Jakarta machyeeeeetttt? Itu mah udah basiiii... Dari dulu emang Jakarta biangnya macet. Klo pas kena jalanan lengang, itu adalah suatu anugerah yang patut disyukuri.
Kemacetan semakin hari semakin gak bisa diprediksi. Klo dulu katanya macet cuma pas jam berangkat dan pulang kerja. Tapi sekarang, siang2 atau sore2 nanggung - yang logikanya orang2 banyak yang ada di kantor, bahkan hampir tengah malem - yang merupakan jam orang2 pada istirahat dan bobo, eeeh... tetep aja macet. Jadi percuma deh pake istilah "pulangnya maleman ah, nunggu macet bubar dulu"... hei, macet gak pernah bubar, jadi gak usah ditungguin... kekekekek.
Begitu pula halnya yang terjadi kemaren, pas gw melaju dari Plangi sehabis fitness di FF, menuju daerah Mampang, tempat kantor client. Berhubung lewat Gatsu kena 3 in 1, terpaksa deh harus lewat belakang, yaitu Casablanca-Kuningan. Beeeeuh, tau sendiri pan daerah situ mah biangnya macet. Apalagi seputar terowongan Casablanca tuh, mobil pribadi-motor-angkot, tumplek blek jadi satu.
Saking seringnya kena macet, gw jadi tau titik2 rawan kemacetan. Bahkan sampe mengatur strategi, kapan harus pindah jalur biar gak terjebak. Abis klo gak gitu, gempor aja gw nyetir sendiri tiap hari, bisa2 tambah kurus, wakakakak!
Sebagai contoh nih ya, klo jalurnya Plangi-Casablanca-Kuningan-Mampang, berarti strateginya gini:
1. Menuju puteran di bawah jembatan, ambil jalur kanan, karena di kiri banyak angkot ngetem plus antrean mobil yang mau ke arah Karet lewat jalan tikus
2. Lepas dari situ, masih tetep di jalur kanan, lurus terus, sambil ambil ancang2 pindah jalur agak ke tengah utk menghindari U-turn di sebelah kanan.
3. Bebas dari U-turn, menuju Mall Ambassador sebaiknya tetep di jalur tengah, soale di kiri banyak angkot n taxi ngetem, di kanan banyak orang nyebrang, dan gak jauh dari situ ada U-turn lagi.
4. Menuju terowongan Casablanca, ambil jalur kanan, soale di sebelah kiri antri mobil menuju Kuningan-Menteng.
5. Pas puteran, pelan tapi pasti, potong mobil2 yang ada di jalur kiri, terus ke kiri, menuju jalan besar Kuningan.
6. Sepanjang Kuningan menuju Mampang, JANGAN LEWAT JALUR CEPAT, karena di jalur cepat banyak mobil muter dan beralih ke jalur lambat. Lebih aman lewat jalur lambat, walaupun harus nahan kesabaran sama motor yang suka slap-slip dan bus yang centil bentar2 pindah jalur kanan-kiri, uuuugggghhh!
7. Tepat di lampu merah Mampang, lebih enak tetep di antrian paling kiri, soale lebih cepet, walaupun di depannya ada bus yang kadang suka brenti di tengah2 lampu merah, grrrr!!! Alesan kedua, di kanan sering dipotong sama mobil yang mo ke arah Cawang, malah jadi ribet. Alesan ketiga, di depan ada penyempitan jalan, yang klo ambil jalur tengah, nantinya harus pindah2 antara ke kanan-kiri, tambah ribet!!!!!
Nah gitu deh kira2 strategi jalur Plangi-Casablanca-Kuningan-Mampang. Klo lagi hoki, bisa sampe dalam 15 menit dengan keadaan jalur lengang. Klo lagi macet, dg strategi di atas lumayan lah bisa sampe 30 menit. Sebaliknya, klo gak pake strategi, misalnya terjebak di jalur cepat seperti pada saat awal gw lewat situ karena belum memahami situasi, jadinya sampe sejam!!! Gubraks!
Selain jalur di atas, gw juga merancang strategi2 lain untuk setiap jalur yang berbeda. Misalnya klo pulang ke Depok, menuju kantor di Abdul Muis, jemput suami di Menteng atau Senayan, dsb-dsb. Itu semua masih tergantung lagi sama jam, karena pada saat2 tertentu bisa aja kondisinya berbeda daripada biasanya. Amat sangat menolong klo tau jalan tikus atau jalan alternatif, jadinya gak bakalan pasrah doank klo bener2 kejebak macet. Kekekekek.
Strategi2 tadi juga diperlukan khususnya bila musim penghujan tiba. Lho apa hubungannya? Tau sendiri kan, Jakarta ini unik, klo musim hujan pasti banjir, setelahnya, jalanan pasti pada bolong!!! Nah, strategi yang dimaksud adalah strategi menghindari jalan bolong. Jadi kudu diapalin tuh, sebelah mana bagian yang bolong, sebaiknya dihindari, soalnya selain rawan kecelakaan, juga bisa merusak mobil.
Dari sekian banyak kemacetan yang pernah gw hadapi, ada hal yang sampe sekarang ini gw gak habis pikir. Meskipun demikian, hal tsb langsung gw jadiin patokan manakala menghadapinya di jalan. Apaan sih? Gini loh, klo gw perhatiin, setiap ada sumber kemacetan di suatu jalur, pasti yang kena macet adalah jalur sebaliknya! Jadi untuk menghindarinya, sebaiknya malah ada di jalur yang sama dengan sumber kemacetan.
Maksutnya? Misalnya, di sebelah kiri jalan ada bus mogok atau deretan mobil panjang yang mo nyelak ke jalur kanan. Logikanya, yang macet harusnya adalah jalur kiri. Tapi seringnya yang terjadi, yang macet adalah jalur kanan! Kenapa? Soalnya jalur yang di sebelah kiri pada motong jalur kanan. Dan tau sendiri donk, orang motong biasanya LEBIH NGOTOT daripada yang dipotong. Hahahahahaha!
Yah, walopun ini sebenernya anjuran yang salah, tapi potong-memotong jalur kadang perlu dilakukan. Abis klo gak gitu, mati gaya aja deh ngadepin kemacetan yang bener2 parah. Harus pinter motong jalur orang, tapi jangan mau jalurnya dipotong! Hahahaha, prinsip egois. Iya laaah, jadi orang pokoke jangan pasrah. Jakarta ini keras bung, walaupun bawa mobil pribadi, pake baju formil dan sopan, tetep aja harus sedikit berjiwa PREMAN. Wakakakakak!
Pssst... tapi jangan sembarangan mepet mobil orang yaaa... nanti jadi salah tingkah sesudahnya... seperti yang terjadi sama gw kemaren. Hihihihi.
Jadi ceritanya, pas di perempatan lampu merah Kuningan-Mampang, gw uda pe-we nih di posisi kiri, di belakang bus. Pas lampu berubah warna dari merah jadi kuning, langsung gw ambil ancang2, gigi satu, siap ngegas. Pas lampu jadi ijo, bus di depan mulai bergerak, gw pun mulai tancap gas. Eeeeeeeeeh, tiba2 di sebelah kanan gw, ada mobil Camry yang kasih sen ke kiri, mo motong jalur gw!!!
Bah!, enak ajeee... motong jalur gw? langkahin dulu mayat gw!!! Dasar gak supan... gak tau apa ya gw uda kelewat 1 lampu merah, gak mau kelewat lagi (soale lampu merahnya lama bener, 120 detik, padahal lampu ijonya 30 detik doank!). Jangan mentang2 situ mobilnya Camry, berarti bisa seenaknya donk! HUH!
Gw ngotot, eh dia pun ngotot... yeeeh, ni mobil kagak mo ngalah!!! Tanpa bermaksud sedikit pun mengurangi kecepatan, gw tetep konsisten pada jalur gw. Dia pun sama!! Akhirnya karena sama2 gak mo ngalah... CIIIIiiiiitttttTTTTT!!!! Kedua mobil sama2 ngerem mendadak, hampir aja saling berserempet. Tanpa buang waktu langsung gw liat spion kiri, KOSONG... dalam sepersekian detik kemudian gw banting stir ke kiri, dan gw lewati mobil itu. MAKAN TUH!!! Hahahahahaha! Gw tertawa puas dalam hati...
Aaah, tapi tetep aja gw kelewatan lampu ijo dan uda keburu ganti lampu merah. Dasar Camry sialan... Gw intip mobil itu lewat kaca belakang, dia menuju ke arah Cawang. Masih terlihat dengan jelas nomor polisinya... RI XX....
Eh...
Baca lagi... RI XX...
... RI XX... baru ngeh...
GUBRAKSsss!!!
RI XX itu kan...
Huhuhuhuuuuu... semogaaa dia gak ngapalin nopol mobil gw...
*Bapak Mentri, maap ya... klo lagi macet emang saya berubah jadi preman, hihihi*
Kemacetan semakin hari semakin gak bisa diprediksi. Klo dulu katanya macet cuma pas jam berangkat dan pulang kerja. Tapi sekarang, siang2 atau sore2 nanggung - yang logikanya orang2 banyak yang ada di kantor, bahkan hampir tengah malem - yang merupakan jam orang2 pada istirahat dan bobo, eeeh... tetep aja macet. Jadi percuma deh pake istilah "pulangnya maleman ah, nunggu macet bubar dulu"... hei, macet gak pernah bubar, jadi gak usah ditungguin... kekekekek.
Begitu pula halnya yang terjadi kemaren, pas gw melaju dari Plangi sehabis fitness di FF, menuju daerah Mampang, tempat kantor client. Berhubung lewat Gatsu kena 3 in 1, terpaksa deh harus lewat belakang, yaitu Casablanca-Kuningan. Beeeeuh, tau sendiri pan daerah situ mah biangnya macet. Apalagi seputar terowongan Casablanca tuh, mobil pribadi-motor-angkot, tumplek blek jadi satu.
Saking seringnya kena macet, gw jadi tau titik2 rawan kemacetan. Bahkan sampe mengatur strategi, kapan harus pindah jalur biar gak terjebak. Abis klo gak gitu, gempor aja gw nyetir sendiri tiap hari, bisa2 tambah kurus, wakakakak!
Sebagai contoh nih ya, klo jalurnya Plangi-Casablanca-Kuningan-Mampang, berarti strateginya gini:
1. Menuju puteran di bawah jembatan, ambil jalur kanan, karena di kiri banyak angkot ngetem plus antrean mobil yang mau ke arah Karet lewat jalan tikus
2. Lepas dari situ, masih tetep di jalur kanan, lurus terus, sambil ambil ancang2 pindah jalur agak ke tengah utk menghindari U-turn di sebelah kanan.
3. Bebas dari U-turn, menuju Mall Ambassador sebaiknya tetep di jalur tengah, soale di kiri banyak angkot n taxi ngetem, di kanan banyak orang nyebrang, dan gak jauh dari situ ada U-turn lagi.
4. Menuju terowongan Casablanca, ambil jalur kanan, soale di sebelah kiri antri mobil menuju Kuningan-Menteng.
5. Pas puteran, pelan tapi pasti, potong mobil2 yang ada di jalur kiri, terus ke kiri, menuju jalan besar Kuningan.
6. Sepanjang Kuningan menuju Mampang, JANGAN LEWAT JALUR CEPAT, karena di jalur cepat banyak mobil muter dan beralih ke jalur lambat. Lebih aman lewat jalur lambat, walaupun harus nahan kesabaran sama motor yang suka slap-slip dan bus yang centil bentar2 pindah jalur kanan-kiri, uuuugggghhh!
7. Tepat di lampu merah Mampang, lebih enak tetep di antrian paling kiri, soale lebih cepet, walaupun di depannya ada bus yang kadang suka brenti di tengah2 lampu merah, grrrr!!! Alesan kedua, di kanan sering dipotong sama mobil yang mo ke arah Cawang, malah jadi ribet. Alesan ketiga, di depan ada penyempitan jalan, yang klo ambil jalur tengah, nantinya harus pindah2 antara ke kanan-kiri, tambah ribet!!!!!
Nah gitu deh kira2 strategi jalur Plangi-Casablanca-Kuningan-Mampang. Klo lagi hoki, bisa sampe dalam 15 menit dengan keadaan jalur lengang. Klo lagi macet, dg strategi di atas lumayan lah bisa sampe 30 menit. Sebaliknya, klo gak pake strategi, misalnya terjebak di jalur cepat seperti pada saat awal gw lewat situ karena belum memahami situasi, jadinya sampe sejam!!! Gubraks!
Selain jalur di atas, gw juga merancang strategi2 lain untuk setiap jalur yang berbeda. Misalnya klo pulang ke Depok, menuju kantor di Abdul Muis, jemput suami di Menteng atau Senayan, dsb-dsb. Itu semua masih tergantung lagi sama jam, karena pada saat2 tertentu bisa aja kondisinya berbeda daripada biasanya. Amat sangat menolong klo tau jalan tikus atau jalan alternatif, jadinya gak bakalan pasrah doank klo bener2 kejebak macet. Kekekekek.
Strategi2 tadi juga diperlukan khususnya bila musim penghujan tiba. Lho apa hubungannya? Tau sendiri kan, Jakarta ini unik, klo musim hujan pasti banjir, setelahnya, jalanan pasti pada bolong!!! Nah, strategi yang dimaksud adalah strategi menghindari jalan bolong. Jadi kudu diapalin tuh, sebelah mana bagian yang bolong, sebaiknya dihindari, soalnya selain rawan kecelakaan, juga bisa merusak mobil.
Dari sekian banyak kemacetan yang pernah gw hadapi, ada hal yang sampe sekarang ini gw gak habis pikir. Meskipun demikian, hal tsb langsung gw jadiin patokan manakala menghadapinya di jalan. Apaan sih? Gini loh, klo gw perhatiin, setiap ada sumber kemacetan di suatu jalur, pasti yang kena macet adalah jalur sebaliknya! Jadi untuk menghindarinya, sebaiknya malah ada di jalur yang sama dengan sumber kemacetan.
Maksutnya? Misalnya, di sebelah kiri jalan ada bus mogok atau deretan mobil panjang yang mo nyelak ke jalur kanan. Logikanya, yang macet harusnya adalah jalur kiri. Tapi seringnya yang terjadi, yang macet adalah jalur kanan! Kenapa? Soalnya jalur yang di sebelah kiri pada motong jalur kanan. Dan tau sendiri donk, orang motong biasanya LEBIH NGOTOT daripada yang dipotong. Hahahahahaha!
Yah, walopun ini sebenernya anjuran yang salah, tapi potong-memotong jalur kadang perlu dilakukan. Abis klo gak gitu, mati gaya aja deh ngadepin kemacetan yang bener2 parah. Harus pinter motong jalur orang, tapi jangan mau jalurnya dipotong! Hahahaha, prinsip egois. Iya laaah, jadi orang pokoke jangan pasrah. Jakarta ini keras bung, walaupun bawa mobil pribadi, pake baju formil dan sopan, tetep aja harus sedikit berjiwa PREMAN. Wakakakakak!
Pssst... tapi jangan sembarangan mepet mobil orang yaaa... nanti jadi salah tingkah sesudahnya... seperti yang terjadi sama gw kemaren. Hihihihi.
Jadi ceritanya, pas di perempatan lampu merah Kuningan-Mampang, gw uda pe-we nih di posisi kiri, di belakang bus. Pas lampu berubah warna dari merah jadi kuning, langsung gw ambil ancang2, gigi satu, siap ngegas. Pas lampu jadi ijo, bus di depan mulai bergerak, gw pun mulai tancap gas. Eeeeeeeeeh, tiba2 di sebelah kanan gw, ada mobil Camry yang kasih sen ke kiri, mo motong jalur gw!!!
Bah!, enak ajeee... motong jalur gw? langkahin dulu mayat gw!!! Dasar gak supan... gak tau apa ya gw uda kelewat 1 lampu merah, gak mau kelewat lagi (soale lampu merahnya lama bener, 120 detik, padahal lampu ijonya 30 detik doank!). Jangan mentang2 situ mobilnya Camry, berarti bisa seenaknya donk! HUH!
Gw ngotot, eh dia pun ngotot... yeeeh, ni mobil kagak mo ngalah!!! Tanpa bermaksud sedikit pun mengurangi kecepatan, gw tetep konsisten pada jalur gw. Dia pun sama!! Akhirnya karena sama2 gak mo ngalah... CIIIIiiiiitttttTTTTT!!!! Kedua mobil sama2 ngerem mendadak, hampir aja saling berserempet. Tanpa buang waktu langsung gw liat spion kiri, KOSONG... dalam sepersekian detik kemudian gw banting stir ke kiri, dan gw lewati mobil itu. MAKAN TUH!!! Hahahahahaha! Gw tertawa puas dalam hati...
Aaah, tapi tetep aja gw kelewatan lampu ijo dan uda keburu ganti lampu merah. Dasar Camry sialan... Gw intip mobil itu lewat kaca belakang, dia menuju ke arah Cawang. Masih terlihat dengan jelas nomor polisinya... RI XX....
Eh...
Baca lagi... RI XX...
... RI XX... baru ngeh...
GUBRAKSsss!!!
RI XX itu kan...
Huhuhuhuuuuu... semogaaa dia gak ngapalin nopol mobil gw...
*Bapak Mentri, maap ya... klo lagi macet emang saya berubah jadi preman, hihihi*