Monday, October 04, 2010

Donor ASI

Helow-heloowww... Ktemu lagi nih...

Gw sambil nulis blog sambil mata kiyep2. Rasanya ngantuuuk banget... mungkin akumulasi dari kurang tidur sejak ada BayuNdut. Ditambah sekarang lagi sibuk2nya ngurus "bayi" satu lagi, yang bernama HepiNet... sama aja tuh kaya Bayu, butuh perhatian khusus. Jadi hari2 gw sekarang full banget, termasuk wiken masih mondar-mandir sana-sini. Sampe rumah tinggal gelimpangan tepar.

Alhamdullilah sih, HepiNet rame. Saking ramenya sampe nolak2in customer yang mo main. Pegawai gw juga uda mulai ngeluh tuh katanya keteteran. Blum lagi banyak request utk diinstallin games macem2 yang gw baru denger namanya (uda ketinggalan jaman nih critanya). Yah... moga2 lancar terus lah, amiiin :)

Untuk urusan Bayu, jadwal main sama Bayu jadi makin berkurang karena wiken Ayah Bundanya sibuk. Meskipun demikian, diusahain klo dia lagi melek, pasti diajak main. Tidur pun masih sama Ayah Bunda, jadi tengah malem klo mrengek minta susu, ya kudu bangun. Badan capek, tidur kurang... teler lah... tapi herannya kok gak kurus2? Mwahahaha!

Sampe detik ini, Bayu masih 100% ASI. Sufor jaman2 "susah" dulu masih nyisa tuh di rumah 1 kaleng gede. Rencana mo gw kasihin aja ke orang yang membutuhkan (klo ada yang mau, japri aja ke gw ya).

Demi menyuplai kebutuhan Bayu akan ASI, gw masih tetep meres di kantor. Belakangan gw malah jadi bersyukur Bayu gak ketergantungan sama nenen. Dari sekarang Bayu uda keliatan gelagat kemandiriannya. Dia gak harus selalu "nempel" sama gw. Sama suster bisa, eyangnya bisa, Ayah bisa... digendong bude2, tante2 juga mau... jadi enak deh gw bisa bagi2 tugas dalam mengasuh Bayu. Gw juga jadi gak kepikiran klo ada tugas penting yang mengharuskan gw pulang sampe malem atau bahkan ke luar kota... ada banyak orang yang jagain Bayu, dan dia fine2 aja ;)

Cuma sekali2 pernah ada kejadian lucu. Dia yang tadinya anteng2 aja, begitu liat gw langsung nangis. Digendong suster gak mau, eyang juga ogah... eh pas digendong gw langsung diem. Ternyataaa... dia kangen sama Bunda, mau digendong cuma sama Bunda ya, naaak... hehehehehehe!

Balik lagi ke soal ASI. Kan dari sejak gw masih cuti, gw uda mulai meres tuh. Apalagi Bayu susah nenen, mau gak mau ASI-nya diperes terus deh. Lagian gw juga kudu nyimpen stok buat persediaan klo gw balik kerja. Awalnya stok ASIP cuma dikit. Paling pol sehari cuma bisa ngumpulin 60ml. Itu pun uda tiap 2 jam sekali meres. Abis Bayu minumnya kuat banget. Boro2 bisa nyetok, buat sehari2 aja kurang... sampe nambah2 sufor.

Ternyata bener kata orang... "sedikit2, lama2 jadi bukit"... Tiaaap hari gw selalu menyisihkan ASIP, simpen di freezer. Gak terasa, pas gw balik ngantor... tabungan ASIP gw uda banyak lhooo! Dari yang awalnya cuma bisa nyimpen 60ml, naik jadi 80ml, naik lagi 100ml... dst...

Ketika saatnya ngantor, gw tenang deh... gw itung2, stok ASIP gw bisa untuk kebutuhan selama 3 hari full. Klo gw masih rajin meres, yang terpakai bisa terisi lagi deh.

Alhamdulillah, kegiatan meres di kantor berlangsung lancar jaya. Malah makin banyak tuh. Dari kantor aja bisa dapet 600, bahkan pernah sampe 800ml. Meres lagi di rumah... total jadi... 1000ml... pernah sampe 1200ml... Haaaaaa!!!!

Dulu gw sering wondering, kok bisa ya orang2 pada stok ASI sampe menuh2in freezer... eh sekarang gw ngalamin sendiri...

Ini dia...

Nyimpen ASIP pake botol UC-1000, tapi tutupnya sekarang uda diganti pake tutup plastik kok ;)

Sebagian ditampung di plastik es mambo, soale botolnya kagak cukup, kekeke!


Berhubung ASIP gw sampe luber2, gw terpikir utk donor ASIP. Kan gw ikutan milis asiforbaby, di sana suka ada yang bilang butuh donor ASIP. Tapi ada ketentuannya... jadi kita cuma bisa donor untuk anak yang jenis kelamin dan agamanya sama dg kita. Karena itu gw cuma bisa jadi ibu susu bagi anak bayi lelaki beragama muslim. Gw sendiri sebenernya gak ngerti kenapa bisa gitu. Alasannya sih nanti di masa depan klo terjadi pernikahan, jangan sampe yang se-ibu-susu... gitu... Padahal mah, klo mo niat baik kan jalanin aja ya... Kenapa pake dibates2in, hehehe!

Tapi sutra lah, daripada berdebat sama aturan yg uda dibuat, mending ikutan aja. Lagian klo gw mo ngotot donorin di luar aturan tsb juga gak ada yg mo nerima, kekekeke.

Sampai suatu hari, ada yang kirim berita klo ada anak prematur laki2 muslim yang membutuhkan donor ASIP karena ibunya masih masa pemulihan dan ASInya belum keluar.

Terdorong atas dasar kemanusiaan, dan lagi gw punya stok berlebih, maka gw kontek ibu tsb... Kami janjian ktemu, lalu gw berikan beberapa stok ASIP gw... Kebutuhan anaknya cuma 180ml per hari... Bagi Bayu cuma 1.5x minum... Bagi gw cuma sekali meres. Utk persediaan si baby beberapa hari, gw donorkan 600ml.

Si ibu itu melongo ngeliat ASIP yang gw berikan. Entah kurang atau malah berlebih yak? Wkekekekeke... Trus matanya berkaca2...

Yah... gw juga jadi ikut sedih deh... gw bilang, gw gak bisa bantu apa2... cuma bisa kasih ini... moga2 anaknya cepet kuat deh... moga2 ASIP gw bisa membantu dia survive di dunia ini.

Hidup ASI!

Tips biar ASI banyak:
1. Minum susu kedelai
2. Minum susu sapi
3. Sebelum n sesudah meres/nenen, minum air putih yg banyak
4. Makan/nyemil kacang2an (kacang hijau+kacang merah direbus, kacang tanah, kacang mede, edamame)
5. Makan sayur berkuah (my fave: sup bening oyong+jagung manis+wortel, seger, ASI lubeeerrr!)
6. Klo di rumah, bra-less *porno yak, tp efek loh utk mancing sensasi LDR ;)



7 comments:

Yuliana-Fun said...

wuaaahh susi mank hebat.... :) *anjung semua jempol* :)

semoga lancar yak terus yak ASI-nya.. jadi bisa bantu orang2 yang kurang...

biasanya stock asi nya bertahan berapa lama sus?

luvly7 said...

Susi hebat euuuyyy!!! Terharu biru gue bacanya. Ntar kalo gue (jadi) hamil anak ke-3, elu yang jadi mentor ASI gue yaaa ... hehehehhe

Flora said...

Hebat sus...Top markotop.No wonder Bayu ndut...

.:acen147:. said...

@fun: amiiin, doain ya bisa lulus ASI setidaknya 6 bulan ke depan. klo dibekuin di freezer bisa tahan 3 bulan, fun ;)

@olla: emang lu rencana hamil lagi, la? pan uda capek2 ber-PT-ria? hehehe! sip, klo butuh pengetahuan soal ASI, moga2 gw bisa bantu ;)

@flora: hehehe, makasih, flor... doain ya bisa lulus ASIX smp minim 6 bulan ;)

fajar said...

Ibu Susi Yth., perkenalkan saya abi nya Raffa (4 bulan), muslim, domisili di tebet jaksel. Belakangan ini ASI bundanya Raffa cenderung berkurang, sehingga kami sangat membutuhkan donor ASIP. Jika dimungkinkan kami dapat menerima donor ASIP dari Ibu Susi, bundanya Raffa akan menghubungi langsung ke Ibu Susi. Thanks (hp saya 081908000099)

-mandayandalovetoriq- said...

apalagi abis hyukk mareeeh sus...cepet deh LDRnya
hueeheheheheee

.:acen147:. said...

@fajar: halo fajar, salam kenal. mohon maaf saat ini belum bisa donor lagi, karena Bayu walau sudah MPASI, mimik susunya kuat banget, jadi masih harus stok banyak :)... klo sudah melebihi nanti akan saya hubungi :)

@manda: sukses dg LDR-nya ya, jeuung...