Thursday, March 15, 2012

Kisah Bayu dan Makanan

Gw lagi stress!

Bukan urusan kerjaan, tapi urusan anak!!!

Si Bayu lagi susah makaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaan!!!!

Huaaaah, ampuuuun di-jeeeeee deh pokoke, gw angkat tangan geleng2 pala saking uda kagak tau mesti gimana lagi caranya ngakalin Bayu biar mau makan.

Padahal ya selama ini walaupun susah masih lah mau makan sambil nonton tv. Jadi cari acara favorite dia, begitu dia terpana, langsung suapin dari belakang. Haaap, nyam-nyam-nyam! Itupun sebenernya gak semudah yang dikira. Beberapa kali Bayu mogok makan, kayanya sih karena bosen. Jadi utk variasi, sama eyangnya dibuatin lah sop dg beraneka rasa, ada rasa sop beneran, semur, soto, opor, pindang, dsb, pokoke tiap hari ganti-ganti deh walopun isinya sih sama sayuran plus daging (sapi, ayam, ikan, udang).

Untuk tekstur makanan juga uda dibuat bertahap. Awalnya duluuuu bubur susu, trus tim saring, trus nasi dipenyetin, trus nasi lembek, sekarang sih uda nasi biasa. Bahkan uda bisa nginyem makanan yg lebih keras seperti kacang, kerupuk, biskuit.

Selain menu sop, yang gw sebut sebagai makanan formalnya dia, juga dibikin variasi menu lain. Misalnya roti, nasi goreng, mie goreng, nasi uduk, nasi kuning, makaroni, french fries, chicken nugget, sosis, puding. POKOKE SEGALA MACEM DEH!

Tapi yaaaa, klo anak itu lagi GTM (Gerakan Tutup Mulut), biarpun segala macem rupa makanan yg lezat2 disajikan, tetep aja di emoh. Gayanya dia klo lagi GTM nih... kepala nunduk2 sampe mo nyium lantai dengan tangan yang disodorkan ke depan, seolah2 mo bilang: nih, makan tuh tangan gw :p :p

Emaknya (gw) dari yang sabaaar nyuapin sambil ngejar2 di depan tv dengan kaki gemeteran (2 jam bok!), trus capek cuma bisa ndeprok di lantai, trus kesel, trus marah2 sendiri (marah ke anaknya juga gag ngefek soale), trus nangis memohon2 dia untuk makaaaaaaaaan..., sampe akhirnya pasrah putus asa, ya udah nginyem makanan anaknya, hahahahaah! Itu lah ya sebabnya ada fenomena emak2 jadi gemuk setelah punya anak, soale uda capek2 bikinin makanan trus ditolak mentah2 sama anaknya... daripada sayang kebuang yo weis dimakan sendiri wekekekekek!

Pernah nih saking keselnya, gw coba ajak Bayu berdialog a la orang dewasa

"Bayu, ayo donk naaak, makaaaaan... Kamu tuh harusnya bersyukur ada yang mau repot2 masak makanan yang enak2, mo apa aja tersedia. Coba deh bandingin sama anak2 kelaperan di AFRIKA sono... sampe kurus keriiiiing akhirnya mati karena kagak dikasih makan!"

"Emang gw pikirin!"...

Tu bukan Bayu, melainkan eyang kakung yang nyaut secara anak gw belom bisa ngomong jadi cuma bisa menatap gw dengan pandangan kosong tanpa ada perasaan simpati terhadap emaknya yang uda mulai PUTUS ASA, hahahahaha!

Di antara jam2 makan yang susah tsb, yang paling tersusah adalah jam makan pagi. Pada saat itu gag mungkin aja dia mau makan makanan formal. Palingan nyemil. Itu pun paling cuma 1-2 pcs. Bisa jadi biskuit, french fries, cake, roti, pokoke yang ringan2 jenis cemilan. Kadang klo lagi angot sama sekali gag mo makan. Ya paling langsung dijejelin susu aja deh.

Uda gitu Bayu tuh tipikalnya curigaan sama makanan. Klo disodorin makanan, yg pertama dilakukan adalah menolak. Akhirnya tu makanan ditaro di piring aja biar dia inisiatip ambil sendiri. Jangan dikira dia akan langsung dengan sukarela nyomot. Dia bakalan lirik2 dulu tu makanan. Meskipun keliatannya tertarik, tapi agak2 gengsi gitu. Setelah mondar-mandir liat si makanan, dia bakalan ulur tangan utk meraihnya. Begitu dipegang, dia selidiki dengan seksama si makanan, seolah2 benda asing yg bisa meledak ato racun yang mematikan kali, wkwkwkwk... Setelah dia merasa "aman" dengan si makanan, baru deh dia mulai icip2 dikit... saking dikitnya kadang cuma seujung makanan... Karena saking ati2nya sama tu makanan, waktu nyicipnya kadang bisa jatoh deh ke lantai... dan klo uda jatoh ke lantai, mood dia utk ngelanjutin makan langsung ilang... Alhasil sisa makanan yg ada di piring dicuekin deh... Nah proses mulai dari dia ngelirik makanan sampe HAMPIR masuk mulut uda 15 menit sendiri. Sementara tu makanan nyaris "goal", emak, bapak, eyang, suster, mbak menatap dengan harap2 cemas, walo sambil pura2 gag tau (bisa pura2 baca koran, nonton tipi, padahal mah sebenernya intip2, qeqeqe). Uda selama itu diuji kesabaran (dan mental), eeeeh gara2 si makanan jatoh... buyar tuh ritual makan... c a p e d e e e e e h h h ! ! !

Ternyata si Bayu bisa susah makan itu sepertinya uda keturunan dari emak bapake deh. Soale katanya dulu gw juga susaaaaaah banget makan. Klo disodorin makanan langsung tutup mulut pake tangan. Sekalinya masuk bakalan diemuuuut sampe berjam2. Makanya gw waktu kecil kurus langsing sampe tante2 gw bilang ke nyak klo gw kaya anak cacingan, kurang gizi... stress juga tuh si nyak, akhirnya gw dijejelin vitamin. Eeeeh kebanyakan vitamin malah jadi kegendutan dan uda tua kaya sekarang susah ngurusin badan sampe bela2in keluar duit buat nge-gym, bayar PT... oalaaaaah!!!

Berhubung si Bayu uda GTM berhari2, masuk makanan paling cuma beberapa sendok, itupun kadang cuma nasi putih doank... akhirnya gw nyerah deh... Awalnya gw cekokin peresan jamu temulawak dan temu ireng. Berhubung pait banget, gw campur air dan gula aren. Agak mempan dikit, tapi balik GTM lagi... Akhirnya belakangan gw kasih vitamin deh... minyak ikan itu lhoooo... Padahal dulu gw paling anti kasih anak tambahan vitamin ini itu. Yah apa mo dikata lah, daripada anak gw gag dapet asupan apa2, dikit2 gw mulai coba kasih vitamin.

Tapi kayanya belum membawa hasil... sampe sekarang masih GTM aja...

Kira2 sampe kapaaaaan yaaaaaa keadaan akan berlangsung seperti ini... Huhuhuhuhuuuu! *ratapan emak stress!

4 comments:

monic said...

yaampunnnnnn
baca blog nya mbak serasa ngaca..

SAMA PERSISSSSSS

anakku 16 bulan...sekarang lg dilatih makan nasi...
tapi emg lg GTM..gatau karena mau tumbuh gigi ato apa...

sama...suka curigaan sama makanan...uda dicontohin makan dengan sok nikmat di depan dia...(pdhl tuh makanan sih biasa aja)
Tetep aja cuman 3 suap doang..itupun seujung sendok teh.

Biskuit n cemilan laen jg cuma segigit dua gigit.

Trus samaaa kita yg intip2 pada harap harap cemas..sambil pasang tampang cool..tiap makan pagi-siang - malem selalu deg2an.
hehehe

ooo boleh yah kasi minyak ikan?
aku sekarang akalin tiap jam kasi cemilan..buah kek..sereal..roti...apapun deh...

:(( jadi waswas kalo mau ke dokter...apa kabar timbangannya

amey said...

percaya gak dulu Zio juga kayak gitu, setiap di kasi makanan baru dia gak pernah mo nyoba, makannya susahhhh banget, gw dulu juga kasi seven seas, tetap aja susah makan kok kekekek
tapi selepas 2 taon jadi agak gampang, katanya sih kalo blom 2 taon gitu mereka masi tumbuh gigi geraham jadi kadang2 pas giginya lagi mo numbuh biasa mogok makan..
untungnya anak kedua gak kayak gitu, anak ke2 mah di kasi apa aja buka mulut, sabar aja deh, anak umur segitu blom butuh banyak makanan kok, gw pernah baca katanya sekali makan paling banyak 5 suap aja uda cukup kok heheh ntar tau2 si bayu kek zio gak mau berhenti makan kayak sekarang, lebi pusing lagi dah :D

Dessy said...

kayaknya emang ada masanya anak ga mau makan ya sus. keponakan gua yang cowoq juga ada masanya susah makan. sampai mamanya berkesimpulan, anaknya yang kedua dari kecil sudah dikasih makan nasi aza. soalnya kakaknya dari bubur ke nasi, malah jadi mogok makan.

eh bener loh... adiknya lebih jago makan dibanding kakaknya hihihi...

.:acen147:. said...

@monic, amey, dessi: kayanya emang ada masanya ya anak2 seperti itu yaaa. gw tadinya gag mo kasih vitamin, tapi karena takut kurang gizi akhirnya mulai gw kasih.

metode baru yg lagi gw terapkan sekarang adalah: KURANGI SUSU. jadi yang biasanya dia minum susu 700-800cc, sekarang cukup 500cc aja. Klo malem dia biasanya kebangun langsung dikasih susu, kali ini cukup dikasih air putih ajeee :p

hasilnya mayan signifikan lho. yang tadinya pagi emoh sarapan, sekarang mulai mau cemil biskuit agak banyakan :)