREeeeeeee... bebassss... At least hari ini, dan klo dia cukup pintar, dia akan meng-update database profil gw dengan pekerjaan: PENGANGGURAN... so next time dia akan berpikir sejuta kali untuk prospek gw yang memang tidak prospektif ini :p :p

Hi hi hi!

8 comments:

evancelia-mom said...

Hai Sus, salam kenal juga. sebenarnya gua tuh pasive reader blog lu , suka aja baca blog lu , lucu wkwkwk.... mudah2an nanti lancar semuanya yah pas mau persalinan. boleh gua link blog lu kah ? thanks yaa

Arman said...

gua tambahin ya sus.
kemaren ini pas gua pulang indo buat liburan, hp gua (nomor hp lama gua emang masih aktif) sering banget ditelp ama yang nawarin kartu kredit. kata nyokap gua emang hp gua itu sering banget ditelp orang bank. huahahaha...

nah gua selalu jawabnya: oh saya udah gak tinggal di indonesia, ini lagi liburan doang.

manjur dah. gak bakal diterusin tuh nawar2in nya. hehehe.

.:acen147:. said...

@lisa: hi... bener kan ya namanya lisa? :p... tengz uda mampir... sama2 ya moga2 kehamilannya sehat dan lancar :)

@arman: haaaa... boleh bangeeet idenya *nti dipraktekin aaaah :))

Yuliana-Fun said...

hahahahaha gw juga sering tuh... kalo lage bad mood, langsung dimatiin telponnya.
kalo lage mayan bagus moodnya, tuh hp gw taro di meja.. suruh dia cerita sendiri... tau2nya dia yang matiin hehehe :)

Yenny - Fidel n Feo said...

Cara nolaknya lucu2 banget, yg pengangguran kyknya efektif juga yah mencegah salesnya nelp lagi, gua mo blg pengganguran jg ah kalo ditelp sales karet kredit, at least selama masa cuti ini wakakaka....
Dah due date ya Sus? Smoga lancar dan jangan tegang yah :)

.:acen147:. said...

@fun: wakakakaak, sadisz lu, telp ditinggalin gitu aja... pasti salesnya keki tuh, hahahaha! gw pernah kepikiran gitu, tp rugi ah, nti klo ada yg mo nelp gw kan jadinya kedengeran sibuk mulu :p

@yenny: eh gw uda praktekin cara Arman loh, yang bilang uda gak tinggal di Indo dan skg cuma lagi liburan (uda 2x). kayanya itu efektif juga lho, yen... boleh dicoba ;)

sewa mobil said...

Iya, kalau saya udah enggak sabaran, langsung saya tutup aja telponnya. soalnya sehari bisa 10 kali telpon. Kadang dari bank yang sama

Sewa Mobil said...

Wah, mbaknya galak ya, tapi memang harus digituin sih ya mbak, masif banget skrg pemasaran cc