Monday, March 28, 2011

Wanita Senang Disakiti?

Pada suatu siang, tiba2 suara handphone berdering. Seorang teman, yang kebetulan duduk di samping gw, menyambar telponnya dan mulai angkat bicara...

"Ya, gimana cerita lengkapnya?"

Sang penelpon di sebrang terdengar memulai cerita panjangnya...

"Ooo, sejak kapan?"

"Gpp, gak usah merasa gak enak begitu... cerita aja semuanya..."

"Gitu ya... ada FB-nya? Kasih gw alamatnya, nti gw add ya... Atau klo lu punya nomor telponnya lebih bagus, biar gw telpon langsung"

"Uda, tenang aja... kejadian kaya begini mah uda biasa buat gw..."

Gw yang tadinya lagi fokus kerja, mulai ikut pasang kuping... sementara temen gw pindah ke ruangan sebelah. Tapi pindah juga percuma, karena nada suaranya malah tambah meninggi, mungkin menahan emosi... Jadi jangan salahkan gw klo masih bisa "curi dengar" percakapan berikutnya...

"Lu gak percaya? Ini uda yang kesekian kalinya lagi. Nanti paling cuma gw tanya mo sampe sejauh apa... Uda sampe mana hubungannya... Kan uda sama2 gede, buat apa capek2 marah2 gak ada gunanya... Lagian uda gw ultimatum, klo kejadian lagi, dia yg harus keluar rumah"

"Haesh, gak usah merasa gak enak karena uda laporan sama gw. Kan gw yang tau sendiri dari SMS-nya, gw cuma butuh konfirmasi dari lu. Sekarang semua uda jelas, jadi gw bisa bertindak. Gak usah takut bakalan rame, gw uda terlalu biasa ngadepin yang beginian... tenang ajaaa. Udah ya, jangan lupa kirimin alamat FB dan nomor telponnya... nti gw kabarin lu lagi..."

Klik... dan telpon pun diputus...

Temen gw balik lagi ke ruangan, duduk di samping gw... Expresi mukanya datar. Gw lirik sekilas, dia langsung buka FB-nya.

Gak tahan untuk gak nanya *wong di telpon tadi suaranya jelas banget, akhirnya keluar juga "kalimat usil pingin tau aja" dari mulut gw...

"Napa laki lu?"

Setau gw emang temen gw ini punya masalah sama suaminya. Beberapa kali dia cerita, lakinya punya banyak fans mulai dari gadis, janda, anak SMA... Kayanya sih sekarang keulang lagi deh...

Temen gw senyum2 penuh arti, sambil dia buka FB-nya, dia tunjukin profil cewek yang diduga "menggoda" suaminya... Foto profil cewek itu gag jelas, karena hanya terpampang foto seorang anak kecil perempuan dalam dekapan laki2. Kami lantas menduga itu anak dan suaminya... Weleh-weleh, niy cewek uda punya keluarga juga rupanya...

"Bentar ya, Bu... biar gw selesein dulu urusan gw sama ni cewek... Lu mo denger gimana gaya gw nelponin cewek2 model gituan?"

Gw, masih melongo, hanya mengangguk2 sambil menebak2 adegan sinetron apa yang berikutnya akan gw lihat... Dan skenario awal adegan sinetron itu pun dimulai...

"Siang, bisa bicara dg Mb...", temen gw memulai percakapan... nadanya ASLI datar!

Suara di sebrang sepertinya balik bertanya dg siapa dia bicara

"Ini dengan... begini Mb, saya cuma mo tanya... Mb suka ya sama suami saya?"

Yang di sana keliatannya kaget dan berusaha menyangkal

"Ah jangan pura2 menyangkal Mb... Mb kenal kok sama suami saya, malah sering pulang bareng..."

Masih menyangkal

"Jangan bilang klo Mb gak kenal sama yang namanya... Itu suami saya... Mb bilang gak kenal, padahal temen2 situ bilang kalian sering pulang bareng"

Mulai mengakui kenal, tapi gak mo ngaku klo ada hubungan...

"Ooo, temen biasa ya? Klo temen biasa kok pake sayang2an di SMS, emang gitu ya?"

Nyangkal lagi

"Mbak, mbaaak... apa perlu nih saya bacain SMS mbak ke suami saya? Nih ada kok hp-nya di tangan saya sekarang"

Ketangkep basah, akhirnya nyerah

"EH MBAK! *nada suara temen gw tiba2 galak, SAYA GAK BUTUH YA PERMINTAAN MAAF SITU! POKOKNYA KITA HARUS KETEMU BERTIGA. SITU, SAYA dan SUAMI SAYA! JELASKAN SEMUANYA!!"

Klik, langsung ditutup telponnya.

Berikutnya dia nelpon suaminya...

"Abang, adek uda tau ya... dengan siapa abang main2... pokoknya sesuai kesepakatan bersama, abang keluar dari rumah"

Suaminya sepertinya masih pura2 bego dan berusaha menyangkal semua tuduhan istrinya...

"Sudahlah, adek uda telpon tu cewek, dia juga uda ngaku. Tinggal atur aja kapan kita ktemu bertiga. Setelah itu abang keluar dari rumah!"

Klik, tutup lagi telponnya...

Gw... masih dengan tatapan melongo... tak berkedip mendengar, melihat, dan mengikuti setiap kalimat yang terluncur dari mulutnya. Expresi mukanya masih datar walaupun sesekali gw lihat suaranya bergetar.

Yang selanjutnya adalah "sesi tanya-jawab" antara gw, dia, dan 1 orang temen gw lagi yang kebetulan ikut menyimak adegan2 tadi.

Ternyata terungkap bahwa bukan sekali ini aja lakinya berbuat serong. Bahkan bukan cuma sekedar dikagumi banyak perempuan, lakinya juga keterlaluan brengseknya sampe ngehamilin orang - di kala dia sendiri hamil!

Hamil pertama diselingkuhin sampe ngehamilin anak orang...

Hamil kedua adem ayem...

Hamil ketiga, baru 40 hari melahirkan tiba2 terima SMS katanya uda nikah sama janda...

Saat ini sebenernya masih proses pisah rumah, tapi di saat dia mo balik sama suaminya lagi (di tengah2 protes keluarga yg tidak setuju dia balik), eh suaminya ketauan selingkuh lagi.

Dan argumentasi suaminya kali ini adalah... bukan masalah yang perlu dibesar2kan, hanya sekedar mengisi kekosongan!

GUBRAG!

Gw sampe geleng2 denger ceritanya. Dia bisa cerita sambil cengengesan, gw mah rasanya pingin gorok lakinya! Gw tanya kenapa gak cerai aja, secara dia kerja, punya penghasilan mapan, bahkan lebih mapan dari suaminya! Dia bilang uda beberapa kali datengin PA utk cerai, tapi entah kenapa balik lagi...

ENTAH KENAPAAAA?!

Gile ye... Seandainya itu terjadi pada diri gw, apa yg akan gw lakukan?

Klo dulu sebelum punya anak, dg enteng gw akan bilang CERAI! Gw ada duit, kerja, masih muda, napa takut jadi janda *tanpa anak pula!

Tapi sekarang setelah punya anak, gw agak mikir dikit. Yang gw pertimbangkan tentu anak, karena anak yang jadi korban. Jadi klo pun suami ada sedikit khilaf MUNGKIN akan gw maafkan. Itupun kategori sedikit khilaf-nya harus jelas ya: TIDAK SAMPAI KONTAK FISIK APALAGI SAMPE HAMILIN ORANG!

Di luar itu, dan apabila terjadi berulang, uda pasti lah... CERAI! No more excuse, forgiveness or whatever lah!

Karena bagi gw sih simple aja. Bukan masalah ego ya, tapi justru masalah perasaan. Klo toh gw lanjutin, pastinya sebagai orang yang merasa dikhianati tidak akan lagi punya filing, sayang, apalagi cinta. Hambar lah pasti. Klo uda gitu, buat apa dijalanin? Umur gw masih kepala 3, apa mau gw habiskan sisa hidup 30-40 tahun lagi dg perasaan hambar seperti itu? Nyiksa banget!

Mendingan gw hidup sendiri, atau klo ada anak, hidup sama anak gw... menyenangkan diri sendiri plus anak plus orang2 yang bener2 secara tulus mencintai gw. Mereka lebih berhak untuk mendapatkan balasan cinta gw, ya kan?

Kembali ke kasus temen gw... Gw antara salut dengan ketegarannya atau miris dengan nasibnya... Emang sih itu hak setiap orang utk memutuskan, gw gak boleh ikut campur. Tapi amat sangat sering gw liat kasus seperti ini.

Klo sebelum2nya gw kenal sama para lelaki peselingkuh, yang kebetulan temen2 gw juga, gw hanya mendengar cerita dari sisinya, dan menebak2 seperti apa perasaan istrinya klo tau suaminya doyan selingkuh. Kali ini gw denger dari sisi istri itu sendiri... yang uda jelas2 berkali2 diselingkuhin suami, masih punya segudang maaf utk suaminya itu...

Sekarang gw jadi berpikir lagi... jangan2 istri temen laki2 gw yang hobi selingkuh itu sebenernya tau ya kelakuan lakinya selama ini. Namun, sama seperti temen gw yang adalah istri yang diselingkuhi... para istri memilih untuk... diam, pasrah, dan mengalah??

Jangan2 para wanita ini memang senang disakiti??

5 comments:

eny said...

aaarrrgghhh... kesel banget bacanya, kesel sama laki ga tau diri itu, kesel sama cewe yang jadi partner selingkuhannya, udah tau ada keluarga masih terus nabrak. ga mikirin keluarganya. EGOISSS!!!

***tarik napas dalem2 hembuskan pelan-pelan*** hihihihi...

Sangat tidak berharap ada di posisi dan kondisi seperti itu. Tapi kalo ada, gua juga bakal mikir seribu kali buat cerai sih sus.

Bukannya seneng disakitin. tapi anak2 jadi korbannya. Ga bisa bayangin anak2 kehilangan keluarga utuh dan akhirnya ga kasih contoh buat mereka. Dan potensi mereka gagal dalam berkeluarga lebih besar nantinya.

Tapi dalam konsisi seperti itu juga nyiksa emang. Tapi gua akan cobapertahanin keluarga gua. jadi mungkin perlu ke konseling pernikahan, berdoa siang dan malam buat pertobatan suami, membuka hati yang lebar untuk maaf. Soalnya kalo kita masih menyimpan kesalahan, sama aja kita mengikat dan membuat suami ga bisa lepas dari kesalahan itu.

Emang ga gampang, tapi gua percaya kuasa doa. Kalo ada istri yang mau setia berdoa buat suaminya, pasti ada jalan buat suami bertobat. Tuhan kan ga tidur yaa....

.:acen147:. said...

menurut gw lakinya sakit jiwa, En... atau blom dewasa kali *bahasa alusnya

coba bayangin, dikala istri lagi berjuang antara idup-mati ngelahirin anaknya, dia kok asyik2nya kawin sama org lain?! WTF banget!!

tapi kenapa itu bisa berulang juga gw rasa karena istrinya selalu maafin. klo pun bertahan karena anak, tapi hubungan seperti itu uda gag sehat lagi, ah! kita kan juga berhak untuk bahagia.

entahlah klo sampe gw mengalami hal yang seperti itu *amit2 ketok meja... seandainya pun gw tetap bertahan, gw akan reformasi diri gw abis2an. gw bikin dia nyesel 1/2 mati uda nyakitin gw. apakah itu dg cara selingkuh balik sbg balas dendam?!

nah looh, lebih kacaw lagi kan gw, wakakaka!

LentikManis said...

Iya mbak... aku juga mengalaminya. Tapi sudahlah mbak...itulah hidup. Kita g pernah tahu

Yuliana-Fun said...

fiuhhh kaget denger ceritanya.. salut dengan tuh cewek sus... kaga meledak2 yak.. :)

kalo gw di posisi dia, dah gw gorok kali tuh lakinya.... gila aja, dia dah berkali2 bikin kesalahan tapi masi dimaafin? hmmm sungguh2 butuh jiwa yang besar kali yak :)

.:acen147:. said...

@lentikmanis: hi salam kenal. tadi sempet mampir blog kamu, isinya sendu banget se-sendu nama blognya :)... say, klo uda terlalu menyakiti lebih baik tinggalkan... amat sangat sayang diri sendiri klo harus disiksa batin terus-menerus spt itu :)

@fun: yaaa, gw juga antara kagum sama miris, fun... anaknya 3 loh, dan dia biasa2 aja ngadepin fakta suaminya selingkuh lagi. masih bisa tuh ngelanjutin kerjaan... tapi hari ini gak masuk sih, dan gw maklumin... well, klo gw jadi dia mungkin gw langsung kabur *sambil bawa bayu*