Tuesday, May 18, 2010

Week 37: Dayang-dayang untuk Pangeranku

Alow-aloow... hari ini hari ke-6 gw di rumah. Ternyata begini tho rasanya jadi ibu rumah tangga... Sekarang sih masih berasa boring, mungkin karena belum ada kegiatan berarti selain masak-memasak, beberes rumah... Pasti lain ceritanya klo Bayu uda nongol ke dunia... dijamin bakalan heboh dah, wkwkwkwk!

Sebenernya gw gak sendirian di rumah. Sekarang ditemenin 2 dayang2 alias bendinde alias pembantu. Mereka asisten yang ngerjain semua kegiatan rumah tangga. Walaupun gak gw lepas 100% sih, terutama dalam urusan masak-memasak. Tapi mayan laaah, buat nemenin gw hihihihi.

Tadinya berencana mo punya Baby Sitter 1 plus bedinde 1. Tapi setelah denger2 banyak masukan dan pengalaman dari orang2... BS seringnya gak lebih pengalaman dari bedinde. Klo mo yang bener2 pengalaman, harganya mahal banget. Bisa kebanting sama gaji bedinde. Nti malah jadi ada kesenjangan sosial. Blum lagi katanya BS yang pengalaman suka agak bossy. Trusz... yang sadis... sering ada cerita BS yang nyiksa anak... dikasih obat tidur lah, dicubitin lah... Huaaa... ceyeeem

Akhirnya diputuskan daripada hire BS, mending bedinde 2 ekor. Pastinya mereka kurang pengalaman nanganin baby. Tapi bisa lah diajarin... skalian belajar bareng majikannya yang cuti 3 bulan :p

Masalahnyaaa... cari bedinde juga syusyaaaah. Uda lewat 10 jari kaki ma tangan kali nelponin agent. Walaupun bedinde dari agent tuh gak recommended... we don't have better choice!

Tapi, keliwatan emang tuh agent ya. Harga bedinde kok mahal2 amat. Yang junior 600rb, yang senior 750rb. Ada yang 800 rb. Tyus pake ada uang admin, bervariasi antara 600rb - 1.5juta. Kirain tuh uang bisa buat jaminan, klo gak betah, bisa dapet ganti. Ternyata kagak. Lha klo gw mo ambil 2 bedinde, berarti kudu nyiapin duit admin ampe 3 jutaan donk. Amit2... mending buat beliin popoknya Bayu :p

Uda nanya temen2 juga, sapa tau ada referensi gitu. Hasilnya... gak ada... emang syusyaaah yaaa...

Sampe akhirnya nyak bantuin nyari, katanya di kantornya ada cleaning service, yang sering dimintain cari pembantu di kampungnya. Wah boleh nih...

Cukup kasih duit ongkos 250rb per orang, tanpa tambahan uang admin dsb. Gajinya juga muraaah... secara bener2 "orisinil" dari kampung. Cukup 350rb di bulan2 pertama. Nanti diliat kerjanya, klo oke, boleh lah ditambahin.

Tanpa banyak pikir, kami langsung booking 3. Dua bedinde perempuan untuk gw, satu lagi laki2 untuk nyak babe...

Singkat kata, hari Minggu lalu kami jemput mereka di suatu tempat. Dan sejak itu resmi lah para bedinde ini menemani hari2ku. Belum tau dah betah kagaknya, wong baru 2 hari. Moga2 aja lah...

Para bedinde ini nti yang bakalan jadi dayang2 buat my little prince, Bayu. Sebenernya kerja mereka bakalan dibagi 2 sih. Satu urusin kerjaan rumah tangga, satu lagi urusin Bayu. Sebenernya gw juga sengaja pake 2 dayang2, secara pengalaman yang dulu2, klo sendirian gak betah. Soale rumah gw tuh mojok, kagak punya tetangga. Ada tetangga agak jauhan dikit. Jadi kesannya sepi.

Dulu gw pernah punya bedinde pulang hari. Kerjanya nelpppooooooon mulu ama cowok. Gw kirain telponan sama lakinya, soale dia ngaku uda merit n punya anak. EEeh ternyata sama selingkuhan! Gw taunya setelah dia ijin pulang kampung dg alasan anaknya sakit. Ijinnya cuma sebulan, trus gak balik2. Malah lakinya yang dateng ke rumah, nanyain apa bininya uda kerja lagi tempat gw. Lha?!

Setelah selidik punya selidik... ya itu... kabur sama selingkuhannya. Mana lakinya sempet gak percaya lagi pas gw bilang gak pernah balik ke rumah gw. Sampe digentak sama Nyunyu soale nanyain mulu... dikira gw ngumpetin bininya, kali... Gelo, wkwkwkwk!

Bedinde kedua, masih ABG. Dari awal uda bilang gak suka urus anak kecil. Berhubung waktu itu blm punya anak, dan perlu bedinde cuma untuk beberes... ya sutra deh. Kali ini bedindenya nginep di rumah. Dan seringnya sendirian, soale gw n Nyunyu pergi ngantor subuh, pulang malem.

Nah karena sendirian kali ya, dia suka berhalusinasi... Apalagi pernah ditinggal sampe malem trus mati lampu, ujan gede... wkwkwkwkwk! Di situ dia masih betah. Sampe suatu hari, gw suruh bersihin kamar mandi, sementara gw n Nyunyu mo belanja keluar. Sorenya, pas balik... dia bilang mo keluar aja... Katanya rumahnya serem... waktu dia nyikat kamar mandi, ada suara manggil2 namanya. Dikira yang manggil gw... trus dia baru ngeh, klo gw uda pergi... Jadi siapakah itu? Wakakakakak!

Ya sutra lah... gw mana bisa nahan orang mo keluar? Apalagi alesannya takut krn rumah gw berhantu. Padahal, bedinde sebelumnya gak pernah ngalamin. Gw sendiri klo pas lagi gak masuk kantor, selalu sendirian dari subuh sampe malem, gak pernah ngalamin yang aneh2 gitu. Huehehehehe!

Maka kembali lah kami berduaan aja. Untung sih gw punya laki mau (bisa dibilang RAJIN) beberes. Gw uda kaya ratu di rumah. Nyunyu yang nyapu-ngepel-nyuci... kadang masak pula... Dasar gw istri tak tau diri, wakakakakak! Nyunyu orangnya gak betah liat yang kotor2. Jadi dia langsung turun tangan. Sedangkan gw, berangkat pagi pulang malem, uda keburu loyo duluan. Paling sempet masak pas wiken aja...

Sampe gw trus hamil, uda mulai berasa butuh bedinde. Apalagi papi Jogja uda ngingetin terus, cari pembantuuuuuuuu... Nti kan mo punya baby... Iya-iyaaa... nanti deeeeh... Lagian kami tinggalnya nomaden bolak-balik apato n rumah. Klo punya bedinde mo ditaro dimana? Di apato gak mungkin soale sempit. Di rumah trus ditinggal2? Dijamin resign gak nyampe sebulan, huehehehe.

Baru deh menjelang kehamilan 8 bulan, hunting dimulai. Dan yaaah, gak segampang itu, walaupun akhirnya dapet. Thx God.

Punya bedinde 2 ekor... gw sebut dayang2 ah... Namanya Tia dan Desi... Dua nama yang mengingatkan gw sama 2 temen... Maap ya, Tia n Dessy... wakakakakak! Mereka masih bersaudara sepupuan... masih ABG juga, umur 18 dan 16 taon. Klo si Tia lebih pengalaman nih, lebih gesit, soale dia uda pernah kerja sebelumnya. Klo Desi masih polos. Tapi dua2nya bisa dibilang belum bau "Jakarta"... belum tau handphone. Jadi ya kerja aja, gak sibuk telponan.

Cuma dasarnya masih ABG masih suka main2 kali ya. Kerjaan di tempat gw kan gak banyak. Rumah gak gede, gak punya kebon, anak belum lahir. Jadi paling cuma nyapu-ngepel-nyuci-nyetrika. Trus bantuin gw masak deh. Sore kemaren gw suruh mereka main2 keliling kompleks naik sepeda. Eh pulang2 laporan, katanya digodain cowok2. Wkwkwkwk!

Hari ini gw suruh nyamperin tukang sayur (masih dengan naik sepeda). Biar tau lingkungan dikit lah. Biar gak bosen gitu. Tapi asal jangan keseringan maen aja. Trus takutnya klo banyak tau dunia luar, nanti bisa dipengaruhin... diiming2in gaji lebih besar... Wah, bisa kabur dah!

Belum juga kekhawatiran itu terbukti, eeeh... ada satpam rese. Waktu keliling2 kompleks, tuh satpam lewat rumah gw. Trus dia nanyain dayang2 gw... emang berani tinggal di situ? Gak takut? Lhaaaa, dayang2 gw jadi nanyain ke gw... "Emang ada apaan bu di rumah?"

Haesssh, langsung gw cuci otak aja deh mereka... KAGAK ADA APA-APA! Jangan dengerin satpam usil. Saking kesel, gw lapor Nyunyu... trus Nyunyu tegor si satpam... "Laen kali gak usah banyak ngomong2 gak penting sama pembantu saya ya! Klo mo ngenalin muka aja boleh, tapi gak usah ngomong aneh2, apalagi sampe nakut2in"

Uda tau cari dayang2 susah, masih direcokin! Klo pada kabur, emang mo cari gantinya? Grrr!

Si Limmy bilang, bentar lagi gw bakalan punya curahan hati soal bedinde, sama seperti ibu2 lainnya. Hihihi, iya sih... gw tau... Klo sekarang mah belum keliatan yak tabiat asli dayang2 gw. Let's see nanti lah. Moga2 betah sampe at least 6 bulan aja gw uda demen banget.

Moga2 dayang2 ini nanti bisa ngurusin pangeran kecilku, Bayu... terutama bisa dipercaya di saat gw kelar cuti hamil nanti :)

5 comments:

AnGeL said...

wah muda bgt ya sus masih 16 taun booo..pengasuhnya Hazel umur 20 th aja gw bilang masi ky anak2 gitu apalagi dia kecil ya org nya.haha..smoga betah dan cocok sm bayu nanti :)

-mandayandalovetoriq- said...

bentar lagi selaen curhatan bayi
curhatan anak
curhatan susu
curhatan bedinde deh
heheheh......

Yuliana-Fun said...

hahahahaha kurang ajar tuh satpam hehehe :) mudah2an ga ada cerita yang aneh2 tentang dayang2 loe yak sus... hehehe :)

luvly7 said...

Gue malahan pengalaman cus, kalo cuman seorang betah gag macem2, kalo ada 2malah salaing pengaruh mempengaruhi ... haezzz ...
moga2 bedinde elu termasuk yang 1 diantara 1000 yaa .... yang betahan, gag rese apalagi gag jujur. Mengingat elu n mas nyunyu orang baek ... hahahha, gag nyambung yaa :p

.:acen147:. said...

@angel: cari yang muda donk, ngel... bayu kan suka yang seger2... mwakakakak!

@manda: so emak2 banget yak curhatannya hihihi...

@fun: tu satpam emang kurang ajar. kemaren dayang2 maen sepeda, eh diikutin sama si satpam naek motor. grr!

@olla: soale rumah gw sepi, la. klo sendirian pasti gak betah deh dosq. ya blm ketauan sih bakalan betah or gak, abis blm juga seminggu... hahaha, ya moga2 orang baik dapet dayang2 baik *lho :p