Wednesday, July 14, 2010

Hepi Besdey to Me ;)

Hai-haiiiii... Jumpa lagi dengan saya... BunBay... Bunda Bayu... Klo mo lebih lengkapnya, BunBaySis... Bunda Bayu Narsis, hahahaha!

Gilee, terakhir update blog sebelum lahiran yak. Abis itu ngilang... emang gak supan, wkwkwkwk! Sebenernya setelah sesar tiap hari pingin ngeblog. Tapi niat itu menguap begitu aja, tergantikan dg ngoroks di siang bolong... soale malemnya begadang terooooooossssssssss!!

Kebetulan hari ini gw ultah niiiy, bela2in ah buka laptop tyus connect inet... mumpung Bayu lagi bobo... kapan lagi, ya gak? kikikikik...

Btw, pasti kalian missed banyak hal ya... trus pastinya kalian juga penasaran, selama gw ngilang itu APA YANG SEBENARNYA TERJADI *haesh lebay sekaleee... Oke sebelum pada begging2 *lebay lagiiii... mariii, saya ceritakan semuaaa, hihihi!

24 May 2010

Pada sore hari di tgl 24 May 2010, gw sekeluarga uda standby di RS Siloam Karawaci Tangerang. Rumah di Depok, melahirkan di Tangerang... apa gak sinting? Wkwkwkwk! Seringnya gw capek klo njawab pertanyaan orang2 kenapa bisa begitu... jadinya buat mempersingkat penjelasan, gw bilang aja: oooh, saya baru pindah Depok, sebelumnya emang tinggal di Tangerang :D

Gw harus puasa 12 jam sebelum operasi. So sore puas2in makan. Walaupun gak bisa muat banyak juga sih... Trus malemnya rada2 gak nyenyak tidur. Bukan karena mikirin mo operasi besokannya, tapi krn sering dibangunin sama suster. Ya pasang jarum infus lah, suntik ini itu, minum obat ini itu... dan gak lupa... CUKUR... cukur apa hayoo? Haaaahahahahahaha! *bukannya njawab malah ktawa, wkwkwkwk!

25 May 2010

Akhirnya saat yang dinanti2 tiba. Jam 7 pagi gw uda siap2 mandi, trus dibawa ke ruang operasi. Deg2an? Agak sih, tapi masih sempet poto2 deh... tapi gw malu ah upload nya, soale bulet banget... uda gitu kucel... maklum gak sempat dandan... *mo operasi kok mikirin dandan? hihihihi

Sampe di ruang operasi, ktemu sama dokter anestesi. Sempet wondering, dr Med kemana yak? Jangan2 doi lupa? Hahahaha! Eh gak lama kemudian muncul lah dia... Lucunya niih, si dokter sempet berbangga2 diri gitu di depan dokter anestesi, dokter anak dan para suster...

dr Med: "Nih, uda merit 3 taon susah punya anak... saya tanganin bisa hamil!"

dr anestesi: "Iya, Bu? Emang apa keluhannya?"

gw: "Kista, rahim retro..."

dr anak: "Wah apa tuh resepnya kok bisa berhasil sama dokter Setyabudi?"

dr Med: "Sssst... jangan diberitahu... itu rahasia kita berdua... rahasia dapur! Pokoke sapa dulu donk dokternyaa... bertangan dingin... dipegang langsung hamil..."

Hahahahaha... kocak deh si dokter, jadinya suasana operasi gak ada tegang2nya sama sekali :p

Sebelum dioperasi, suntik kebal dulu. Dasarnya gw ndut, jadi pas suntik gak bisa dalam keadaan tidur miring. Kudu bangun sambil duduk, baru masuk jarumnya, hahaha! Gw juga heran, prasaan uda ditusuk sana-sini kok gak ngaruh apa ya... ternyata belom tembus soale ketutupan lemak yang tebel, wekekekek!

Setelah jarum anestesi akhirnya masuk, meresaplah efek obat ke dalam aliran darah. Dalam hitungan sepersekian detik, gw merasakan hangat mulai dari pinggang ke bawah... trus kesemutan... trus kebal...

Maka dimulailah operasi dalam keadaan 1/2 sadar. Supaya gak tegang, si dokter anestesi yang simpatik (lupa namanya) ngajakin ngobrol...

dr: "Gimana perasaannya, tegang gak?"

gw: "Tegang banget... uda mulai dibelek ya, dok?"

dr: "Iya tuh..."

gw: "Darahnya banyak gak?"

dr: "Waaa, sampe muncrat2 ke dinding..."

Hahahahahaha, dokter sinting... wkwkwkwkwk!

Mulai operasi jam 8 tepat, 3 menit kemudian gw mendengar suara tangis bayu... OEK-oeeek-oeeek... langsung merinding sekujur badan... tanpa terasa air mata mengalir... terharuu... ucapan selamat berdatangan dari para dokter dan perawat...

"Ibunya nangis... terharu ya, bu?"

Gw hanya bisa menjawab dengan anggukan kepala.

Dan seperti perkiraan sebelumnya, jenis kelamin baby adalah cowok. Dia langsung dimandiin, dibungkus, dibawa oleh dokter anak utk diperlihatkan pada gw...

dr: "Bu, anaknya jagoan, putiiih sekali... ganteng! Saya bukan sekedar memuji loh, tapi emang beneran ganteng... ini dia..."

Gw melihat si kecil mungil dalam dekapan dokter... matanya yang bulat, bibirnya yang mungil... ah... speechlesss.... lagi terharu2nya... eh si dr Med sempet2nya ngebanyol...

"Iya, ganteng... siapa dulu donk dokternyaaa....!"

Hahahahahaha!



Setelah ngeluarin Bayu, dr Med melakukan pengecekan terhadap kista. Ternyata kista gw uda ilang. Sebagai gantinya, ada myom kecil yang langsung diambil saat itu juga. Dan ada myom yang ukurannya agak besar... yang gak bisa diambil krn posisinya nempel di dinding rahim. Klo diambil nti rahim gw bolong. Sedangkan gw masih mau punya anak.

Akhirnya dr Med memutuskan utk tidak melakukan tindakan apa2 terhadap myom yang nempel di dinding rahim itu. Untuk meyakinkan keputusannya, dr Med minta Nyunyu utk masuk ke dalam dan melihat sendiri.

Jadilah Nyunyu dipanggil... tyuz dia liat perut gw dalam keadaan dibelek... darah dimana2... keliatan tuh rahimnya terbuka... ada telurnya... trus myom... Masih bagus dia gak pingsan ya liat pemandangan "bugil" *bugil kok sampe ke jeroan keliatan, wkwkwkwk!

Nyunyu setuju klo myom gak diambil dan dia keluar lagi dari ruangan operasi. Trus yang terjadi kemudian adalah semacam praktek "kuliah" dimana dr Med bertindak sebagai dosen dan para perawat adalah para mahasiswanya...

dr Med: "Nih, ini namanya indung telur... liat tuh ada telurnya, bagus kan... ada 2... Lagi masa subur niiih!"

perawat2: "Oooo... klo yang ini apa dok?"

dr Med: "Ini myom yang kecil, bisa diambil, klo yang besar jangan..."

OIiiiiiii-Oiiiiiii... gw serasa katak percobaan nih dibelek trus diutak-atik wkwkwkwkwkwk!!!

Sementara emaknya dijadiin kodok percobaan, Bayu dibawa keluar utk diperlihatkan ke Nyunyu n nyak. Kata Nyunyu, nyak teriak2 kaya anak kecil dikasih balon... seneng banget, hihihi... Si dokter anak yang sepertinya heran kenapa si baby bisa putih banget, setelah liat nyak gw trus komentar...

"Ini dia dedenya... ternyata putih nurunin neneknya..."

Kesimpulan, si dokter menganggap gw n Nyunyu gosong kali ya sampe bisa komentar begitu... wakakakaka!

Setelah operasi, gw gak langsung balik ke kamar dan ktemu Bayu. Kudu nunggu di ruang pemulihan selama 2 jam. Jadi rada2 gak sabar. Soale selama nunggu itu bengong2 gak jelas, ngliatin jarum jam muter2... tau gitu gw kan bisa bawa BB, sekedar update status, hihihi!

Penantian penuh ketidaksabaran akhirnya terbayar, 2 jam setelahnya gw dibawa balik ke kamar, ditemuin sama Bayu. Saat pertama mendekapnya... rasanya amazing... Trus coba kasih ASI... eh SUSAH... wkwkwkwk! Apalagi pas dia nangis... BINGUNG... mana efek obat bius mulai menghilang... trus nyak gw lupa cara nggendong baby... waaah yang ada tiap saat gw ngebel suster minta bantuan, hihihi...

Sedangkan Nyunyu balik ke Depok utk ngubur ari2 di pekarangan belakang rumah. Setelah itu dia balik lagi ke Tangerang utk jagain gw. Bener2 refot ya... tapi seneng aja :)

26 - 27 May 2010

Operasi sesar jaman sekarang ternyata tidak semenakutkan seperti yang dibilang orang2. Trus berkat kemajuan teknologi, gw gak harus nunggu kentut dulu utk bisa makan minum. Jaman sekarang bisa dicek dari kebisingan usus. Klo usus mulai bunyi berarti uda mulai aktivitas yang artinya boleh makan minum. Si dokter anestesi lebih extrem, dia malah membolehkan makan minum langsung setelah operasi. Tapi dr Med bilang gak boleh. Dan sepertinya suster2 lebih takut sama dr Med, jadi gw diminta ikutin saran beliau, hihihi!

So, kira2 4 jam setelah operasi gw dibolehkan minum, makan bubur... Berikutnya makan nasi tim... selanjutnya bebas deeeh...

Untuk urusan rasa sakit, setelah efek obat bius hilang, emang berasa banget sakitnya. Tapi gw dipaksa harus latihan bolak-balik miring kanan-kiri utk melatih otot perut. Dan keesokan harinya, harus uda bisa duduk, bangkit dari tempat tidur dan jalan2... Pokoke gak boleh manja. Semakin manja semakin lama pemulihannya.

Makanya mungkin pada heran kali ya, tgl 27 May gw uda langsung pulang ke rumah. Selain sama dr Med dibolehin, gw juga gak betah di RS. Sumpah, di sana malah gak bisa istirahat, soale bentar2 dibangunin utk minum obat, suntik ini itu, cek ini itu... hufff!

Buat temen2 kantor yang mo dateng nengokin tgl 27 pada terkaget2, krn gw uda siap2 mo pulang. Akhirnya mereka bela2in deh dateng ke Depok sore dan baliknya malem. Waaah, bener2 makasih banget buat perhatiannya... gak nyangka PM yang galak ini ternyata disayang sama team *GE-Errrrrrrrrrrr... hahahaha!

O iya, secara gw liat nyak gw bener2 hilang ingatan gmn cara rawat baby, maka saat itu juga Nyunyu langsung cari2 yayasan Baby Sitter. Kayanya gak bisa gak deh... HARUS punya baby sitter. Sapa yg bisa bantuin gw... yang juga gak pengalaman urus baby sama sekali?

Thanks God, dan mungkin emang uda rencana Tuhan begitu, cari2 di internet langsung dapet dari yayasan di daerah Magelang. Hari itu juga BS-nya diminta datang ke Jakarta naik travel. Jadi pas gw pulang dari RS, dia uda standby di rumah. Bener2 miracle!

30 May - 2 June 2010

Baru juga seneng2 ngerawat Bayu di rumah... eh cobaan itu datang. Gw liat emang dia kuning. Tapi kata orang2 wajar klo baby kuning. Tinggal dijemur, kasih ASI, bisa ilang kuningnya. Ternyata gak semudah itu.

Waktu dicek ke dokter anak di Depok, bilirubin Bayu uda 17. Bisa tinggi banget soale golongan darah gw beda dengan Bayu, yang memungkinkan resiko kuning lebih tinggi dari yang sama. Dokter ultimatum Bayu harus dirawat inap di RS. Karena klo sampe 20 bisa gawat, bahkan bisa transfusi darah... lebih parah lagi kan?

Panik... nangis sampe mata bengkak... tapi akhirnya gw relakan Bayu dirawat inap RS. Pertama kali gw tengok dia, nangis lagi... abis posisinya nungging gitu, disinar 2 lampu. Bayangan gw, dia susah napas, trus kepanasan... mewek2 lah gw di RS...

Eh pas diliat susternya, malah diketawain...

"Ibu kenapa nangis?"

"Anak saya disiksa... huhuhuhu! Ditunggingin gitu trus disinar2 kepanasan"

"Lhooo, justru posisi itu posisi favorite bayi, buuu... dan sinarnya gak panas kok... coba deh ibu ke dalem, cek sendiri..."

Pas gw cek... iya, gak panas, anget2 doank... hihiihihi...

"Boleh saya gendong sebentar anak saya, Sus?"

"Iya, tunggu ya..."

Ketika Bayu diserahkan, gw gendong dia dengan berhamburan air mata... sementara dia sendiri? Tidur nyenyak dengan super coooooollll... Weeew ni anaaak... gak tau ya klo bundanya uda mewek2 tiap maleeeemm? Dianya malah cuek beibeeeh... hihihi..

Tapi gw agak tenang sih, soale Bayu keliatan tambah ndut. Pipinya melimpah kemana2. Tiap hari gw setor ASIP walaupun masih campur juga sih sama sufor. Yah yang penting dia mau minum banyak, soale itu bisa mempercepat penyembuhan.

Beruntung, gak sampe nunggu lama, bilirubin Bayu turun drastis. Katanya suster2 di RS, Bayu kuat minum *klo gak mo dibilang rakus, hihihihi... Makanya cepet sembuh deeeh...

Legaaa...

3 June onward

Lha ini mah tiada hari tanpa begadang sampe detik ini... Perjuangan melawan sisa2 sakit operasi sesar paling cuma 7 hari lah... Selebihnya ya ngerawat Bayu, terutama usaha utk kasih ASI. Jujur, gak bisa exclusive soale Bayu minumnya kuat bangeeet! Trus klo ngompol2 kudu diganti lagi sama cucu... Bisa dibilang ASI 80%, sisanya dibantu sufor :)

3 July 2010

Acara kekahan Bayu digabung sama ultah babe. Sebenernya kekahan Bayu tepatnya tgl 29 Juni. Tapi karena hari kerja, refot... trus biar bareng sama ultah eyang kung nya, jadi dimundurin ke tgl 3 July 2010.

Acaranya pengajian yang dilanjut bagi2 berkat nasi + lauk dari kambing 2 ekor yang diolah jadi sate dan gulai. Trus tiup lilin ultah babe dilanjut bakar2 ikan.

Mayan seru ;)

14 July 2010

My besdeeey... Kadonya banyak nih. Dari hubby tercinta dapet jam tangan n hape. Dari nyak dapet perhiasan, tas kerja. Dari babe dapet kacamata. Itu hadiah boleh nodong, mumpung suasana hati semua orang lagi seneng soale uda ada Bayu di tengah2 keluarga... mwakakakakakakak!

Dan yang paling tak ternilai harganya sih... kado dari Tuhan... so special deh taon ini... ya apalagi klo bukan baby Bayu... yang makin ndut lucuuuuu... ugggh cium2 tiap hari... kecuali klo dia lagi nangis... hueeeeeeeeeeeee... ilang deh gantengnya... mwakakakakaka! Just kidding, son... lagi ngapain pun Bayu tetep paling ganteng buat Ayah dan Bunda. Love you so much!

Thanks God atas berkat yang Kau limpahkan utkku selama ini. Semoga kebahagiaan ini dapat dirasakan juga oleh orang2 yang kukasihi... my beloved hubby, parents, fam, n frends. AMIN!




17 comments:

Pitshu said...

weee.. mo melahirkan kudu puasa ?! ga bisa gitu makan dulu 2 jam sebelum operasi ?
jadi inget waktu g sakit peyut karena stress dari jam 10 am - 5 pm ga boleh makan, laperrr gilak hiks

Pitshu said...

ej lupa... Happy B;day lagi Bunda hahaha... wish u and family all the best emuach d~

sakuralady said...

happy bday Sus..
iya ganteng banget sih Bayu. putih.. foto yg skrg donk Sus.. pen liatt... ^^
bahagia terus ya.. cutinya sampe kapan btw?

Anung said...

Akhirnyaaa nongol juga cerita ini.. haha..

Sekarang uda ok ya bayu nya? kuning nya uda ga balik2 kan? :)

Happy bday and congrats for the present!! :D

Pucca said...

happy besday susi si bunbaysis.. gua ucapin di sini aja ah, males ngetik2 sms haha..

gua blom baca cerita lu, ngucapin selamat dulu takut lewat huehehe..

katrin said...

hepi bday bunbaysis...sehat slalu n dilancarin sgalanya ya...amiinn...Si bayu begitu difoto udah langsung bisa pose ya dia (nurun siapa dulu dong hahahaa....)...hmhmm...skali lagi congrats ya...buat bdaynya n juga kado teristimewa taon ini...bayuuu...

Arman said...

happy bday ya sus!!! wah dapet kado spesial nih ya... :)
congrats ya udah lahiran....

Yenny said...

Congratz ya, Bayu-nya bener2 ganteng, matanya bagus, kulitnya putih... Met ultah juga ya en salam kenal...hhehhe..

evancelia-mom said...

Happy Birthday ya Sus and selamat buat baby bayu nya , luucu bgt wkwkwk....

Pucca said...

udah kelar baca :D
baca lu nangis jadi inget dulu waktu kuliah lu sering banget nangis sus hahaha... dapet nilai B nangis, nilai kuis lu jelek nangis :P

eh gua juga mau donk liat isi rahim, mas adi foto gak sus?

Vin said...

Susiiii... selamat buat kehadiran Mas Bayu nya dan buat ultah nyaa... hehehe... seger amat deh Bu :D

angel said...

selamat ya cus dek bayu udah lahir.iya putih beneran yah. dulu juga hazel bilirubinnya sampe 17 tuh. tapi klo disini bisa nyewa alatnya utk di bw ke rmh jadi mending deh ga musti bolak balik RS dan tetep bs kasih ASI.

elo cakep amat sus abis lahiran. klo gua ko dulu kumel yah..hihih..

Happy belated bday juga yahh...

Belzy said...

huaaaa....akhire kluar juga foto perdana bayu :). Gantengggggg oiiii :).
Duh, gue yang baca critaan elo aja ikutan excited, gimana elo dan kluarga yah sus :). Emang anak tuh hadiah terindah dari Tuhan yah sus :).
eniwei, happy birthday yah sus, hadiah ultah taon ini bener2 ga terlupakan yah :)....dapet dede Bayu :)

.:acen147:. said...

@pitshu: iya harus puasa, pit. sblmnya lu makan yg bener pasti bisa kok :)

@willy: makasi, wil... itu poto terakhir kok... ada juga sih yang lain... banyak gw upload di FB ;)

@anung: hahaha, iya baru sempet ngeblog, Nung... Bayu uda sehat kok, gak kuning lagi. minumnya rakuuus :)

@viol: makasih ya, viol... mana nih Bayu kok belum ditengokin sama tante viol yaaa :D... nangis sekarang pasti beda dg yang dulu donk, hehehe. gak poto rahim, ngeri ah dibelek2 gitu soale :p

@vin: thx, vin... seger kaya lalapan dunk wekekekekek!

@katrin: maaci... iya, baru lahir aja uda langsung pose... uda bawaan siiih hahahaha!

@arman: iya nih, man... bener2 spesial tahun ini :)

@mom evancelia: maaci mommy... salam juga buat evan celia ;)

@angel: itu mah krn dandan tipisz2 kali ya... klo kagak juga sama leceknya hahaha!

@belzy: hahaha, makaciii yaaa... bener2 kado tak ternilai deh :)

Dessy said...

happy b'day susi..............
sorry telat xixixixi...

bebek said...

happy belated birthday, sus...
lu gag suruh nyunyu poto elo dengan jerohan keliatan? masih kurang narsis loooo

.:acen147:. said...

@dessy: "hukuman"nya gratis ongkir melilea, des... hahah, jk ;)

@bebek: wekekekeek... ampuuun gw gak senarsis itu :p