Wednesday, February 16, 2011

BunBay vs Eyangs

Bayu adalah cucu pertama dari anak satu2nya...

Bisa bayangin donk?!

Dimana2 cucu pertama aja uda bikin heboh. Apalagi klo ini cucu pertama dari anak semata wayang. Trus pake lama pula nunggunya. 33 taon baru muncul tuh cucu, hahahaha!

Ya, Bayu emang kesayangan semua orang. Klo dari keluarga Mas Adi Bayu adalah cucu terkecil (saat ini) dengan 4 mbak-mbak dan 4 mas-mas sepupu yang telah lahir lebih dulu. Sedangkan dari keluarga gw, yaaaa seperti yang gw sebut diatas. Makanya gag heran lah klo dia kelimpahan kasih sayang sampe luber-luber banjir kemana2, wekekekek!

Bagi gw pribadi, rasanya sangat amazing punya sesuatu yang kecil mungil serta merasa bertanggungjawab penuh terhadapnya. Secara gw gak pernah ngerasain punya sodara kandung, yang ada dalam ingatan gw hanyalah hidup ini diisi bersama 2 orang dewasa yang amat sangat menjaga gw dengan penuh kasih sayang, yaitu nyak babe. Gak pernah tuh gw ngerasain berantem sama kakak, rebutan maenan sama adek, even denger tangisan anak tengah malem buta aja gak tau gimana rasanya, hehehe!

Makanya gw dari dulu suka anak kecil. Waktu baru awal merit pun gak pingin nunda lama2 utk punya anak. Tapi Tuhan kan berkehendak lain, gw diminta sedikit bersabar sampe 3 taon pernikahan baru ngerasain gendong anak ;)

Saking semua sayang sama anak gw, kadang2 suka ada perbedaan dan sedikit konflik nih dalam pola asuh anak. Semua pasti mau yang terbaik donk. Tapi terbaik versi gw bisa jadi beda dengan versi orang lain. Dan karena selama gw kerja gw selalu nitipin Bayu ke nyak, paling sering nemuin konflik2 kecil itu sama nyak, hehehehe!

Untung keluarga gw menganut sistem demokrasi, open minded terhadap ilmu2 baru, sehingga konflik2 tadi gak sampe jadi besar dan heboh. Walaupun kadang masih lah nemuin gejala2 perbedaan, yaaa paling kudu sabar aja jelasin ke ortu, khususnya nyak... klo perlu ngotot dikit sambil bawa2 artikel yang mendukung argumentasi gw kekekeke!

Contoh yang paling sering bikin senewen tuh klo Bayu sakit!

Padahal Bayu amat sangat jarang sakit. Klo pun sakit paling yang umum2 aja kaya batuk pilek (batpil). Itupun baru 2x!

Trademark nyak babe, klo sakit langsung ke dokter. Minimal minum obat warung. Kebalikan sama gw. Klo gw sakit lebih suka pengobatan tradisional dulu. Apalagi klo cuma sakit flu, kan gak ada tuh obatnya. Cuma butuh istirahat yang cukup, makanan yang bergizi supaya stamina balik dan bisa melawan virus. Kecuali uda berhari2 gak sembuh2, badan meriang, pala puyeng gak jelas... baru deh terpaksa ke dokter. Makanya boleh cek deh medical record gw, berapa kali gw ke dokter dalam setaon? Bisa diitung sama 5 jari tangan. Apalagi sejak gw rutin olahraga, bisa dibilang gw gak pernah sakit kali *gak sombong nih, tapi begitulah kenyataannya... Kecuali waktu ke dokter kandungan ya, itu mah lain cerita, qiqiqiqi!

Ternyata cara yang gw terapkan justru yang lebih benar, terutama untuk anak kecil. Dari yang gw baca2 di milis Sehat dan Asiforbaby, sebagai orangtua harus pinter2 "memahami" penyakit yang diderita anak. Jangan sebentar2 ke dokter, sebentar2 kasih obat. Pertama, karena obat2an dari bahan kimia tidak baik bagi ginjal anak. Kedua, dengan seringnya dikasih obat2an justru membuat sistem kekebalan tubuh menjadi lemah... yang akhirnya malah jadi sering sakit!

Suatu ketika, gw dapet BBM dari Nyak... katanya Bayu pilek, dari idungnya keluar ingus encer. Trus batuk2. Gw tanya demam gak? Ternyata gak. Sesuai dg petunjuk home treatment yang gw baca2... batpil berasal dari virus, virus gak ada obatnya. Yang penting buat anak jadi nyaman, banyakin minum ASI, kasih kaldu hangat2, jus yang mengandung vit C, jangan main2 keluar yang banyak angin2nya. Gak ada tuh kepikiran mo bawa ke dokter.

Dasarnya nyak, ribut aja, nyuruh gw ke dokter. Gw jelasin panjang lebar kenapa gak perlu... bukannya gw pelit ya gak mo bawa anak sendiri ke dokter. Tapi klo ke dokter trus dikasih obat, gw gak mo tebus. Buat apa kasih obat malah ngeracunin ginjal anak gw sama bahan2 kimia gak penting. Uda jelas2 tu virus gak ada obatnya! Eh malah gw diocehin. Katanya terlalu ngeremehin penyakit... klo kena TBC gimana?!

Ya olooo, jauh amat siiih batpil dibilang TBC. Pertama gak ada demam, batuknya juga jarang2, anaknya ceria, makan banyak, minum banyak... ingusan ma nggrok2 dikit langsung vonis TBC T_T

Niy bukan yang pertama kali aja si nyak lebay. Dulu2 juga pernah tuh, jamannya Bayu masih ASIX, kan biasa ya pupnya agak cair. Eh dibilang DIARE! Sampe gw deg2an di kantor, pas gw SMS suster gw... gak tuh... warnanya kuning keemasan, gak ada lendir, gak bau asem, frekuensinya emang waktu itu 2x sehari, itu juga gara2 waktu pup pertama blom tuntas jadi lanjut babak kedua, gituuu T_T

Setelah heboh dengan diagnosa DIARE, beberapa hari kemudian disangka SEMBELIT gara2 uda 3 hari Bayu gak pup. Ampyun deh... anak ASIX kan emang pupnya bisa gak tiap hari, malah bagus karena artinya semua kandungan ASI terserap sempurna oleh usus bayi...

Eyang uti yang terlalu parno ato gimana kali yaaa... pernah juga dibilang badannya anget, padahal mah kagak. Klo anak badan anget pasti rewel atau lemes... ini Bayu masih pecicilan jaya banget, gak ada sedikitpun tanda2 sakit.

Kringetan dikit disangka gak enak badan.

Kentut 2x dikira gak enak perut, masuk angin, malah nuduh gw makan pedes2 jadi anaknya mules T_T

Cekukan dibilang kembung.

Alergi pepaya dibilang sakit kulit. Begitu distop pepayanya langsung ilang tuh merah2nya, hehehe!

Belekan dibilang sakit mata atau badannya pegel2... suruh ke dokter atau pijet bayi... Langsung gw tolak, cukup bersihin pake kapas anget sambil ujung mata sampe idung diurut2... kan biasa tuh anak bayi saluran air matanya suka belum kebuka.

Beuuuh pokokeee banyaaaakkkk deeeeh ke-lebay-an eyang uti... skali lagi mungkin saking sayangnya yaaaa namanya juga cucu pertama dari anak satu2nya... lha gw sendiri uda kagak disayang2 lagiiii kekekeke!

Balik lagi ke kasus batpil yang bikin heboh. Gw bertahan utk gak mo ke dokter karena gak mo Bayu dikasih obat2an. Tapi karena eyang uti plus eyang kakung (akhirnya ikut2an bicara) mengultimatum harus ke dokter, yo weiiisss laaaah gw turutin. Setidaknya untuk menenangkan hati mereka! Blakangan gw denger dari suster, katanya eyang uti bilang gw kek orang kampung... sakit bukannya ke dokter malah didiemin aja. Dokter kan orang pinter, gak mungkin lah kasih obat yang sama dg orang dewasa. Setidaknya dosisnya pasti lebih dikit... Jiaaaah!!!!

Maka sore itu gw ijin pulcep dari kantor untuk bawa Bayu ke dokter.

Sampe di dokter anak, diperiksa, diagnosa batuk pilek, dokter siap2 kasih obat... gw langsung alert!

"Dok, obatnya apa?"

"Ini obat tetes aja, Bu... untuk mengencerkan batuknya"

"Antibiotik bukan?"

"Ooo gak perlu antibiotik, Bu... kan cuma batuk pilek, gak demam lagi..."

"Klo gitu harusnya gak perlu obat donk, dok?"

"Ya ini hanya untuk mengencerkan dahak aja kok..."

"Harus diminum, dok?"

"Sebaiknya gitu..."

"Klo gak diminum gak pa-pa donk, dok?"

*Dokternya binun... ni si ibu bawa anaknya berobat tapi minta gak diobatin??

"Hmmm... gini aja, Bu... ini saya tulis resepnya... terserah ibu mo tebus atau gak. Tapi kalau mau anaknya cepat sembuh dari batuk, obatnya diminumin aja"

*Gantian gw yang binun, hahahahaha!

Keluar dari ruangan dokter, gw menuju apotik dengan bimbang. Gw liat daftar obatnya... gw browsing2 di internet, milis... bah kagak ada info yang jelas. Tapi emang bukan antibiotik sih...

Karena didesak oleh waktu, akhirnya gw tebus tuh obat. Toh bisa claim kantor Ayah... tapi semakin lama semakin gw pikir... sambil bongkar2 arsip milis soal penanganan batpil, tanya grand suhu anak, Limmy... semakin gw yakin... KAYANYA GAK PERLU OBAT DEH!!!!

Gw pun berkata pada suster yang jaga Bayu...

"Mbak, ni aku bilang ke eyang2nya klo Bayu uda dibawa ke dokter. Tapi aku juga boong, aku bilang gak ada obat. Obatnya cukup minum ASI banyak2, istirahat, jemur. Besok klo ditanya eyangnya, bilang gitu aja ya!"

"Iya, Bu..."

Besokannya dapet laporan dari suster...

"Bu, aku uda bilang ke eyang seperti yang ibu bilang... dan mereka percaya, Bu... katanya klo dokter yang nyuruh begitu, berarti bener...!!"

HAHAHAHA! GOTCHA!!!

*Dua minggu setelah itu, Bayu sembuh sendiri dari batpil... tanpa obat2an sama sekali! Di tengah2 itu sempet kena panas karena mo tumbuh gigi... tapi demi keamanan dan kestabilan negara, gw gak bilang2 ke eyangs... qiqiqiqiqi!



1 comment:

Desiana said...

hihihihi, emang biasanya nenek/kakek kalo ke cucu nya suka cepet banget kuatir nya yah. sama kayak nenek nya Adel (anak aku). Salam kenal yah sus.