Saturday, May 15, 2010

Vitamin Selama Masa Kehamilan

Fiuuuh, gw niat banget nih cari2 tulisan gw sendiri yang menyebutkan vitamin yang diberikan dr Med selama masa kehamilan.

Tujuannya sih buat catetan aja. Sapa tau kan nanti klo gw hamil lagi, gw punya referensi vitamin2 penting yang diperlukan oleh bumil and the baby. Sekalian buat sharing juga, sapa tau ada yang perlu ;)

Akhirnya setelah browsing2 sampe jereng, gw nemuin juga nih... salah satu "jejak" tulisan gw di forum Weddingku...

Langsung gw catat dimari...

Jadi, selama trimester awal, gw diberikan:
1. Preabor (2x sehari), yaitu obat untuk penguat rahim
2. Lesichol (1x sehari), vitamin pembentukan otak dan hati untuk janin
3. Lipofood (1x sehari), suplemen makanan untuk ibu hamil

Selain itu, ada tambahan:
1. Obat anti mual (gw lupa namanya), diminumnya optional klo berasa mual aja. Gw sih cuma minum sekali ya, soale gw gak mengalami mual/muntah hebat.
2. Histolan, obat anti kontraksi... diminumnya juga optional, hanya klo berasa perut senut2 (kontraksi), atau pas mo travelling, diminum 1/2 10 menit sebelum pesawat take off (klo naik pesawat), sisanya 1/2 lagi 9 jam kemudian. Untuk jaga2, gw tetep keep obat ini sampe sekarang uda mo lahiran. Anytime berasa kontraksi, tinggal gw minum. Waktu ke Jogja juga mo naik pesawat juga gw minum sih... Ya precaution lah ;)

Memasuki trimester kedua, gw diberikan:
1. Vossecal (1x sehari), kalsium pembentukan tulang untuk janin dan pencegah osteoporosis utk ibu
2. Lesichol (1x sehari)
3. Natabion (1x sehari), vitamin penambah darah, kalsium, asam folat, vit B12, C, D
4. Lipofood (1x sehari)

Memasuki trimester ketiga, obatnya masih sama seperti trimester kedua... hanya...
1. Karena ada keluhan gatel2 dan linu2, yang menurut dokter disebabkan karena kekurangan kalsium, maka dosis Vossecal ditambah jadi 2x sehari... Gak mempan, dinaekin lagi jadi 3x sehari...
2. Pas week ke-34 gw ngalamin kraam, jadinya sama dokter disuruh combine lagi sama Redoxon 1x sehari... Mayan ampuh tuh, gw uda gak kraam, dan gatal2 berkurang... klo linu masih, terutama di bagian tulang panggul (deket mrs V), katanya sih wajar krn si baby lagi cari jalan lahir ke bawah (kepala uda di bawah)

Udah itu aja... Gw merasa vitamin2 ini yang membuat gw fit deh. Soale terbukti, team gw pada tumbang di tengah2 project (ada yang sekedar flu-pilek sampe thypus n DB), gw masih perkasa aja sampe sekarang... Wkwkwkwkwk!

Trus gw juga gak ngalamin bengkak parah di bagian kaki... eh tapi jari2nya agak montok dikit sih, hihihi... cuma gak sampe mlentung gitu loh (gw liat soale ada yg sama2 hamil sampe gede banget kakinya)

Tekanan darah juga normal...

Yah, gak tau sih apakah karena efek vitamin atau memang kondisi gw yang lagi fit. Apapun itu lah, moga2 tulisan ini bisa membantu... dan doain ya... supaya lancar sampe persalinan nanti *menghitung hariiiiiiiiiii :)

9 comments:

Yuliana-Fun said...

susss... apa kabarnya?? baru balik ngeblog lage nih.. :)
moga lancar yak sampe persalinannya nanti... nanti dikabari yak.. kali aja pas ngelahirin, lage maen ke jkt... kan bisa ketemuan hehehe :)

vely (adeknya limmy) said...

thanks a lot ya buat entry blog kali ini. bener2 sarat informasi :) semoga persalinannya lancar ya!!!

luvly7 said...

Duuh, ikut deg2an nih gue nungguin khabar lahiran elu ... soo, mau kado apa cus???

Sehat2 terus, moga2 bisa lahiran normal biar cepet pulih after lahiran ya Cus :)

.:acen147:. said...

@fun: iya niiih, sejak hamil sempetin update, biar ada history-nya :)

@vely: hi vel, selamat buat kehamilannya ya. dijaga baik2. moga2 tulisan kali ini bermanfaat buatmu...

@olla: waduh, kado apa ya, la? binun... apa aja deh, hihihi...

kayanya bakalan caesar, la... tgl 25 nanti :)

Yulia said...

Hi bu..
obat lu sama semua ama obat gw. gila si dr. Med ga pilih kasih ternyata. haha..
good luck with your little prince. keep update yah

.:acen147:. said...

@yulia: lho lu lagi hamil juga? :p
iyaaa... pastilah sama utk tiap pasiennya. klo beda2 nti dia binun sendiri wkwkwkwk. mungkin utk case tertentu bisa beda ya :)

Unknown said...

Hai sist acen...mau tanya caesarnya sama dokter med ga?

obat telat bulan said...

thank you very much for the information provided

Unknown said...

Mom, ,ini dr. Med setiabudi yg di tangerang bkn ya? Aq jg pasiennya dia dan sm bgt smua vitaminnya hehe