Tuesday, March 15, 2011

BuMil yang Termenung dan Tercenung

Uda pantes dibilang bumil lagi belom ya, qeqeqe! Baru Sabtu besok siy gw rencananya mo nemuin dr Med utk check up. Tapi tadi pagi gw uda TP lagi -setelah berpikir jangan2 TP kemaren expired mengingat ituw TP sisa taon lalu-... dan hasilnya... alhamdulillah tetep positive :)

Mungkin pada banyak yang bertanya2 ya... kenapa harus dr Med? Padahal dia di Tangerang sedangkan rumah gw di Depok. Padahal masih banyak dokter yang bagus. Padahal gw uda gag ada problem -moga2, amin!

Entah ya, gw merasa cocok aja dg beliau. Sebagai manusia, dokter juga punya kekurangan. Tapi so far gw masih merasa nyaman tuh. Jadi inget waktu pertama kali ktemu beliau, dg kista yang setia menempel di rahim... sementara dokter2 lain langsung vonis operasi dengan nada yang nakut2in... dr Med keliatan santai aja. Malah ngajak joke tapi juga to the point. Gag pake ngomong basa-basi, mulut manis... "Kamu punya kista sekian cm, masih bisa diobatin asal disiplin makan. Klo lebih besar, harus operasi". That's it!

Bagi gw pribadi sih, dokter adalah tempat kita konsultasi soal penyakit. Klo dia bisa menyampaikan penyakit dengan lugas, itu lebih baik. Tapi klo pun orangnya saklek, yang penting yang gw butuh adalah solusi darinya. Bukan senyuman manis, kata2 lembut, basa-basi gag penting, muter2 gag jelas. Intinya dia mau menjelaskan tp secara to the point. Klo mau dokter yang pinter mulut manis, mungkin lebih tepat kita ke psikiater kali ya... bukan ke dokter :p... Sebaliknya, ogah juga dapet dokter yang pinter buat diri sendiri gag mo sharing sama pasien. Pasien cuma disuruh periksa, tebus obat, tapi apa problemnya? Gag ngerti!

Jadi gw maklum klo seandainya ada pertanyaan lewat telpon atau SMS yang gag langsung dibales, atau dibales sekenanya... itu pasti karena dia sedang sibuk. Beberapa kali gw liat dia bales SMS di sela2 pasien berikut yang mo masuk. Atau angkat telpon dg nada terburu2. Bagi gw yang penting dapet info yang gw mau. Jarang2 lho dokter mau berhubungan dg pasiennya di luar ruang periksa!

Waktu abis ngelahirin Bayu dan kena jaundice, gw sempet konsultasi sama dr Med by phone. Akhir konsul itu, dia masih SMS lho, bilang semoga anak gw cepet sembuh. Hmmm... perhatian yang lebih dari cukup bagi seorang dokter yang belakangan gw denger2 dianggep eksentrik, bahkan jutek oleh orang lain :p

Pertimbangan lain gw back to him adalah, gw merasa cepet pulih setelah operasi sesar. Gak ada komplen soal jaitan, padahal 4 bulan setelah lahiran gw langsung nge-gym. Trus anak gw sih so far sehat dan lincah ya... berarti selama masa hamil, kecukupan gizinya terpenuhi donk ya...

Terakhir, pas sesar kan keliatan tuh gw masih ada myom yang nempel di rahim. Nah, sebagai seorang ahli yang melihat langsung, gw mo tau pendapatnya. Apakah akan mengganggu janin. Dan bagaimana tindakan yang paling benar terhadap myom tsb.

Lha jadi ngomongin dr Med?! Padahal mah isi postingan gw kali ini bukan mo curhat soal itu, wkwkwk...

Gini lho, belakangan gw jadi suka termenung dan tercenung memikirkan kehamilan kali ini... Selain rasa suka cita dan gembira karena berarti salah satu resolusi tahun 2011 akan terwujud, ada juga beberapa pertimbangan yang bikin galau di hati *haesh!

Kemaren sempet ngobrol2 sama temen 1 team dalam project. Entah sapa yang keterlaluan, gw yang bisa2nya hamil dalam 1 project yang sama. Atau project yang bisa2nya gak kelar sampe gw hamil 2x?! Dulu waktu gw hamil pertama, gw langsung lapor ke boss supaya dosq punya banyak waktu untuk cari pengganti gw selama cuti hamil. Akhirnya temen gw yang tak berdosa ikut terseret dalam project ini, qiqiqiqiqi!

Sejatinya tuw temen gw adalah PM utk project core banking. Tapi karena gag ada orang, dan emang gw yg request dia, jadilah dia ikut nanganin project business intelligent selama gw cuti. Setelah gw balik ngantor, harusnya dia mulai transisi ke bbrp kandidat project core-bank. Tapi karena masih proses tender, sambil menyelam minum air, dia ikutan involve di project gw. Gw siy seneng2 aja dibantuin.

Nah, sekarang ini saat dimana dia harus lepas karena 1 project core-bank uda goal... eh gw hamil lagi T_T. Padahal berdasarkan meeting terakhir, project ini akan diperpanjang hingga akhir tahun. Adendum kontrak sudah disetujui dan ditandatangan oleh pihak Bank dan company gw. Klo diitung2... due date gw sekitar awal hingga pertengahan November... yang artinya saat itu project gw belum live... Haduh!!

Karena alesan itu lah, sampe skg gw belum lapor ke boss loooh, kekekekeke! Dulu aja dia sampe mo nelen mangkok sop *lebay deh gw, abis expresinya melongo pas gw lapor klo gw hamil... kira2 besok pegimana yak? Wkwkwkwkwk!

Gw jadi merasa bersalah. Malah gw takut dipecat niy... walaupun temen2 gw pada ngeyakinin gag mungkin laaaah. Kan gw karyawan uda lama, uda banyak kontribusi, dan itu hak gw utk hamil lagi. Klo nurutin project mah, mo sampe kapan gw hamil wong tiap taun pasti ada project :p... Klo sampe beneran gw dipecat gara2 itu, gw bisa tuntut balik *temen2 gw kompoooor, kakakakak!

Hiyaaa siiiih... tapiiii... even gw gag dipecat... gw berasa gag enak aja. Taon 2010 melahirkan... biaya RS ditanggung company, cuti 3 bulan digaji pulak... 2011 melahirkan lagi... artinya? dapet lagi deh fasilitas2 tadi. Enak yak! Kekekekek! Enak sih enak, tapi project gw belom kelaaaaaaaaaar! Gubgrag!!

Itu baru pemikiran pertama...

Yang bikin termenung dan tercenung ke-2... Soal Bayu nih. Secara sampe skg gw masih kasih ASI buat Bayu. Nti klo gw hamil gimana yak? Targetnya sih gw mo nyusuin sampe setahun, setelah itu gw sambung dengan susu UHT. Soale belakangan stok ASI berkurang drastis karena kesibukan gw di kantor yang bolak-balik meeting jadi mengganggu jadwal meres. Walaupun masih cukup bahkan masih bisa nyetok, tapi gw kudu realistis lah dengan jadwal project yang makin padet, harus siap2 seandainya uda saatnya menyapih.

Umur Bayu sekarang 10 bulan kurang 10 hari. Klo sampe setaun sih masih sanggup lah. Tapi dengan kehamilan sekarang gimana yak? Gw baca2 harusnya gpp selama gw kuat dan anaknya masih doyan (kan kehamilan membuat produksi hormon progesteron meningkat sehingga rasa ASI jadi gak enak). Tapi gw khawatir dengan perkembangan calon dedek, apakah akan cukup gizinya krn jatah makanannya dibagi bertiga. Itupun ada penjelasannya bahwa secara alamiah tetep aja prioritas pertama akan diberikan pada janin, kedua ke anak yang besar, terakhir baru ke ibu. Asal asupan ibunya cukup artinya makannya harus lebih banyak.

ITU DIA TUUUUH!!! Makan harus lebih banyaaaaak... sanggup gag ya gw makan banyak? Uda terlatih makan dg pola teratur, klo disuruh dobel/triple-in lagi kayanya gag sanggup. Makan yang berlemak ogah, secara kali ini gw mo hamil yang sehat. No junk food deh pokoke! Trus berbeda dg kehamilan yang dulu, kayanya gw skg uda bisa kontrol soal makan deh. Dulu apa aja diembat krn bawaannya laper mulu. Sekarang gag tuh. Gw masih bisa menerapkan pola makan sehat 5x sehari dg porsi dan jenis yang sama.

Sampe sekarang gw belom bisa mutusin jadi masih tetep meres. Sabtu lah pas gw ktemu dr Med akan gw tanyakan. Moga2 gpp lanjut sampe Bayu umur setaon.

Lanjut ke termenung dan tercenung ke-3... Masih soal Bayu... klo suster gw mudik gimana yak? Klo belum hamil gw masih bisa cuti n urus sendiri. Sekarang? Kuat gag kandungan gw klo harus gendong2? Mana Bayu kan anaknya lincah banged. Kudu bener2 dijagain deh, meleng dikit uda pecicilan kemana2. Nyak gw blum canggih2 tuw jagain Bayu. Second layer cuma gw doank yang bisa. Klo suster mudiknya uda ngomong dari jauh2 hari mungkin gw bisa prepare suster inval. Klo mendadak? Errr... pokoke Ayah dan eyang harus ikutan cuti kali yeeeee, wkwkwkwk!

Termenung dan tercenung ke-4... Soal berat badan... Jiakakakakak! Jujur, gag bisa dipungkiri, gw rada2 sayang merelakan badan yang uda 51.4kg dengan Body Fat 27% ini kembali menggemuk lagi. Padahal ya, tangan gw mulai berotot lhooo, perut mulai flat... Uggggh!!! Perasaan baru aja gw lipet stok baju hamil n keluarin stok baju langsing. Kok uda kudu dituker lagi, huaaaa T_T

Makanya seperti yang gw bilang di atas kan, kali ini gw mo hamil sehat. Gw mo ikutin saran dr Med untuk naik maksimal sebulan sekilo aja *bisa apa bisa? harus, weekekekekeek! Uda baca beberapa referensi gimana caranya biar beratnya tuh di dedek aja, jangan di emaknyeee! Surprize-surprizeee, ternyata bisa loh dg menjaga pola makan sama seperti yang uda gw terapin selama ini. Gag perlu berlemak2, karbo, manis2. Perbanyak sayur, buah, protein... justru bakalan larinya ke bayi.

Selain itu, gw gag mo manja. Klo dulu ngidam apartemen, sekarang udah lah dilaju aja bolak-balik tiap hari. Lagian tuw apato uda ada yg nyewa sampe taon depan, wakakaka! Jadi, plan gw adalah, gw akan tetap OR tapi yang ringan2 aja. Kaya contohnya pagi ini, gw jalan ringan di tritmil dg speed 4.8 dan gradient 2 selama 20 menit. Lanjut rowing santai sampe berasa kek mendayung beneran kekeke selama 20 menit. Lanjut lagi sepeda santai 20 menit. Trus klo uda lewat trimester pertama, gw mo coba kelas2 Mind and Body seperti Gentle Flow, Body Balance. As long kandungan gw kuat, gw rasa gag masalah ya... kan katanya diliat dari history sebelum hamil. Klo biasa aktif, ya lanjutken ajaaa... hamil is not the reason to be lazier, kekekekek!

Tercenung dan termenung ke-5 *bused panjang ya ternyata, wkwkwkwk... soal dandan niy. Terpaksa harus disegel dulu peralatan makeup gw boook! Takut bahan2 kimianya? *yang pakar dandan harap komentar... Padahal gw lagi seneng2nya eksperimen eye shadow T_T... gara2 hamil ini jadi rada2 turun semangatnya. Balik lagi ke TBS product donk, itupun cuma bedak? HiiiiiikkkkkkkkkSSS!! *dulu pas ngidam Bayu, pake baju biru celana ijo aja bisa cuek, kenapa gw skg jadi concern sampe ke eye shadow segala yaaaa? kekekeke!

Yah itu lah hasil cenung dan renung 2 hari belakangan ini. Maap ya kebanyakan, capek gag bacanya, wkwkwkwkwk?

Meskipun demikian, gw bersyukur sekali karena tau uda hamil dari awal. Klo gag kan, waduh, kebayang kegiatan gw tiap hari uda kek binaragawati di gym hahahaaha! Tau2 nti anak gw berotot lagi di dalem, wakakaka! Trus gw juga gag ada keluhan, moga2 gag sampe lah, moga2 lancar sampe delivery...

Klo diitung dari HPHT (Hari Pertama Haid Terakhir) siy, HPL (Hari Perkiraan Lahir) gw antara 5-18 November 2011... Itu cepet lho yaaa... Moga2 juga project gw bisa lebih cepat lah... biar klo cuti nanti gw lebih tenang... Moga2 gw bisa tetep kasi ASI sampe setaun biar gag perlu sufor tapi pake UHT aja... Moga2 si suster gag bolak-balik minta pulkam, jadi ada yang jagain Bayu... Moga2 lagi gw gag kebablasen makan *ngemeng sekarang, liat nti klo uda 5 bulan ke atas, hahahahaa!... Moga2 dilancarkan rejeki biar bisa ambil paket Suite Room pas lahiran *nglunjak, hahahahahahahahahaahaha!

Moga2... moga2... banyaaaak moga2... AMIIIINNN! *doain yak teman2 :)

4 comments:

Pitshu said...

huahhh.. jangan2 anak na cewe, secara beberapa postingan terakhir lagi getol2 na dandan, soalnya Ncim na pitshu dulu pas sebelum ketahuan hamil juga gitu centil, mendadak kudu dandan kalo keluar rumah, walaupun cuma kepasar doank dandan kudu puol kek orang mo ngelenong ^^
congratz yah mom, sehat2 buat dua2nya ^^

.:acen147:. said...

hahaha, masa sih piiit? emang bener sih gw belakangan ini heboh dandan padahal pembawaan gw kan aslinya tomboy. yaaa amiiin deh doain semoga cewek biar sepasang :)

Yuliana-Fun said...

doain sus biar barengan gitu hehehe

.:acen147:. said...

@fun dan teman2 seperjuangan lainnya: iya, gw doain supaya nular ke kalian semua yaaa... AMIIIInnnNN!