Friday, May 14, 2010

Politic is Boy's Game

Gw uda cuti donk...

Harusnya sih Senin besok, tapi berhubung gw baru tau klo Kamis libur, jadinya cuti gw dimajuin deh per Jumat ini... Kan harpitnas... itung2 bonus laaah, wkwkwkwk!

Selama gw cuti 3 bulan ke depan, uda ada yang bakal gantiin gw, sebut aja namanya Mr. X... Dia jauh lebih senior dari gw, baik dari sisi umur, experience secara bisnis maupun teknis. Dan yang terpenting, tau banyak soal strategi dan politik dalam dunia kerja.

Pada saat masa transisi utk gantiin gw, dia langsung bisa membaca peta situasi dalam project yang sedang gw handle sekarang.

Beberapa kendala yang perlu dibenahi adalah:
1. Sebagai PM, gw urusin terlalu banyak hal, terutama soal teknis. Yang harusnya gak boleh, karena gw jadi gak fokus sama big picture dari project itu sendiri.

2. SoW dari project yang gak final2 sehingga kerjaan melebar kemana2. Gak bisa close SoW karena project blm di-kick-off. Belum kick-off karena ada dependensi dg konsultan dari luar. Sementara konsultan-nya berkualitas jeblok. Bayangin, masa kerjaan konsultan di-review sama gw?? Gak kebalik ya???? Masalah ini muter2 jadi lingkaran setan.

3. Yah, tipikal semua user... banyak requirement, sering berubah2... Ini harus diingetin klo gak projectnya bisa Oracle (baca: Orakel)... alias Ora Kelar-kelar... wkwkwkwkwk!

Gw mo bahas point nomor 1 ah...

Nasehat si Mr. X utk gw adalah: jangan taruh semua beban di pundakmu, tapi taruh lah di pundak orang lain...

Bagai tersengat listrik, gw baru sadar loh... klo gw selama ini menangani terlalu banyak hal. Sebenernya berasa overload uda lama. Tapi gw pikir itu emang beban seorang leader. Ternyata gw salah. Karena gw uda punya banyak anak buah, harusnya beban itu berkurang...

Menurut Mr. X, hal tsb sebenernya dimulai dari sifat perfeksionis gw sendiri. Gw mau terjun ke berbagai bidang. Apalagi gw merasa, anak buah di project ini, walaupun punya experience hebat2, tapi di bidang yang benar2 beda dengan yang mereka tangani sekarang. Sehingga gw merasa perlu membimbing mereka pelan2. Dan gaya gw membimbing adalah, gw kasih task dari level paling ringan dulu, klo uda paham, baru naik. Sementara level paling berat, masih gw handle sendiri.

Ternyata gak boleh gitu! Apalagi di project, dimana semua dituntut serba cepat. Gaya gw itu gaya guru ngajarin anak sekolah. 12 taon baru kelar SMA, hahaha!

Kasih arahan secara garis besar, langung suruh terjun. Tapi sambil diawasin. Harus berani ambil resiko kasih kerjaan berat ke anak buah, apa pun hasilnya nanti. Tugas gw tinggal review. Klo gak perform, balikin ke kantor.

Naaaah... 1 hal lagi kekurangan gw... gw kurang bisa jadi "raja tega". Walaupun gw jutek aujubileh sampe dijulukin "siluman macan", gw gak tega balikin anak buah ke kantor di tengah2 project. Karena itu langsung memberikan nilai bahwa anak tsb tidak perform. Ujung2nya akan berpengaruh pada karir dia di kantor.

Klo Mr. X bener2 "raja tega". Bagi yang gak bisa ikutin gaya dia, silahkan mengundurkan diri, sebelum ditendang. Ya tapi dia juga punya toleransi sih. Gak yang otoriter harus sempurna sesuai keinginan dia. Anak buah tetap dibimbing. Cuma klo uda keliwatan gak bisa diatur, ya keluar deh sifat "raja tega"-nya.

Dalam organisasi emang harus gitu. Leader gak boleh lembek sama anak buah. Harus tetep tunjukin siapa punya kuasa. Klo semua mau seenaknya, gak bakalan jalan.

Selain mengatur organisasi internal, yang harus gw pelajari sebenernya adalah membaca politik dan strategi.

Selama ini, karena posisi sebagai vendor, seringnya tunduk sama permintaan client. Sebenernya ada acara untuk membuat client mengikuti aturan vendor, tanpa disadari oleh client itu sendiri. Tujuannya bukan mo licik (kami gak suka cara licik, krn itu sih gaya i**ia), tapi agar project lebih terarah. Soale kan project ini ada batasan secara time & budget. Klo mo ikutin kemauan client terus, bisa kedodoran. Client sendiri juga akan kena getahnya, krn klo project molor, performance mereka akan turun di mata management mereka.

Nah, yang paling susah adalah menyusun strategi gimana caranya mengarahkan client.

Miting 2 mingguan utk update progress adalah salah satu cara. Biar client ngeh uda sampe sejauh mana status terakhir, jadi semua requirement di luar SoW di-hold dulu. Tapi kadang cara itu cuma ampuh sesaat, trus lupa lagi deh... Akhirnya mau gak mau dipakai cara 1 lagi, eskalasi ke atasan masing2. Klo uda kepepet emang mau gak mau lapor ke atas sih. Biar para atasan dari kedua belah pihak bertemu dan berbicara. Sehingga klo sampe ada kesalahan, gak serta merta nyalahin PM... kan uda di-update?! Lagian, para anak buah biasanya baru pada mo nurut klo atasan yang bicara. Jadi klo uda 1 suara dg para atasan, kontrol anak buah jadi lebih gampang :)

Strategi ini kadang suka gagal juga... Karena biasanya, kami sering keduluan dari mereka... Jadinya waktu mo eskalasi, uda gak ada shock therapy. Mereka uda mempersiapkan diri bagaimana mengatasi "vendor's attack", hahaha! Padahal sih bukan maksudnya mo attack. Toh masalah ini uda dibahas sebelumnya secara internal. Cuma client nih jaga2 gak mo boss-nya kaget2 kali yaaa, jadi uda lapor duluan sebelum dilaporin vendor, wkwkwkwwk!

Klo hasilnya win-win solution bagi kedua belah pihak sih gpp. Kan semuanya 1 team, gak boleh ada istilah serang-menyerang. Taaaapiiii klo hasilnya jadi no solution... terpaksa deh... hide bagian yang surprise2... tunjukin klo pas meeting sama para big boss aja. Biar pada kaget semua sekalian. Rame deh pasti... hahaha! Strategi ini perlu nyali cukup gede, karena sesudahnya pasti dimusuhin banyak orang :p... Akhirnya jadi nyusahin diri sendiri krn client emoh diajak kerjasama... Refoot kaaan :D

Tapi gw merasa gak perlu sampe segitunya. Gw liat client sekarang cukup fair. Mereka uda banyak makan asem-garem berurusan dg project. Toh klo sampe molor, mereka yang rugi. Jadi tujuan akhirnya sama, bagaimana menyelesaikan project ini tepat waktu, tanpa melihat siapa harus ikutin aturan siapa :)

Itu politik dan strategi di luaran yaaa... Ada lagi politik dan strategi ngadepin internal management.

Kadang ya, tanpa disadari, uda berat menangani beban dalam project, masih juga direcokin sama management sendiri. Ditanyain status dan kapan bisa nagih, uda pasti. Paling kesel klo masih disuruh jualan di tengah2 kejaran deadline. Gak liat apa ya klo lagi sibuk.

Ini harus bener2 bisa nolak deh. Uda gak keitung berapa kali gw berantem sama boss demi mempertahankan anak buah supaya gak dikutak-kutik ngerjain sesuatu yang gak jelas. Disuruh unwaizing (tau dah nulisnya ribet, wkwkw), present, dijanjiin training n sertifikasi... Bah, semua gw tolak mentah2.

Seringnya, karena tau bakalan panjang urusannya klo minta ijin sama gw, boss sering by-pass, minta langsung ke anak buah. Untung anak buah gw uda pada pinter, gw suruh mereka utk lempar aja masalah2 seperti itu ke gw... Biar boss ngadepin gw... Jadi klo boss nyuruh, mereka cukup bilang, "Pak, saya terserah Susy aja..." ;)

Intinya harus jeli, ini kerjaan apa. Klo gak ada value buat team gw, berani nolak. Klo nurut2 aja, jadinya dimanfaatin. Walaupun dengan embel2, semua 1 company, secara cash flow masuk kantong kanan-kantong kiri. Tapi tetep aja donk, performance dihitung masing2. Enak aja!

Selama ini, sebagai perempuan, gw gak terlalu peduli dg situasi politik di dalam kantor. Gw pikir itu saing2an aja lah, males terlibat seperti itu. Tapi belakangan gw baru sadar. Semakin besar company, semakin tinggi suatu jabatan, sedikit banyak harus tau kondisi di dalam kantor. Mana yang bisa dipegang, mana yang selalu di-backup boss dan kenapa selalu di-backup, mana yang cuma karena sirik2an. Pokoke, tiap dikasih kerjaan, harus liat efek sebab-akibatnya... Jangan polos2 amat nerima semua kerjaan. Jangan terlalu naif, akhirnya dikerjain.

Project gw nih contohnya... banyak dibilang project tengkiu. Nilainya kecil, makan resource banyak... entah gimana nanti ngitung performance team gw. Uda kerja banting tulang, tau2 gak achieve. Makanya... harus mulai jeli. Boleh nerima kerjaan, tapi apa rewardnya. Bukannya mo membangkang sama management... tapi lebih baik berhitung sendiri sebelum dihitung... naaaah!

Kayanya bergaul sama Mr. X ini banyak membuka mata gw deh. Selama ini gw terlalu berkubang di sisi teknis... bayangin mana ada si PM ngurusin bugs di project2 sebelumnya? Kata Mr. X, gw terlalu baik... terlalu naif...

Iya... bener juga kali ya... Apa karena gw cewek ya? Masih buta soal strategi, blur soal politik... Well, mungkin itu sebabnya banyak yang bilang... politic is boy's game... But it's never too late to learn... :)

2 comments:

katrin said...

hai sus, ini pertama kalinya kasi komen meski udah ngelink blog nya agak lama. Sekarang lagi flu nih, jadinya blogwalking kemana-mana, n tadi udah baca update-an blog u yang agak pagian, jadi hari ini udah 2 kalo posting ya?hehehe..gpp, tambah seneng diriku hihihi...

sebenernya gw juga bukan org yang suka ma dunia politik2an gitu, tapi stlah smakin nambah umur, ternyata kadang memang perlu juga ngerti ttg politik. apalagi buat u yang abis ini masuk kerja n ada si bayu di rumah. Kayaknya memang udah saatnya "belajar" ttg politik kantor.

smogah dengan ngerti peta perpolitikan di kantor, justru bikin u bisa ningkatin performa ya sus...smangaadd...

.:acen147:. said...

@katrin: hi katrin, salam kenal... selamat mampir, hehehe... hari ini posting sekali kok, pagi2. biasa lagi iseng :p

emang bener yg lu bilang. makin berumur, punya posisi, makin banyak yg mo "ngegoyang", hehehe... pdhl posisi gw juga blm apa2 sih, tapi akan terus "blm apa2" klo gak belajar politik n strategi tadi :)

good luck for u too... cepet sembuh dari flu-nya :)