Monday, June 13, 2011

Week 18: It's a ...!

Weew, lama gak ngeblog, sekalinya ngeblog langsung buat 2 postingan. Inilah namanya kejar tayang, qiqiqiqi!

Kapan ya terakhir gw posting soal kehamilan? Kayanya lumayan agak lama yaaaa? Well, bagi yang menanyakan bagaimana kabar kehamilan gw kali ini, jawabannya... alhamdulillah, sehat, lancar, gak ada keluhan apa2, alias... ngebo! :p :p

Gw masih rutin olahraga di gym. Buat bumil nih, bagi yang kandungannya sehat2 aja, dan klo sudah mendapat persetujuan dari dokter, gak ada salahnya kok olahraga di masa kehamilan. Malah banyak manfaatnya, diantaranya:
1. Melancarkan peredaran darah sehingga melancarkan pemberian nutrisi untuk janin
2. Menjaga tekanan darah tetap stabil
3. Memperkuat otot, terutama bagian kaki, pinggul, panggul, yang nantinya akan membawa beban berat seiring dengan usia kehamilan
4. Memadatkan tulang (klo latian angkat beban)... kan selama hamil banyak kalsium ibu yang terpakai untuk pertumbuhan janin, jangan sampai ibu kekurangan kalsium dan osteoporosis... salah satu pencegahannya ya olahraga angkat beban (tapi yang ringan2 aja)
5. Mengurangi nyeri pada bagian pinggang. Karena banyak latihan membuat otot dan tulang lebih lentur dan gak kaku.
6. Menjaga berat badan agar tidak terlalu melonjak naik.
7. Menjaga bentuk tubuh biar perut aja yang gendut, lain2nya yaaa mengembang dikit laaah, hahahaha!

Jenis olahraga yang aman bagi bumil:
1. Cardio ringan, dengan aturan heart rate tidak boleh melebihi 140 bpm. Cardio bisa dilakukan sebagai warming up selama 10 menit dan setelah angkat beban selama 30 menit.
2. Angkat beban, dengan aturan beban ringan repetisi banyak serta tidak fokus di perut. Contoh gerakannya banyak bangeeet: untuk lower body bisa squat, lunges, leg curl, leg extension, leg press, abductor, adductor... untuk upper body bisa chest, shoulder, back... untuk tangan bisa triceps, biceps, deltoids.
3. Stretching and flexibility, seperti yoga, dengan aturan tidak fokus pada posisi yang menguatkan core/perut. O iya, sejak hamil gw rutin ikut kelas yoga di gym... memasuki bulan ke-4, gw disuruh head stand sama instrukturnya... dengan dibantu, ternyata gw bisa lhooo... :)
4. Berenang, ini sebenernya jenis latian cardio juga. Tapi berenang amat sangat aman karena di dalam air tidak menanggung beban tubuh sehingga mengurangi resiko cedera :)

Pokoke olahraga itu menyenangkan deh. Gw bener2 bisa compare antara kehamilan pertama dan sekarang, klo sekarang gw lebih fresh, badan lebih ringan. Dulu di minggu yang sama berat gw uda 64 kg dan bingung mo pake baju apa. Klo sekarang, berat gw 56kg, masih pantes pake baju baby doll yang lucu2, hehehehe!

Herannya adaaa aja orang yang salah sangka, dikiranya gw olahraga demi kurus aja. Padahal yang utamanya point kesehatan pada gak tau kaaan? Bahkan saking gak ngertinya orang2 ini, mereka nyangka gw DIET supaya tetep kurus selama hamil!

Astagapirulooooh... cupet amat pikirannya yaaa... Pertama harus diluruskan, bahwa gw TIDAK PERNAH DIET! Bagi gw pribadi, diet ketat malah merusak metabolisme. Gw lebih suka pake kalimat "mengatur pola makan seimbang"... mo kurus cara diet ketat bisaaa, tapi yang harus dijaga bagaimana maintain untuk jangka panjang.

Nah selama hamil ini, gw masih menjalankan pengaturan pola makan seimbang tadi. Tapi untuk menambah nutrisi, gw gak pernah itung2 kalori. Bagi gw yang penting dalam sehari harus ada karbohidrat, vitamin dan mineral, protein, lemak. Trus gw percaya bahwa makanan tidak harus mengenyangkan, yang penting menyehatkan. Jadi gw makan porsi kecil2, tapi sering.

Frekuensinya masih sama seperti dulu... jam 7 sarapan ringan, jam 10 snack ringan, jam 12 lunch lengkap, jam 3 snack ringan, jam 8 malem dinner lengkap tanpa karbo.

Gw yakin seyakin2nya dengan aturan seperti itu tidak akan membuat anak gw kekurangan makanan. Karena selain makanan, gw juga dijejelin vitamin dari dokter, minum susu sapi non fat (gw prefer ini dibanding susu hamil krn susu hamil terlalu berlebihan kandungannya), susu kedelai (bikin anak cerdas), air kacang hijau (bikin rambut anak tebel).

Oke deh, cukup sudah teori panjang lebar soal olahraga dan pola makan gw, wkwkwkw... sekarang ke cerita utama niiiih...

Sabtu kemaren gw ke dokter Setyabudi lagi. Itu berat gw 56 koma 3 yang klo di timbangan digital gak keliatan ya jadi langsung dibuletin sama sustenya jadi 57... langsung diprotes sama si dokter... katanya: naiknya banyaaak amaaaaat??? :p :p :p

Ya elah dokteeeerrrr, saya uda atur makan, olahraga, ini uda bagus banget masih kepala 5 (dibanding dulu wkwkwkwk)... yang gede perut doank kaleee, klo yang lain2 mah saya masih berasa kurus kooook *maksa, huehehehehe!

Klo Mas Adi uda gak peduli dg berat badan gw, dia lebih peduli soal anaknya, mo tau jenis kelaminnya cewek ato cowok... Emang soal jenis kelamin ini bikin deg2an deh. Secara anak pertama uda cowok, rasanya lumrah ya klo kami mengharapkan anak kedua ini cewek. Bukannya gak bersyukur diberi anak kedua, tapi kan cuma ngarep2 boleh doonk, biar rasanya lengkap, gicuuu ^^v

Waktu awal periksa kehamilan, gw uda pernah tanya, bisa gak diprogram biar anak cewek. Kata si dokter, klo uda terlanjur hamil mah uda gak bisa, klo sekarang disuruh pasrah aja, wkwkwkwk. Yang paling berpengaruh adalah makanan suami, bukan istri. Karena pembawa gen cowok/cewek dari suami. Klo mo anak cewek, suami banyak makan sayur2an, berhubungan sebelum masa subur (karena yang bertahan adalah kromosom X yang gerakannya lambat tapi hidupnya lebih lama menunggu sampai sel telur pecah), sebelum berhubungan kondisi vagina harus asam - caranya vagina bisa disemprot dengan cairan asam jawa (untuk mematikan kromosom Y, pembawa gen cowok).

Klo mo anak cowok ya kebalikannya, suami banyak makan daging, berhubungan saat masa subur (saat ini yang akan sampai ke sel telur adalah kromosom Y, yang gerakannya lebih cepat dan gesit tapi cepat mati), kondisi vagina harus basa (menjaga kelangsungan hidup kromosom Y).

Nah melihat dari pola makan Mas Adi, yang jarang banget makan sayur... trus gak pernah semprot2 vagina pake cairan asam... trus beberapa temen seangkatan yang hamil lagi kedua kalinya pada cowok semua (katanya lagi musim anak cowok)... gw jadi agak pesimis bisa dapet anak cewek.

Di sisi lain ada beberapa keyakinan yang hasilnya agak berbeda, yaitu ramalan cincin, yang waktu itu meramalkan anak kedua gw cewek... trus babe yang punya indera keenam... sebelum gw hamil, dia mimpi liat anak kecil perempuan... trus gw pernah diurut badan, ni tukang urut juga kayanya bisa liat katanya anak gw berikut cewek... plus naluri... naluri hamil gw kali ini bedaaaaaaaaaaaaaa banget! Gw jadi lebih centil... aseli secentil2nya. Awal hamil gw uda kursus dandan, tiap hari ke kantor gw dandan, gw emoh pake celana hamil bekas dulu, maunya pake rok! Trus gw pingin manjangin rambut... dan yang paling parah, gw bisa2nya berburu dan belajar gimana pake bulu mata palsu! Hahahaha!

Coba bandingin waktu hamil Bayu, tampilan kucel, gendut, baju seadanya, warnanya gak matching, sepatu juga ngasal yang penting empuk... boro2 pake bulu mata, mau mandi n sisiran aja uda bersyukur. Wakakakaka!

Makanya gak heran kaaan, penasaran bangeeet pingin tau si dedek ini apa sih sebenernya kamu, naaak?

"Dok, uda keliatan belum jenisnya ya?"

"Minggu ke 17-18 ya? Kayanya sih udah... yuk kita liat aja!"

Digiring lah gw ke pembaringan, trus mulailah si dokter puter2 token USG sambil menatap layar monitor... terlihat dedek di sana, lagi tiduran nyamping... mantatin (munggungin) kita semua, wekekekekek! Kaya'nya kok kalem yaaa? Dibanding Bayu dulu, dari sejak di dalem perut aja uda keliatan nih anak pecicilan, yang maen2 tali puser lah, yang nutup2in muka lah! Klo si dedek ini cuma keliatan gerak2in tangan dikit tapi masih tetep posisi kasih pantat :p

"Nih, lingkar kepala... beratnya kira2 400 gram"

"Waaah, uda gede yaaa... normal gak tuh, dok?"

"Normal kok, nih juga keliatan detak jantungnya... sehat..."

"Cewek ato cowok dok?"

"Bentar yaaaa"... diputer-puter lagi tokennya... tambah bikin penasaran... "Hmmm... klo dari sebelah sini sih gak keliatan... coba sebelah sini..."

Lama si dokter puter2, jadi makin gak sabar deh...

"Gak ada nih pentungannya... keliatannya cewek nih"

Ah masa?!

"Nih... gak ada pentungan, adanya garis... berarti cewek!", si dokter makin yakin

Huaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa!!!

Gw sama Mas Adi tatap2an... Rasanya hard to believe... Mas Adi langsung cium2 perut gw... duuuh senengnya ayah mo dapet anak cewek... Lengkap laaah...

Klo gw masih gak yakin... kan katanya klo cewek bisa aja salah tho, bisa jadi tuh pentungannya ketutupan kaki?

"Dok, beneran cewek?"

"Iya!"

"Yakin dok?!"

"Nanti kita liat lagi ya, tapi sepertinya memang cewek"

"Berapa persen dok?"

"80-90% lah, coba nanti kamu USG 4 dimensi, ini saya kasih pengantarnya"

Kyaaaaaaaaaaaaaaa... melayang2 rasanya...

Ternyata... kecentilan selama ini........

Bener thoooooo?!?!?!?!

Hahahahahahaha!

4 comments:

Anonymous said...

bayu aja jelek gitu gimana kalo cewek yak..mana emaknya narsisnya amit2,emang elu cantik????

Yulian said...

wiihh asiiikkk, bayu bakal punya dede cewe, dan bunbay dpt anak sepasang deh :)

.:acen147:. said...

@yulian: iyaaaa, amiiin moga2 beneran cewek niiih *klo cuma lewat USG kok ragu2 yaaa hehehe

Anonymous said...

waaahhh...baca blog-nya bikin smangat ke dokter lagi....
aq uda 2 tahun blom dkaruniai "angel", tp uda sempet ngerasain keguguran 1.5 tahun dari pernikahanku...
skarang coba bikin lagi...moga ktularan ya mbak...
~surabaya~