Tuesday, September 13, 2011

Week 31: Yoga is My Secret

Wah gak berasa ya uda masuk week 31. Tinggal menghitung hari lagi akan bertemu Kiera. Makin penasaran bagaimana wujudnya, mengingat betapa centilnya sang Bunda selama hamil kali ini, qiqiqiqi...

Pas liburan kemaren gw gak kemana2 selain urus anak. Duh, ternyata yaaaah... capek banget yang namanya ngurusin mahluk kecil bernama Bayu. Padahal gw uda dibantu suster infal, suami juga ikutan cuti. Tapi teuteuuup kewalahan. Apalagi klo gw ngurus sendiri, dengan keadaan perut buncit gini... bisa nangis bediri kaleee...

Yang paling bikin frustasi sampe nangis bediri beneran (secara harafiah lho!) adalah saat2 nyuapin anak makan. Saking susahnya sampe pernah 1.5 harian si Bayu emoh makan, di situ lah gw sampe netesin air mata. Antara cemas anak bakalan sakit kurang gizi, sedih mikirin masakan gw kagak enak kali, dan capek badan (plus perasaan) harus lari2 dan berpeluh keringat mbujukin anak biar mo mangap!

Akhirnya, setelah gw pasrah... gw bawa ke rumah nyak, gw suruh suster infal yang nyuapin... eeeeh dia mo makan lhooooo!!! Mungkin karena sebelumnya yang nyuapin bunda dan ayahnya, dia jadi lebih manja ya? Soale klo sama suster lama juga gitu, pas lagi nyuapin, gw kudu ngumpet biar acara makannya sukses. Klo ada gw aje, langsung deh pake nangis2, dimuntahin ato disembur2 gag jelas gitu... Duh-duuuuuuh

Tapi gw salut dengan Ayah, yang sangat helpful saat berbagi tugas kemaren. Entah karena faktor psikologis atau apa lah, sejak gw hamil, dan seiring dengan semakin membesarnya kehamilan gw, Bayu semakin rewel klo tidur bareng atau digendong gw. Tapi sebaliknya, jadi semakin lengket sama ayahnya. Gw sih seneng2 aja karena toh anak gw lengket sama ayahnya sendiri, bukan sama suster ato pembantu. Selain itu, gw juga jadi lebih rileks karena bisa berbagi tugas dg suami.

Tadinya bagian suami cuma mandiin... trus karena gw juga harus masak, suami ganti2an sama suster jaga anak... trus nidurin... akhirnya belakangan ikut tidur sama anak, hahahaha. Cuma makan aja deh dia gak bisa karena faktor yg gw jelasin di atas.

Yang lucu nih pas tidur sama anak... waktu Bayu bobo bareng gw, Ayah ngalah gelar kasur tipis di bawah... alhasil pinggangnya pada kaku2. Pas Bayu mulai rewel gak mau tidur bareng gw, gantian Ayah yang naik ke ranjang, gw yang tidur di bawah... baru 2 hari kami berdua tewas... gw sakit pinggang, Ayah kurang tidur... Akhirnya jam 2.30 pagi kami saling kerokan, hahahahahaa!

Besokannya nyerah... serahin anak sama suster, tidur di kamar terpisah... baru kami bisa nyenyak tidur, wakakakakakaka!

Walaupun kerepotan jaga anak, kami tetap enjoy... seneng deh 14 hari full main sama Bayu. Klo hari biasa mana bisa, palingan wiken doank ;)

Trus yang gw syukuri adalah gw masih kuat nemenin anak main, lari2, duduk bangun... padahal perut gw buncit gede. Tidur pun masih enak - kecuali pas tidur di kasur tipis :p

Semua berkat latihan Yoga yang rutin gw jalanin selama seminggu sekali.

Dengan yoga bisa meredam nyeri pinggang, punggung, pinggul. Sampai dengan kehamilan minggu ke-31, gw masih lincah bergerak, gak pernah kram kaki, napas loss gak ngos2an, enteng lah :)

Mo tau gak apa aja yang gw lakukan selama yoga?

Intinya semua gerakan (sampe head stand, shoulder stand) gw jabanin... hanya menghindari posisi yang menekan/membebani perut. Tentu harus tetap didampingi trainer yang berpengalaman. Dan gw pilih kelas yang trainernya cewek dan pernah hamil jadi tau mana yang boleh dan tidak...

Beneran deh... bagi yang hamil, yoga patut dicoba ;)



1 comment:

Pitshu said...

yah itu alesannya kenapa pitshu suka banget ama Yoga wakakaka:)
bunda kok enggak ada photo narsis na ?!